15 March 2019

5 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Nyeri Sendi

5 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Nyeri Sendi

Halodoc, Jakarta – Olahraga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ternyata, olahraga juga dianjurkan bagi pengidap nyeri sendi. Jenis olahraga tentunya harus disesuaikan dengan kondisi pengidap. Hindari melakukan olahraga berlebihan karena malah akan mencederai sendi. Cukup melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas sendi guna mengurangi rasa nyeri.

Baca Juga : 4 Cara Menjaga Kesehatan Sendi hingga Usia Senja

Kebanyakan orang berpikir bahwa olahraga bisa memperburuk kondisi nyeri. Padahal, kurangnya aktivitas fisik justru melemahkan otot dan meningkatkan tekanan pada sendi. Itu sebabnya olahraga penting untuk menjaga otot dan jaringan di sekitarnya tetap kuat. Nah, berikut jenis olahraga yang aman dilakukan untuk pengidap nyeri sendi.

1. Berjalan Santai

Jenis olahraga ini pastinya mudah diterapkan. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis dan dapat melakukannya di mana saja. Terlebih, olahraga ini tidak memerlukan pelatihan khusus. Selain mengurangi rasa sakit pada persendian, berjalan santai bermanfaat untuk meningkatkan self-efficacy, menurunkan berat badan, mengurangi stres, bahkan bisa meningkatkan kesehatan jantung.

2. Berenang

Air merupakan media yang bagus untuk meregangkan otot dan menenangkan persendian. Jenis olahraga ini membuat kekuatan otot tubuh bagian atas dan otot ekstremitas bawah, sehingga bisa membantu sendi untuk menopang tubuh. Berenang beberapa lap atau mengikuti kelas aerobik air (aquarobik) dapat menurunkan nyeri sendi secara signifikan. Terdapat penelitian yang dikhususkan untuk mengamati efektifitas aquarobik dengan aerobik dalam mengurangi nyeri sendi. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa aquarobik lebih efektif mengurangi nyeri sendi dibandingkan dengan aerobik biasa. Berenang juga membantu mengendalikan berat badan, meningkatkan mood, dan memperbaiki kualitas tidur.

3. Bersepeda

Bersepeda menjadi salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan. Selain mengurangi stres, bersepeda juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh. Bersepeda ringan dapat membangun otot di sekitar paha belakang, paha depan, betis, dan persendian. Tidak heran jika olahraga yang satu ini dapat mengurangi nyeri dan kaku sendi.

Baca Juga : Mandi Malam Bikin Nyeri Sendi?

4. Latihan Kekuatan

Latihan beban memang terdengar menyeramkan untuk pengidap nyeri sendi.  Namun faktanya, semakin kuat otot, semakin sedikit ketegangan pada sendi. Jadi, jangan takut untuk melakukan latihan beban ringan karena olahraga ini membantu menguatkan otot dan meningkatkan massa otot. Lakukan dengan beban yang ringan terlebih dahulu, kemudian tingkatkan intensitasnya secara bertahap.

5. Yoga, Pilates, atau Tai Chi

Yoga, pilates, dan tai chi adalah contoh latihan yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh. Latihannya berfokus pada penguatan dan peningkatan kontrol otot, serta relaksasi. Peningkatan fleksibilitas dan rentang gerak juga diterapkan pada latihan ini. Maka dari itu, tak diragukan lagi jika latihan ini bisa meredakan tekanan pada pinggul dan sendi yang nyeri.

Baca Juga : Pegawai Kantoran Rentan Terkena Radang Sendi

Itulah beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri sendi. Jika ada pertanyaan lain seputar nyeri sendi, jangan ragu bertanya ke dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!