09 November 2018

5 Fakta tentang Penyakit Meniere yang Perlu Diketahui

5 fakta tentang penyakit meniere yang perlu diketahui

Halodoc, Jakarta – Hampir semua orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Namun bagaimana jika sakit kepala yang dirasakan bersamaan dengan vertigo dan gangguan pendengaran? Sebaiknya kamu perlu waspada jika kamu mengalami hal ini. Sakit kepala disertai dengan vertigo dan gangguan pendengaran bisa menjadi gejala dari penyakit Meniere.

Penyakit Meniere adalah gangguan kronis yang terdapat pada bagian telinga sehingga menyebabkan pengidapnya merasa sakit kepala hingga vertigo. Kondisi ini biasanya dialami oleh salah satu telinga. Jika sudah menderita penyakit Meniere dan tidak segera diatasi, pengidapnya bisa kehilangan pendengaran untuk sementara bahkan permanen. Penyakit Meniere paling sering menyerang seseorang yang memiliki usia antara 20 hingga 50 tahun.

Upaya untuk menghindari penyakit Meniere, kenali beberapa fakta mengenai penyakit Meniere:

1. Komposisi Cairan Abnormal

Salah satu penyebab seseorang mengalami Meniere karena adanya komposisi cairan abnormal pada dalam telinga bagian tengah. Pada telinga ada beberapa bagian yang saling terhubung satu sama lain dalam rongga yang dikenal dengan istilah labirin.

Dalam membran labirin ada cairan yang dikenal dengan endolimfe. Tentunya agar bagian telinga berfungsi dengan baik seluruh cairan dalam telinga harus pada komposisi yang normal dan baik. Volume, tekanan, dan komposisi kimianya harus sesuai. Jika tidak, ini dapat menyebabkan penyakit Meniere.

2. Faktor yang Meningkatkan Penyakit Meniere

Selain komposisi cairan yang abnormal dalam telinga, ada beberapa faktor lain yang berisiko meningkatkan mengalami penyakit Meniere. Beberapa di antaranya adalah riwayat penyakit Meniere dalam keluarga, infeksi virus seperti penyakit meningitis, mengalami cedera kepala, kondisi migrain yang tidak segera diatasi, gangguan sistem kekebalan tubuh dan alergi.

3. Jangan Sepelekan Vertigo yang Sering Muncul

Salah satu gejala awal yang perlu kamu perhatikan dari Meniere adalah vertigo. Biasanya, ketika mengalami Meniere, kamu merasakan rasa pusing berputar secara tiba-tiba. Tidak hanya itu, kamu akan merasakan tekanan yang cukup kuat pada telinga dan suara berdenging. Parahnya, jika tidak segera diatasi, pengidap bisa kehilangan pendengaran untuk sementara atau permanen.

4. Diagnosis Penyakit Meniere

Biasanya untuk memastikan kamu mengalami Meniere atau tidak ada beberapa tes yang bisa kamu jalani. Seperti tes pendengaran dan tes keseimbangan. Biasanya, ketika kamu mengalami penyakit Meniere, kamu sulit untuk mendengar suara dalam frekuensi yang rendah. Tidak hanya itu, telinga dalam berfungsi untuk menjaga keseimbangan sehingga ketika mengalami penyakit Meniere, kamu akan mengalami gangguan keseimbangan.

5. Pengobatan untuk Penyakit Meniere

Kamu bisa melakukan beberapa pengobatan untuk mengurangi dampak dari penyakit Meniere. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan rendah garam untuk mengurangi jumlah cairan dalam tubuh.

Selain itu, jika penyakit ini sudah masuk kategori yang cukup berbahaya, kamu bisa melakukan operasi untuk perbaikan telinga dalam. Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, jauhi alkohol, dan kurangi mengonsumsi kafein.

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan kamu agar terhindar dari berbagai penyakit. Jika memiliki keluhan terhadap kesehatan, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: