4 Bahan Alami untuk Atasi Batuk pada Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
4 Bahan Alami untuk Atasi Batuk pada Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Batuk sering menjadi respon tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan, misalnya debu, polusi, atau alergen alias zat pemicu alergi. Saat hal itu terjadi, otak mengirim sinyal melalui saraf tulang belakang yang kemudian sampai ke otot-otot di dada dan perut. Sinyal yang diterima kemudian membuat otot-otot tersebut mengalami kontraksi.  

Batuk bisa terjadi saat Si Kecil tidak sengaja memasukkan atau menghirup zat asing. Batuk juga bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu. Jika dilihat dari penyebabnya, batuk dibagi menjadi dua jenis yaitu batuk berdahak dan batuk tidak berdahak alias batuk kering.

Batuk berdahak disebabkan tubuh menghasilkan banyak lendir atau dahak pada saluran pernapasan, yang kemudian keluar dari tubuh saat batuk terjadi. Sementara batuk tidak berdahak adalah batuk yang tidak mengeluarkan dahak.

Baca juga: Waspada Batuk Disertai Pilek pada Bayi karena Roseola

Saat batuk menyerang anak, biasa orangtua akan melakukan apa saja untuk meredakan gejala yang muncul, misalnya berobat ke rumah sakit. Namun tahukah ibu, batuk yang bersifat ringan sebenarnya bisa diatasi dengan pengobatan mandiri di rumah. Berikut ini 4 daftar bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan batuk pada anak:

1. Campuran Madu

Obat batuk alami yang sudah lama dikenal dan aman untuk anak-anak adalah madu. Ibu bisa membuat ramuan untuk mengatasi batuk Si Kecil dengan membuat minuman dari campuran madu. Caranya sangat mudah, campurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat. Aduk campuran tersebut, kemudian tambah perasan lemon yang kaya akan kandungan vitamin C. Namun perlu diingat, minuman ini sebaiknya hanya diberikan pada bayi di atas usia 1 tahun.

2. Minuman Jahe

Selain madu, batuk pada anak juga bisa diredakan dengan minuman jahe. Cobalah untuk memilih jahe terbaik, kemudian iris tipis. Setelah itu, seduh irisan jahe dalam segelas air panas, lalu diamkan selama beberapa menit. Berikan minuman jahe pada anak sebagai obat batuk alami. Tak hanya mengatasi batuk, seduhan jahe juga bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan dan mual yang menyertai gejala batuk.

Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Begini Cara Redakan Batuk Berdahak pada Anak

3. Kumur Air Garam

Ibu juga bisa memanfaatkan air garam sebagai obat alami batuk, terutama jika batuk yang terjadi disertai dengan rasa gatal pada tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam 240 mililiter air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur. Pastikan ibu mengawasi anak selama berkumur, agar cairan garam tersebut tidak ditelan. Berkumur dengan air garam untuk mengatasi batuk tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 6 tahun.

4. Uap Bawang

Selain dengan minuman, mengatasi batuk pada anak juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bawang merah. Memanfaatkan bawang merah untuk obat batuk dilakukan dengan mengiris bawang menjadi beberapa bagian, kemudian tempatkan irisan bawang di samping tempat tidur Si Kecil.

Dengan begitu, anak akan menghirup uap yang keluar dari irisan bawang. Uap atau aroma dari bawang merah yang diiris disebut bisa membantu meredakan batuk yang menyerang.

Baca juga: 4 Tanda Batuk yang Berbahaya pada Anak

Pengobatan alami mungkin akan memberi dampak yang berbeda antara satu anak dengan yang lainnya, tergantung kondisi tubuh dan tingkat keparahan batuk. Obat batuk alami pun hanya merupakan pertolongan pertama pada batuk ringan. Jika batuk anak semakin menjadi dan tak kunjung reda, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit.

Ibu bisa memilih rumah sakit terdekat sesuai kebutuhan dan mengatur janji temu dengan dokter bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!