27 December 2018

4 Hal Ini Bisa Picu Penyakit Jantung

4 Hal Ini Bisa Picu Penyakit Jantung

Halodoc, Jakarta - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menyerang semua orang. Salah satu hal yang membuat penyakit jantung ditakuti adalah kematian mendadak. Penyakit ini tidak hanya terjadi pada orang yang sudah tua, tetapi juga pada anak muda yang mempunyai kebiasaan buruk.

Penyakit jantung yang terjadi dapat bermacam-macam, mulai dari detak jantung yang tidak teratur, hingga gagal jantung. Penyakit pada jantung ini dapat terjadi karena timbunan plak pada pembuluh arteri yang telah terjadi dalam kurun waktu yang lama. Timbunan tersebut menyumbat aliran darah, sehingga jantung kekurangan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kenali Kondisi Jantung dan Serangannya yang Perlu Diwaspadai

Memang kebiasaan yang buruk dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit jantung pada usia muda. Berikut adalah hal-hal yang dapat menjadi pemicu penyakit pada jantung, antara lain:

  1. Jarang Berolahraga

Seseorang yang terbilang jarang melakukan olahraga secara rutin mempunyai risiko lebih besar mengidap penyakit jantung dibanding yang melakukannya. Olahraga harus dilakukan secara teratur agar tubuh mendapatkan dampak baik dari kegiatan tersebut.

  1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol terlalu banyak memang memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk juga penyakit jantung. Alkohol dapat membuat aliran darah menjadi lebih kental, sehingga membuat jantung bekerja lebih berat. Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan gagal jantung.

Waspadai 6 Gejala Penyakit Jantung Akibat Stres Berikut Ini

  1. Merokok

Seseorang yang merokok lebih tinggi risikonya untuk mengidap penyakit jantung. Merokok dapat meningkatkan pembekuan darah, membuat penumpukan plak di pembuluh darah semakin banyak, dan menghambat aliran darah yang berada di jantung. Selain itu, seseorang yang menjadi perokok pasif juga berisiko lebih tinggi mengidap penyakit jantung.

  1. Mempunyai Kebiasaan Mendengkur

Seseorang yang kerap mendengkur dapat menjadi pertanda bahwa orang tersebut memiliki kemungkinan lebih besar mengidap penyakit jantung. Hal tersebut karena seseorang yang mendengkur dapat menjadi pertanda bahwa dia mengidap sleep apnea atau napas berhenti ketika tidur. Gangguan tersebut dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung.

Kenali 7 Ciri Gejala Awal Sakit Jantung

Hal-hal di atas dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengidap penyakit jantung. Meski begitu, penyakit jantung terdiri dari beragam jenis. Berbagai macam jenis dari penyakit jantung adalah:

  1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk salah satu penyakit jantung. Hal tersebut dapat memengaruhi jumlah oksigen ke jantung, karena pembuluh darah arteri yang menyempit. Tekanan darah tinggi juga bergantung pada usia, jenis kelamin, dan postur tubuh. Seseorang yang terbilang mengidap hipertensi adalah yang tekanan darahnya di atas 120/80 setelah tiga kali diukur.

  1. Aritmia

Aritmia adalah kelainan pada detak jantung. Detak jantung pada pengidap aritmia bisa terlalu cepat, terlalu lambat, dan tidak beraturan. Pengidap aritmia mengalami gangguan sistem konduksi otot pada jantung. Untuk mengatasi hal ini, alat pacu jantung akan digunakan untuk membuat detak jantung menjadi teratur kembali.

  1. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah ketika jantung tidak memompa darah dengan baik, sehingga menyebabkan gangguan. Gagal jantung dapat menyebabkan air di dalam tubuh tertahan, sehingga terjadi pembengkakan dan menjadi sulit bernapas. Gejala utama dari gagal jantung adalah tubuh yang menjadi bengkak dan napas menjadi pendek.

Itulah hal-hal yang dapat menjadi pemicu penyakit jantung pada seseorang. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal penyakit jantung, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga dapat membeli obat yang sedang dibutuhkan dan pesanan akan langsung diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download segera di Google Play atau App Store!