3 Penanganan Oral Thrush pada Bayi yang Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
3-penanganan-oral-thrush-pada-bayi-yang-baru-lahir-halodoc

Halodoc, Jakarta – Meskipun bayi yang baru lahir belum memiliki gigi, tapi bukan berarti ibu tidak perlu membersihkan bagian dalam mulutnya. Menjaga kebersihan mulut bayi sangat penting agar Si Kecil tidak terkena oral thrush, yaitu infeksi jamur yang terjadi di dalam rongga mulut.

Meski tidak berbahaya, tapi infeksi ini tentu akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara menangani oral thrush pada bayi yang baru lahir? Simak penjelasannya di sini.

Apa Itu Oral Thrush?

Oral thrush adalah infeksi jamur pada mulut dan lidah yang disebabkan oleh Candida Albicans yang terakumulasi pada lapisan mulut. Itulah mengapa oral thrush disebut juga dengan kandidiasis mulut atau kandidiasis oral. Jamur Candida Albicans sebenarnya memang tumbuh secara alami di dalam mulut.

Bila jumlah jamur yang tumbuh hanya sedikit, maka tidak akan menimbulkan masalah. Namun, ketika jenis jamur ini mulai bertumbuh secara tidak terkendali, infeksi akan terjadi di dalam mulut.

Oral thrush paling sering terjadi pada bayi atau balita, bahkan bayi yang baru lahir sekalipun. Namun, tidak menutup kemungkinan juga infeksi jamur ini bisa terjadi pada orang dewasa. Oral thrush ditandai dengan munculnya bercak putih, seperti dadih susu di bagian pipi dalam dan di bagian lidah.

Baca juga: 7 Tips Dasar Merawat Bayi Baru Lahir

Penyebab Oral Thrush pada Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir lebih berisiko mengalami oral thrush karena sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang sempurna, sehingga ketahanan tubuhnya melawan infeksi masih rendah. Selain itu, ibu yang mengonsumsi antibiotik dan langsung menyusui setelah bayi lahir juga bisa memicu oral thrush. Ini karena antibiotik membunuh bakteri yang menjaga jamur tetap terkendali.

Apa Ciri-Ciri Bayi yang Mengalami Oral Thrush?

Pada awalnya, oral thrush pada bayi baru lahir tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, seiring bertambahnya jamur, maka akan terlihat bercak-bercak putih yang menyebar. Bercak-bercak ini terlihat sedikit lebih tebal atau seperti benjolan.

Infeksi jamur di mulut ini biasanya juga akan membuat Si Kecil rewel, mudah marah, dan menolak untuk menyusu. Ibu perlu memerhatikan kondisi ini pada bayi, karena infeksi jamur ini bisa menular pada payudara ibu ketika menyusui.

Cara Menangani Oral Thrush pada Bayi Baru Lahir

Kebanyakan kasus oral thrush tidak memerlukan perawatan khusus. Infeksi jamur pada mulut ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Oral thrush juga bisa terasa sakit dan mengganggu bagi beberapa bayi, tapi sebagian bayi yang lain mungkin tidak merasa demikian.

Bila Si Kecil terlihat merasa tidak nyaman, sebaiknya ibu menghubungi dokter anak untuk minta diresepkan obat jamur di area mulut, yang biasanya berupa Nystatin. Ibu bisa mengaplikasikan obat ini pada area mulut yang terkena oral thrush dengan menggunakan aplikator atau jari beberapa kali dalam sehari selama 10 hari.

Oral thrush pada bayi baru lahir biasanya bisa sembuh setidaknya seminggu setelah melakukan perawatan. Bila infeksi ini tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, ibu bisa menghubungi dokter kembali.

Baca juga: Lakukan 7 Hal ini untuk Mencegah Terkena Oral Thrush

Setelah sembuh, ibu tetap perlu menjaga kesehatan mulut bayi dengan cara membersihkan lidah dan rongga mulutnya secara teratur. Membersihkan sisa makanan dari lidah bayi sangat penting untuk menurunkan risiko infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri, dan kuman. Berikut tiga cara mudah membersihkan lidah bayi:

1. Menggunakan Cotton Bud

Pertama-tama, cuci tangan ibu dengan sabun. Lalu, ambil cotton bud bersih dan celupkan ke air hangat. Secara perlahan, gosokkan cotton bud pada lidah bayi, lalu lap bagian atas dan bawah gusinya. Pastikan ibu tidak memasukkan cotton bud terlalu dalam ke mulut bayi.

2. Menggunakan Lap

Setelah mencuci tangan dengan sabun, ambil satu bagian kapas atau lap bersih dan rendam bagian ujungnya di dalam air hangat. Bungkus ujung jari ibu dengan kapas atau lap ini, lalu pelan-pelan masukkan ke mulut bayi. Lap bagian atas mulut bayi, lalu area bawah gusi. Sebaiknya, jangan bersihkan lidah bayi segera setelah menyusui, tapi tunggulah saat bayi sedang bermain atau saat mood-nya sedang bagus.

3. Menggunakan Sikat Gigi dengan Bulu Halus

Ibu juga bisa membersihkan mulut bayi dengan menggunakan sikat gigi bayi dengan bulu halus yang banyak ditemukan di pasaran. Tapi ingat, hindari pasta gigi mengandung fluoride karena bisa termakan oleh bayi.

Baca juga: Bagian Tubuh Bayi yang Harus Diperhatikan Saat Mandi

Itulah penanganan oral thrush pada bayi baru lahir. Bila Si Kecil mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.