Terlalu Sering Mengeluh Tanda Gangguan Mental?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
terlalu-sering-mengeluh-tanda-gangguan-mental-halodoc

Halodoc, Jakarta – Kamu suka mengeluh? Mengeluh sebenarnya adalah hal wajar yang sering dilakukan hampir semua orang. Mengeluh juga merupakan salah satu bentuk cara untuk mengeluarkan keluh kesah yang ada di dalam hati, sehingga tidak menjadi stres dan malah merusak kesehatan. Namun, hati-hati bila kamu terlalu sering mengeluh. Misalnya, apa saja dikeluhkan, mulai dari hal yang sepele sampai masalah besar. Bahkan, hampir setiap menit kamu mengeluh. Pasalnya, terlalu sering mengeluh bisa jadi merupakan tanda gangguan mental. Simak penjelasannya lebih lanjut di sini.

Menurut ahli kejiwaan, mengeluh merupakan salah satu bentuk “coping mechanism” untuk menghilangkan stres, seperti kecemasan atau rasa takut. Namun, keluhan yang dikeluarkan secara berlebihan bisa menjadi pertanda negatif dari kesehatan mental seseorang. Hal ini karena manusia yang sehat jiwanya cenderung bisa menerima diri sendiri apa adanya, bisa menerima orang lain dan kondisi di sekitarnya apa adanya dan juga bersikap optimis. Sedangkan orang yang sering mengeluh, merasa tertekan, sering protes dan mengalami penurunan fungsi kognitif atau emosi, orang tersebut bisa dicurigai memiliki masalah dengan kejiwaannya.

Selain itu, yang juga menjadi masalah adalah bahwa kebanyakan orang lebih sering mengeluh dibandingkan melakukan pemecahan masalah. Sebagai hasilnya, banyak orang mengeluh untuk melepaskan sesuatu, tetapi tidak menyelesaikan masalah atau membuat perubahan, sehingga membuat keluhan sama sekali tidak efektif. Masalahnya tetap ada, sehingga keluhan pun akan terus berlangsung.

Coba luangkan waktu sejenak untuk memikirkan ada berapa banyak hal yang kamu keluhkan dalam satu hari. Cuaca buruk, kemacetan lalu lintas, pasanganmu, anak-anak kamu, rekan kerja, bos di kantor, dan mungkin masih banyak lagi. Nah, ketika kamu memiliki begitu banyak ketidakpuasan dan frustrasi, tetapi juga percaya bahwa kamu tidak berdaya untuk membuat perubahan seperti yang diinginkan, kamu akan terus merasa tidak berdaya, putus asa, menjadi korban, dan merasa buruk tentang diri sendiri. Mungkin sesekali merasakan kondisi seperti itu memang tidak menjadi masalah, tetapi beda lagi bila kamu memiliki begitu banyak keluhan, sehingga perasaan seperti itu muncul beberapa kali sehari. Akumulasi frustrasi dan ketidakberdayaan ini dapat bertambah seiring berjalannya waktu dan memengaruhi suasana hati kamu, harga diri kamu, bahkan kesehatan mental kamu secara umum.

Baca juga: Menghadapi Anak yang Mengeluh di Hari Pertama Puasa

Tips Agar Tidak Sering Mengeluh

Karena mengeluh bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan mental kamu, maka kurangi mengeluh. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba agar tidak mudah mengeluh:

  • Jaga Pikiran Tetap Positif

Membiasakan diri mengeluh sama saja dengan membiarkan diri dipenuhi oleh pikiran negatif. Itulah mengapa semakin sering kamu mengeluh, semakin negatif pikiran yang ada di kepala kamu. Jadi, agar tidak mudah mengeluh, kamu perlu menjaga pikiran kamu tetap positif. Dengan memiliki pikiran positif, kamu akan lebih bersemangat menjalani hidup dan lebih optimis. Ketika menemui masalah pun, kamu akan bersemangat untuk berusaha mencari solusinya.

  • Perbanyak Bersyukur

Mengeluh juga bisa berarti kamu tidak mensyukuri apa yang ada. Misalnya, kamu mengeluh karena hidup selalu susah, atau karena gaji selalu pas-pasan, dan sebagainya. Nah, dengan bersyukur, kamu akan lebih bisa menghargai dan bahagia dengan apa yang kamu miliki sekarang.

Baca juga: Merasa Susah Bahagia? Coba Lakukan Ini

  • Buat Perubahan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bila hanya mengeluh tanpa ada aksi untuk membuat perubahan, maka keluhan akan menjadi tidak efektif. Masalah tetap ada, dan kamu akan terus mengeluh. Karena itu, meskipun kecil, buatlah sebuah perubahan dimulai dari diri sendiri. Misalnya, kamu sering mengeluh karena cuaca kian hari kian panas. Nah, kamu bisa “mendinginkan” bumi kembali dengan mengurangi sampah plastik misalnya. 

Baca juga: 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Nah, itulah penjelasan mengenai sering mengeluh yang bisa berdampak pada kesehatan mental. Bila kamu punya masalah atau mengalami stres yang bikin kamu sering mengeluh, curhat saja ke psikiater Halodoc. Kamu bisa menceritakan semua keluhanmu melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. 

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2019. Does Complaining Damage Our Mental Health?