Inilah 5 Cara Simpel untuk Atasi Demam

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah 5 Cara Simpel untuk Atasi Demam

Halodoc, Jakarta –  Demam adalah situasi yang biasa terjadi pada orang dari segala usia, mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa sampai yang lebih tua. Sistem kekebalan tubuh yang lemah bisa menjadi penyebab seseorang mengalami demam.

Jika kamu ataupun orang terdekat mengalami demam, maka ada baiknya kamu tetap terhidrasi, karena semua orang dengan penyakit apa pun membutuhkan asupan cairan dan elektrolit. Kemudian, hal lain yang tidak boleh diabaikan adalah durasi demam tersebut, karena ini dapat menjadi indikasi penyakit tertentu.

Baca juga: Anak Demam, Kompres Air Hangat atau Dingin?

Berikut beberapa panduan dan cara simpel yang bisa dilakukan ketika mengalami demam:

  1.  Ukur Suhu Tubuh dan Ketahui Gejalanya

Jika suhu tubuhmu mencapai 38 derajat Celsius atau lebih tinggi, itu artinya kamu mengalami demam.

  1. Tetap di Tempat Tidur dan Istirahat

Demam bisa jadi adalah upaya proteksi tubuh melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Beristirahat yang cukup bisa menjadi salah satu cara “membantu” tubuh merawat virus yang masuk. Kalau tubuh terlalu banyak beraktivitas ketika mengalami demam, maka akan membuat daya tahan tubuh semakin menurun, sehingga memperlambat proses penyembuhan. Makanya, orang yang demam sangat disarankan untuk mengembalikan kondisi tubuh.

  1. Tetap Terhidrasi

Minum air putih atau jus dapat mengembalikan cairan yang hilang karena keringat.

  1. Minumlah Obat dan Vitamin

Konsumsi dosis obat yang tepat serta vitamin sesuai dengan rekomendasi medis. Mengonsumsi minuman hangat, seperti teh hangat, teh jahe, ataupun sup ayam juga sangat membantu untuk menurunkan suhu badan dan mengembalikan performa tubuh.

  1. Jaga Kondisi Tubuh tetap Hangat

Menjaga kondisi tubuh tetap hangat dapat dilakukan dengan mengenakan pakaian menutupi tubuh, mengonsumsi minuman hangat, dan mandi dengan air hangat juga.

Baca juga: Demam Naik Turun, Bisa Jadi Tanda 4 Penyakit Ini

Mewaspadai Demam

Demam tinggi bisa lebih berbahaya bagi anak kecil daripada orang dewasa. Inilah saatnya untuk mengunjungi dokter dan melakukan konsultasi medis. Orangtua harus waspada dengan gejala demam pada anak bila suhunya mencapai:

38 derajat Celsius atau lebih tinggi untuk anak-anak berusia 0–3 bulan

39 derajat Celsius  untuk anak-anak usia 3–6 bulan

39 derajat Celsius  untuk anak-anak usia 6–24 bulan dan berlangsung selama lebih dari sehari. Jika anak-anak memiliki gejala tambahan, seperti batuk atau diare, orangtua perlu berkonsultasi dengan dokter.

40 derajat Celsius untuk anak-anak usia 2 tahun lebih, terutama jika mengalami demam berulang.

Bila demam diiringi dengan lesu, mudah tersinggung, ataupun memiliki gejala parah lainnya, seperti durasi demam lebih dari tiga hari, demam tidak merespons terhadap pengobatan, anak yang mengalami demam tidak bisa mempertahankan kontak mata, dan tidak bisa menahan cairan, maka orangtua harus segera ke rumah sakit.

Baca juga: Anak Terserang Demam Berdarah Ibu Harus Apa?

Hal yang sama juga terjadi pada orang dewasa yang mengalami demam dengan tanda-tanda  sakit kepala parah, mengalami ruam, sensitivitas terhadap cahaya terang, leher kaku, sering muntah, kesulitan bernapas, nyeri dada atau perut, serta kejang.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara simpel mengatasi demam serta informasi kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.