4 Kebiasaan Sehari-Hari Ini Picu Nyeri Otot

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Kebiasaan Sehari-Hari Ini Picu Nyeri Otot

Halodoc, Jakarta – Tanpa disadari, ternyata ada kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu nyeri otot, yaitu kondisi yang menyebabkan rasa sakit muncul di bagian otot. Meski nyeri otot merupakan kondisi yang umum dan bisa terjadi pada siapa saja, tapi gejala yang muncul bisa sangat menyulitkan dan mengganggu aktivitas harian. Apa saja sebenarnya hal-hal yang bisa memicu nyeri otot muncul?

Nyeri akibat gangguan pada otot bisa terasa ketika seseorang sedang melakukan aktivitas, atau setelahnya. Nyeri otot bisa menyerang bagian mana saja di tubuh, karena hampir seluruh bagian tubuh manusia memiliki jaringan otot. Gangguan pada otot biasanya tidak hanya menyerang atau melibatkan satu bagian saja.

Baca juga: Apakah Benar Nyeri Otot Dapat Disembuhkan dengan Pijat?

Rasa nyeri pada otot mungkin akan menghilang hanya dalam beberapa hari, tapi bisa juga berlangsung hingga waktu yang cukup lama. Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kondisi ini terjadi, mulai dari melakukan aktivitas fisik secara berlebihan, cedera atau trauma yang membuat otot terkilir, serta ketegangan yang terjadi pada salah satu atau beberapa bagian tubuh.

Selain itu, ternyata ada kebiasaan sehari-hari yang juga sering memicu nyeri otot, di antaranya:

1. Olahraga Terlalu Berat

Terlalu memaksakan diri, termasuk saat berolahraga menjadi salah satu penyebab nyeri otot paling sering. Apalagi, jika sebelumnya kamu termasuk orang yang jarang berolahraga. Risiko cedera akibat memaksakan diri menjadi lebih tinggi dan bisa berujung pada nyeri otot jangka panjang.

Selain karena cedera, jarang berolahraga nyatanya juga menjadi kebiasaan yang bisa memicu gangguan pada otot. Jarang atau tidak pernah berolahraga bisa mengakibatkan otot kaku dan postur tubuh yang buruk. Kaku pada otot bisa menjadi cikal bakal keluhan nyeri otot.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

2. Tidak Memperhatikan Posisi Tubuh

Di tengah aktivitas sehari-hari, kamu mungkin akan sesekali mengangkat beban atau barang yang berat. Nah, ada satu hal yang seringnya tidak disadari dan menjadi salah satu pemicu nyeri otot, yaitu tidak memerhatikan posisi tubuh saat mengangkat barang berat. Agar terhindar dari nyeri otot, terutama nyeri punggung, hindari membungkukkan tubuh dan hanya mengandalkan sendi pinggul atau tulang punggung saat mengangkat barang berat.

3. Makan Berlebih

Kebiasaan makan berlebih menjadi salah satu pemicu nyeri otot, kok bisa? Kebiasaan ini bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas alias berat badan berlebih. Saat seseorang memiliki berat badan berlebih, titik pusat gravitasi tubuh akan bergeser ke depan, dan menyebabkan sejumlah otot mengalami tekanan ekstra dan berisiko lebih tinggi mengalami nyeri otot.

4. Jarang Minum Susu

Mengonsumsi setidaknya satu gelas susu dalam satu hari menjadi hal yang cukup disarankan. Itu berperan dalam membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang. Memiliki tulang yang kuat bisa membantu menghindari nyeri otot. Maka dari itu, mulai ubah kebiasaan jarang minum susu. Namun tentu saja, pastikan untuk mengonsumsi produk susu yang berkualitas dan bisa membantu merawat tulang.

Baca juga: Nyeri Otot Tak Kunjung Sembuh Dapat Menjadi Gejala 6 Penyakit Ini

Selain melalui susu, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Di samping pola makan sehat, kalsium dan vitamin D juga bisa didapat dari suplemen tambahan.

Kamu bisa membeli suplemen atau vitamin dan produk kesehatan lain melalui aplikasi Halodoc. Dengan layanan Buy Medicine, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Gratis ongkos kirim, lho. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!