• Home
  • /
  • 6 Tips Sehat Puasa Mulai dari Sahur Hingga Berbuka

6 Tips Sehat Puasa Mulai dari Sahur Hingga Berbuka

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
6 Tips Sehat Puasa Mulai dari Sahur Hingga Berbuka

Halodoc, Jakarta - Puasa di bulan Ramadan akan membawa dampak positif jika diterapkan dengan benar. Tidak hanya membawa ketenangan, puasa juga bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Apa saja yang bisa dilakukan supaya tubuh tetap saat puasa? Berikut tips sehat saat puasa yang perlu kamu ketahui:

  • Makan dengan Porsi Cukup

Seseorang akan cenderung “rakus” saat waktunya berbuka puasa. Hal tersebut umum terjadi karena seharian tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun. Jika makan berlebihan dilakukan, akan berujung pada sakit perut karena kram atau diare. Wajar saja hal tersebut terjadi, karena dipaksa bekerja keras mengolah makanan setelah beristirahat seharian.

Jadi, supaya sakit perut tidak terjadi, kamu harus berbuka dengan menu makanan ringan, serta air putih terlebih dulu. Kemudian baru dilanjutkan makan dengan porsi yang cukup. Jangan lupa untuk menghindari makanan pedas dan asam saat berbuka, karena akan memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan mual.

Baca juga: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan, Ini Buktinya

  • Batasi Makanan Manis

Jika kamu memiliki hobi mengonsumsi makanan manis seperti dessert, coba untuk membatasinya saat berpuasa. Hal tersebut dikarenakan saat berpuasa, gula darah menjadi lebih stabil dibanding dengan orang-orang yang tidak berpuasa. Jika makan makanan manis tidak dibatasi, maka gula darah akan melonjak dan berdampak pada kesehatan tubuh.

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi makanan manis saat sahur juga akan membuat kamu merasa lemas di siang hari. Hal tersebut terjadi karena gula hanya memberikan banyak energi pada waktu berbuka hingga tengah malam. Jika sudah waktunya sahur dan berpuasa, kamu akan merasa sangat lemas, ngantuk, pusing, bahkan memiliki suasana hari yang cepat berubah.

  • Perbanyak Air Putih

Saat cuaca sedang panas, tantangan terbesar orang yang berpuasa adalah menahan rasa haus. Jika kamu kurang mengonsumsi air putih, maka tubuh bisa saja mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan gangguan ginjal. Agar puasa tidak membuat kamu mengalami sejumlah penyakit tersebut, tips sehat saat puasa selanjutnya adalah mengonsumsi cukup air putih.

Cukupi kebutuhan cairan tubuhmu saat sahur, berbuka puasa, setelah shalat tarawih, serta menjelang tidur. Lakukan dengan pola 2-2-2-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat setelah tarawih, 2 gelas saat hendak tidur, serta 2 gelas saat sahur. Jangan lupa untuk menghindari kafein saat sahur, karena dapat merangsang rasa haus yang berlebihan saat berpuasa.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

  • Konsumsi Makanan Sehat

Tips sehat saat puasa selanjutnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dengan buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran termasuk makanan sehat karena mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh guna menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

  • Berolahraga

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Kamu dapat tetap berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang yang dilakukan selama 30 menit sebelum atau setelah berbuka agar tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak. Olahraga saat puasa mampu memberikan beragam manfaat, seperti menjaga kebugaran tubuh, sehingga tetap semangat beraktivitas meski sedang berpuasa.

  • Tidur Cukup

Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari sakit saat puasa, stres, suasana hati yang buruk, serta membantu otak agar lebih fokus. Tidur cukup juga bisa menjadi sumber tenaga untuk berpuasa. Usahakan untuk mendapatkan waktu tidur selama 6-8 jam per harinya untuk mendapatkan manfaat yang telah disebutkan.

Baca juga: 4 Masalah Kesehatan Umum Saat Puasa

Selain beberapa hal tersebut, tips sehat saat puasa selanjutnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan guna membantu tubuh melawan lemas, sehingga puasamu dapat berjalan dengan lancar. Mengenai suplemen atau multivitamin apa yang cocok untuk kamu, diskusikan langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 5 Tips for Fasting the Healthy Way.
Live Strong. Diakses pada 2020. Foods to Eat After Breaking a Fast.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Fast Safely: 10 Helpful Tips.