30 October 2018

Tennis Elbow, Penyakit yang Diakibatkan Terlalu Sering Main Tenis, Benarkah?

tennis elbow, penyakit yang diakibatkan terlalu sering main tenis, benarkah?

Halodoc, Jakarta – Setiap aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari cedera ringan pada tubuh, khususnya untuk kamu sering mengangkat beban yang cukup berat. Kamu wajib waspada penyakit tennis elbow yang dapat mengincar sendi-sendi otot tangan kamu.

Meskipun namanya tennis elbow, bukan berarti penyakit ini diderita oleh pemain tenis saja. Penyakit ini bisa mengincar siapa saja. Penyakit tennis elbow adalah kondisi nyeri yang diakibatkan adanya peradangan pada otot dan tendon di area siku.

Persendian pada siku sendiri meliputi area humerus, tulang siku, dan putaran siku. Biasanya, saat terjadi tekanan yang berlebihan pada jaringan otot dan jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang sekitar siku, penderita merasakan nyeri yang cukup kuat. Namun, penyakit tennis elbow wajar terjadi pada para pekerja yang sering mengangkat beban berat dalam aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, kondisi ini dapat menyerang pemain tenis atau golf akibat pergerakan berulang-ulang pada siku tangan.

Penderita tennis elbow mengalami beberapa gejala seperti rasa nyeri pada siku luar yang menjalar hingga ke lengan bawah dan pergelangan tangan. Selain itu, rasa nyeri yang timbul mereda dan muncul secara tiba-tiba ketika sedang melakukan aktivitas berat. Gejala yang dirasakan semakin bertambah seiring dengan waktu. Ketika gejala awal penderita merasakan nyeri, tahap selanjutnya kondisi nyeri bisa semakin parah. Penyakit tennis elbow jarang menyebabkan komplikasi dengan penyakit lainnya, tapi jika tidak segera ditangani akan mengganggu aktivitas penderita.

Penyebab Tennis Elbow

Penyakit tennis elbow disebabkan adanya ketegangan pada otot dan tendon lengan bawah di sekitar siku. Hal ini karena adanya pergerakan yang berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama. Tidak hanya pemain tenis atau pemain golf saja yang dapat mengalami kondisi ini. Pemahat, pelukis, tukang cat bahkan seseorang yang bekerja menulis atau mengetik bisa mengalami kondisi seperti ini.

Selain itu, jika kamu melakukan teknik olahraga yang salah dapat menyebabkan penyakit tennis elbow ini. Tidak ada salahnya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga dan mengikuti semua petunjuk agar kamu terhindar dari cedera atau penyakit tennis elbow.

Makanan yang Sehat untuk Sendi dan Tulang

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghindari dan menghilangkan rasa nyeri akibat penyakit tennis elbow. Salah satunya dengan mengonsumsi obat anti nyeri yang dianjurkan oleh dokter. Kamu juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang sehat untuk sendi dan tulang, di antaranya adalah:

1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan seledri adalah sumber kalsium yang baik untuk kesehatan sendi dan tulang. Tidak ada salahnya untuk menyisipkan menu sayuran hijau pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

2. Salmon

Salmon mengandung kalsium tinggi dan vitamin D sehingga bisa menjadi makanan yang baik untuk kesehatan sendi dan tulang. Selain itu, salmon mengandung omega 3 yang dapat mengurangi masalah pada sendi.

3. Kacang-kacangan

Jenis kacang seperti kacang edamame atau kacang hijau baik untuk kesehatan sendi dan tulang kamu karena mengandung kalsium yang cukup tinggi. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan agar tidak bosan saat dikonsumsi.

Itulah penjelasan tentang penyakit tennis elbow dan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan sendi dan tulang. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kesehatan tulang dan sendi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: