Intip 4 Tips Atasi Insomnia ala Tentara Amerika

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Intip 4 Tips Atasi Insomnia ala Tentara Amerika

Halodoc, Jakarta - Insomnia atau kesulitan tidur bisa dialami siapa saja, seperti misalnya orang lanjut usia, orang yang tengah berada dalam perjalanan jauh, mereka yang bekerja dengan sistem shift, bahkan para tentara yang tengah berada di wilayah konflik untuk misi perdamaian atau untuk membela negaranya. Pernahkah kamu membayangkan kondisi para tentara di medan perang, stres, trauma, dan kelelahan semuanya menumpuk. Akibatnya, insomnia tidak bisa terhindari dan mereka jadi sulit mengambil keputusan yang tepat.

Melansir The Sun, ternyata ada tips yang diikuti oleh para tentara Amerika Serikat untuk bisa atasi insomnia dan bisa tertidur dalam kondisi apa pun. Trik ini efektif dan mungkin cocok untuk kamu terapkan juga. Ingin tahu apa saja tipsnya? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Insomnia

  • Rilekskan Wajah. Pertama-tama yang harus dilakukan setelah mendapatkan tempat untuk berbaring adalah fokus pada wajah dan anggap itu adalah pusat emosimu. Mulailah untuk menutup mata dan bernapas secara perlahan dan dalam. Setelah itu, usahakan untuk buat otot di wajah menjadi lebih rileks. Jangan mengernyitkan atau mengerutkan alis, biarkan semuanya rileks. Buang napas perlahan-lahan dan rasakan pipi, mulut, lidah, dan rahang menjadi rileks. Terakhir yang bisa kamu lakukan adalah rilekskan mata.

  • Lemaskan Bahu. Apabila area wajah sudah rileks, maka langkah selanjutnya adalah membuat area bahu juga ikut rileks. Lalu, secara perlahan punggung dan leher juga harus ikut rileks. Jika punggung dan leher sudah rileks, maka kini giliran kedua tanganmu. 

Baca juga: 3 Olahraga untuk Atasi Insomnia

  • Lemaskan Kaki. Jika tubuh bagian atas sudah rileks, kini saatnya melanjutkannya ke area tubuh bagian bawah. Mulai dari paha kanan, rilekskan hingga ke area betis dan pergelangan kaki. Kini setiap otot di tubuhmu, mulai dari wajah hingga ujung jari kaki, seharusnya sudah cukup rileks dan kamu bisa beralih ke langkah selanjutnya.

  • Kosongkan Pikiran. Ini merupakan langkah terakhir, yang mungkin terasa paling sulit. Cobalah kosongkan pikiran selama sepuluh detik. Jangan pikirkan apa pun, misalnya tentang hal-hal yang membuat kamu stres dan sedih hari ini. Sebagai gantinya, fokuskan pikiran pada satu gambar statis di dalam kepala kamu, misalnya kamu sedang berbaring sore hari dipinggir pantai, tahan gambar tersebut hingga sepuluh detik. Jika masih belum berhasil, coba ulangi dalam pikiranmu dan usahakan untuk tidak memikirkan apa pun. 

Dengan begini, niscaya kamu bisa terlelap sendiri. Terpenting adalah mencoba untuk selalu rileks dan berhenti memikirkan hal-hal yang memberatkan pikiranmu meskipun kamu sedang cukup stres. Fokus untuk segera tidur agar bisa mendapatkan manfaat luar biasa darinya dan supaya kamu bisa bangun dengan segar esok hari.

Hindari Juga Penyebab Insomnia

Hal-hal seperti kecanduan gadget, stres, depresi, atau konsumsi makanan pedas atau tinggi kafein sebelum tidur adalah pemicu seseorang alami insomnia. Kondisi kesulitan tidur ini bukan suatu hal yang bisa kamu anggap sepele. Tanpa perawatan yang tepat, insomnia bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih membahayakan, seperti menurunkan produktivitas dan konsentrasi, gangguan kesehatan mental, hingga memperburuk penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Baca juga: Alami Insomnia, Atasi dengan 7 Langkah Ini 

Tidak inginkan kondisi insomnia yang kamu alami semakin buruk? Oleh sebab itu, segera perbaiki gaya hidup kamu menjadi lebih sehat lagi. Lakukan juga olahraga rutin supaya kamu bisa tidur lebih nyenyak. Jika gejala masih terhitung ringan pun, coba buat buku harian tidur kamu. Selama satu pekan biasanya dokter memiliki batas minimal kamu seharusnya tidur. Jika jam tidur kamu kurang dari yang seharusnya, segera temui dokter dan lakukan pemeriksaan di rumah sakit. Gunakan Halodoc untuk buat janji dengan dokter yang lebih mudah.

Referensi:
The Sun. Diakses pada 2019. US Army Trick Fall Asleep 120 Seconds.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Diseases and Conditions: Insomnia.