04 January 2019

Mandi Malam Bikin Nyeri Sendi?

Mandi Malam Bikin Nyeri Sendi?

Halodoc, Jakarta - Mandi merupakan salah satu rutinitias harian yang diperlukan untuk membersihkan dan menyegarkan tubuh, terutama usai lelah beraktivitas. Namun, ada suatu anggapan tentang waktu mandi yang dikaitkan dengan penyakit tertentu, seperti kebiasaan mandi malam yang disebut-sebut dapat menyebabkan nyeri sendi. Padahal, beberapa orang mungkin saja terbiasa mandi malam karena faktor kesibukan. Benarkah kebiasaan mandi malam ini dapat membuat seseorang mengidap nyeri sendi?

Sebenarnya, anggapan bahwa mandi malam dapat menyebabkan nyeri sendi belum bisa dikatakan benar sepenuhnya. Sebab, belum ada penelitian khusus yang membahas hubungan antara keduanya. Nyeri pada sendi biasanya lebih disebabkan oleh gaya hidup seseorang, seperti seberapa sering berolahraga, bagaimana ia menggunakan persendiannya, serta apa saja yang ia konsumsi.

Terlepas dari gaya hidup pun, secara alami seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang akan mengalami penurunan. Cairan sendi pun biasanya juga akan mengalami perubahan komposisi, sehingga hal ini menyebabkan berbagai keluhan nyeri sendi dan tulang, yang juga biasa disebut rematik.

Baca juga: Ketahui Gangguan Sendi yang Rentan Diidap Pegawai Kantoran

Jika dikaitkan dengan kebiasaan mandi malam, belum ada bukti bahwa hal ini dapat menyebabkan nyeri sendi. Jika mungkin ada yang mengalami nyeri sendi setelah mandi malam, bisa jadi orang tersebut memiliki riwayat penyakit rematik. Namun, bukan berarti mandi malam dapat menyebabkan rematik. Nyeri sendi yang terasa usai mandi malam biasanya disebabkan oleh suhu udara atau air yang terlalu dingin, sehingga otot mengalami kekakuan atau spasme. Kondisi inilah yang membuat sendi tertekan dan memicu rasa sakit.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa mandi malam dapat menyebabkan nyeri sendi adalah mitos. Tidak ada patokan waktu mandi yang tepat. Mandi pada jam berapa pun sebenarnya tidak jadi masalah. Hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi tubuh, apakah sedang fit atau sedang kurang sehat. Jika memang sedang merasa kurang fit dan harus mandi pada malam hari, sebaiknya gunakan air hangat, agar otot-otot tubuh menjadi relaks.

Hal-Hal yang Bisa Mencegah Nyeri Sendi

Jika kamu sering mengalami nyeri sendi usai mandi malam, selain mengganti air mandi dengan air yang hangat, beberapa cara lain berikut juga dapat dilakukan untuk mencegah munculnya nyeri sendi.

1. Rutin Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin dapat membantu melatih otot dan mencegah munculnya nyeri sendi. Kamu bisa memulainya dengan melakukan jalan santai atau joging selama 30 menit setiap pagi hari, sebelum memulai aktivitas.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Dapat Menyehatkan Tulang & Sendi

2. Jaga Pola Makan yang Sehat dan Seimbang

Salah satu penyebab umum dari munculnya nyeri sendi adalah penyakit asam urat. Penyakit ini dapat dipicu oleh kadar asam urat dalam tubuh yang disebabkan oleh makanan-makanan tinggi purin yang kita konsumsi. Oleh karena itu, cobalah untuk menjaga pola makan sehat dan seimbang, serta hindari konsumsi makanan tinggi purin seperti jeroan, seafood, dan minuman beralkohol.  

3. Hindari Mengangkat Beban atau Beraktivitas Terlalu Berat

Kebiasaan mengangkat beban atau aktivitas yang terlalu berat dapat memicu rasa nyeri, bahkan cedera pada persendian. Seperti gerakan melompat misalnya, jika dilakukan berlebihan atau kurang berhati-hati, dapat meningkatkan risiko cedera dan nyeri sendi.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Bebas Bergerak

Itulah sedikit penjelasan tentang nyeri sendi dan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya.

Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja. Obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!