18 January 2019

Waspadai 4 Komplikasi Polisitemia Vera Bila Tak Segera Ditangani

Waspadai 4 Komplikasi Polisitemia Vera Bila Tak Segera Ditangani

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu merasakan gatal-gatal setelah mandi, terutama ketika mandi dengan air hangat? Mungkin saja hal tersebut adalah gejala dari Polisitemia vera. Penyakit tersebut merupakan sebuah kanker yang menyerang darah dan termasuk dalam sebuah penyakit langka. Polisitemia vera harus segera mendapat pengobatan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang dapat membahayakan pengidapnya.

Polisitemia vera terjadi karena terdapat kelainan atau gangguan pada sumsum tulang belakang. Tubuh dapat mengatur jumlah sel-sel darah yang harus dicukupi untuk organ-organ tubuh tetap bekerja. Pada pengidap polisitemia vera, produksi sel-sel darah merah pada tubuh akan diproduksi berlebih karena terjadi kelainan. Walau begitu, belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kelainan pada sumsum tulang belakang.

Baca Juga : Perlu Tahu Penyebab Polisitemia Vera

Kebanyakan orang yang mengidap polisitemia vera (PV) dapat menjalani kehidupan dengan normal. Cara untuk menjaga agar penyakit tersebut tidak menjadi parah adalah dengan menghindari komplikasi yang terjadi. Misalnya seperti pembekuan darah yang mungkin terjadi karena darah mengalami pengentalan. Untuk mencegah hal tersebut, dokter akan merekomendasikan perawatan untuk meningkatkan aliran darah.

Baca Juga : 7 Fakta tentang Penyakit Langka Polisitemia Vera

Komplikasi dari Polisitemia Vera

Penyakit kanker darah ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang dapat menghilangkan nyawa seseorang yang mengidapnya. Komplikasi-komplikasi yang mungkin terjadi adalah:

  1. Stroke dan Serangan Jantung

Salah satu komplikasi yang dapat terjadi pada seseorang yang mengidap Polisitemia vera adalah stroke dan serangan jantung. Sekitar 30 persen dari total pengidap penyakit tersebut mengalami pembekuan darah di pembuluh darah dan arteri. Kondisi tersebut kemudian berkembang menjadi stroke dan serangan jantung. Pembekuan darah tersebut akan menyebabkan gumpalan, karena darah yang lebih tebal akan mengalir lambat ke seluruh tubuh. Hal yang dilakukan agar mencegah hal ini terjadi adalah dengan mengonsumsi obat pengencer darah.

Baca Juga : Kenali Penyebab dan Cara Penanganan Polisitemia Vera

  1. Pembesaran pada Limpa

Umumnya, pengidap polisitemia vera akan mengalami pembesaran pada limpanya. Limpa mempunyai tugas untuk menyaring darah. Namun, pada seseorang yang mengidap kanker darah, sel-sel darah tersebut akan berkumpul di limpa. Pada seseorang yang mengalami limpa membesar, akan menimbulkan gejala, seperti rasa sakit pada sisi kiri perut, gangguan pencernaan, dan kehilangan nafsu makan. Limpa yang membesar dapat menyebabkan infeksi hingga pecah.

  1. Sering Merasa Gatal dan Mengalami Masalah Kulit

Penyakit polisitemia vera juga dapat menyebabkan rasa gatal dan masalah pada kulit. Seseorang yang mengidap penyakit ini akan merasa gatal setelah mandi air hangat atau tidur di ruangan yang hangat. Kamu dapat mengobati rasa gatal yang timbul dengan antihistamin dan krim kulit. Selain itu, kamu dapat menghentikan rasa gatal yang terjadi dengan antidepresan. Polisitemia vera juga dapat menyebabkan kesemutan pada kulit kamu, terutama kulit lengan, kaki, dan tangan.

  1. Merasakan Encok

Pengidap penyakit kanker darah ini dapat mengalami peningkatan asam urat secara drastis pada darah. Akibatnya, kondisi tersebut dapat menimbulkan rasa sakit pada sendi karena peradangan. Encok sering terjadi pada jempol kaki, tetapi dapat juga terjadi pada sendi-sendi lainnya. Dokter mungkin akan memberikan obat-obatan untuk mengurangi jumlah asam urat pada darah dan juga untuk mengurangi peradangan yang terjadi. Selain itu, kadar asam urat yang terlalu tinggi dapat menyebabkan batu ginjal.

Itulah beberapa komplikasi yang dapat terjadi pada pengidap polisitemia vera. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal polisitemia vera, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!