4 Mitos Ini Diyakini Sebagai Ciri Hamil Anak Laki-Laki

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Mitos Ini Diyakini Sebagai Ciri Hamil Anak Laki-Laki

Halodoc, Jakarta - Ketika hamil, seorang wanita mungkin "ngidam" pada suatu makanan atau apapun itu. Banyak gosip apabila keinginan seorang wanita hamil sesuatu akan memengaruhi jenis kelamin dari janin tersebut. Walau begitu, belum ada bukti secara medis untuk hal tersebut selain diperiksa melalui USG.

Orangtua mungkin akan memiliki preferensi tersendiri terhadap jenis kelamin pada calon anaknya ini. Pada beberapa kesempatan, mungkin seseorang akan mengidentikkan gejala khusus yang terjadi pada ibu hamil dengan anak laki-laki walau mitos. Berikut mitos kehamilan tentang ciri hamil anak laki-laki!

Baca juga: Tanda-tanda Hamil Anak Laki-laki Ini Cuma Mitos

Mitos dari Ciri Hamil Anak Laki-Laki

Mengetahui jenis kelamin dari janin yang dikandung oleh ibu hamil adalah hal yang mendebarkan. Tidak heran apabila banyak orang yang mengidentikkan suatu hal dengan jenis kelamin yang mungkin diketahui nanti secara medis. Banyak mitos yang timbul terhadap penentuan karena hal tersebut.

Beberapa orang mengharapkan anak laki-laki, terutama sang ayah. Ada yang percaya apabila bentuk tubuh sang ibu saat hamil juga dapat menjadi ciri hamil anak laki-laki. Padahal, hasil USG yang dilakukan mungkin saja dapat salah diagnosa jenis kelamin bayi. Berikut adalah beberapa mitos yang timbul sebagai ciri hamil anak laki-laki:

  1. Bentuk Perut

Beberapa orang percaya apabila bentuk perut menjadi ciri hamil anak laki-laki. Hal ini disebabkan karena umumnya ukuran janin laki-laki lebih besar dibandingkan perempuan. Selain itu, detak jantungnya lebih cepat pada laki-laki. Walau begitu, hal ini tidak ditemukan secara medis, karena belum tentu menjamin berat badan laki-laki akan lebih dibanding perempuan.

Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan tentang kehamilan, dokter dari Halodoc dapat membantu kamu untuk mengatasi kekhawatiran yang terjadi. Kamu juga dapat melakukan pemesanan untuk periksa kandungan secara online melalui aplikasi Halodoc. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc ke smartphone kamu!

  1. Posisi Janin Berada di Atas

Ciri hamil anak laki-laki lainnya yang termasuk dalam mitos adalah posisi janin berada di atas. Berita ini telah menyebar luas di masyarakat sehingga banyak orang percaya akan hal ini. Padahal, yang menentukan posisi janin adalah bentuk dan ukurannya. Selain itu, apabila posisi bayi sejajar dengan punggung ibunya, maka benjolan pada perut mungkin tidak terlihat.

Umumnya, jika kamu mengalami kehamilan pertama, maka otot perut kamu masih terbilang kuat. Hal ini membuat tubuh kamu akan memposisikan janin di tempat yang lebih tinggi dinding perut belum regang. Selain itu, posisi bayi dalam waktu tertentu juga dapat mengubah posisi dan bentuk perut ibu hamil untuk sementara waktu.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Agar Bisa Hamil Anak Laki-laki

  1. Suasana Hati yang Tidak Mudah Berubah

Hal lainnya yang merupakan mitos dari ciri hamil anak laki-laki adalah suasana hati yang tidak berubah-ubah. Lain hal ketika seseorang hamil perempuan, perubahan suasana hati kerap terjadi. Kelainan mood swing ini umumnya terjadi pada trimester pertama dan ketiga.

  1. Keinginan Makan yang Asin dan Gurih

Keinginan kuat untuk makan sesuatu yang asin dan gurih juga dapat menjadi ciri dari hamil anak laki-laki. Mitos ini memang tidak ada bukti secara ilmiah, tetapi tetap saja banyak orang yang percaya akan hal ini. Gosipnya, ibu hamil akan terus menginginkan cemilan yang asin dan gurih sambil berkegiatan.

Baca juga: Hamil Anak Laki-laki Rentan Alami Solusio Plasenta, Benarkah?

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari hamil anak laki-laki yang masih menjadi mitos. Jika kamu ingin mengetahui jenis kelamin dari janin yang ada di rahim, pemeriksaan USG dapat dilakukan untuk memastikannya. Pemeriksaan ini dapat dilakukan pada minggu ke-14 hingga minggu ke-20.

 

Referensi:
Medical News Today.Diakses pada 2019.How can you tell if you are having a boy or a girl?
Healthline.Diakses pada 2019.Can You Tell You’re Having a Baby Boy by the Shape or Size of Your Belly?