03 October 2018

5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Abses Gigi

5 hal ini bisa menyebabkan abses gigi

Halodoc, Jakarta – Menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Banyak masalah yang akan muncul jika kamu tidak rajin membersihkan gigi. Salah satunya adalah masalah abses gigi.

Abses gigi adalah salah satu masalah yang muncul pada bagian gigi dan gusi yang menyebabkan terbentuknya kantung yang berisi nanah karena infeksi bakteri. Biasanya, masalah abses gigi akan muncul pada akar gigi. Abses gigi menyebabkan rasa nyeri pada sekitar gigi dan gusi yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderita.

Banyak gejala yang bisa kamu rasakan ketika mengalami abses gigi. Gigi dan gusi akan terasa lebih sensitif pada tekanan saat kamu mengunyah atau menggigit. Tidak hanya itu, kamu akan mengalami pembengkakan pada bagian pipi. Rasa nyeri dan berdenyut pada bagian yang terkena abses gigi. Parahnya, rasa nyeri ini bisa menjalar hingga ke tulang rahang, leher, bahkan telinga.

Sebaiknya hindari beberapa hal berikut agar kamu bisa terhindar dari penyakit abses gigi agar kesehatan gigi serta mulut selalu terjaga.

1. Malas Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Rajin menggosok gigi sebanyak dua kali sehari dapat membantu kamu untuk menghindari penyakit abses gigi. Dengan menggosok gigi, sisa makanan maupun kotoran lain akan hilang. Sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik akan menimbulkan plak pada gigi maupun gusi. Hal ini akan memicu munculnya bakteri yang bisa berkembang biak dalam mulut kamu.

2. Mengonsumsi Makanan Manis Secara Berlebihan

Menyukai salah satu jenis makanan boleh saja, tetapi sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan nyatanya dapat menyebabkan abses gigi. Hal ini dikarenakan makanan yang memiliki kandungan gula cukup tinggi bisa menyebabkan lubang pada gigi. Lubang pada gigi yang tidak segera ditangani dengan baik dapat membuat abses gigi.

3. Jarang Mengunjungi Dokter Gigi

Salah satu cara untuk menghindari abses gigi adalah rutin mengunjungi dokter gigi. Hal ini bisa kamu gunakan untuk memeriksa kondisi gigi kamu. Orang yang tidak rutin melakukan perawatan gusi dan gigi nyatanya akan lebih mudah terserang masalah gigi dan mulut salah satunya adalah abses gigi.

4. Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang akan menjadi salah satu penyebab abses gigi jika tidak segera ditangani dengan baik. Bakteri akan hidup di lubang-lubang yang ada di gigi dan mencapai pulpa atau bagian dalam gigi. Tidak hanya gigi yang berlubang, retakan-retakan halus pada gigi sebaiknya juga perlu kamu waspadai guna menghindari penyakit abses gigi. Tidak ada salahnya rajin menggosok gigi atau mengunjungi dokter gigi untuk mengetahui kondisi gigi kamu.

5. Cedera Gusi

Cedera pada gusi juga bisa menjadi penyebab abses gigi. Tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan gusi agar kamu terhindar dari penyakit abses gigi. Penyakit pada gusi biasanya akan membuat celah antara gusi dan gigi. Tentu hal ini bisa menjadi sarang bakteri yang menjadi penyebab abses gigi.

Jika kamu merasa mengidap abses gigi, sebaiknya tanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui penanganan pertama pada penyakit abses gigi. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: