5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Liver

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Liver

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan liver adalah hal yang penting dilakukan. Sebab, organ hati alias liver memiliki peran yang cukup penting dalam tubuh. Organ ini berfungsi untuk menghancurkan racun di dalam darah, menghasilkan protein, hingga membantu proses pencernaan. Saat liver mengalami gangguan atau terserang penyakit, maka seluruh proses tersebut dan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan mungkin akan terganggu. 

Karena memiliki fungsi yang cukup penting, maka sudah seharusnya kesehatan liver dijaga dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit atau kerusakan pada organ hati, termasuk mengubah pola hidup, menghindari konsumsi alkohol, serta meningkatkan konsumsi makanan sehat. Nyatanya, ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi dan baik untuk kesehatan liver. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Liver Supaya Terhindar Hepatomegali

Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi untuk Kesehatan Liver 

Salah satu fungsi organ hati adalah menghancurkan racun di dalam darah. Pola hidup yang berantakan dan konsumsi makanan sembarangan bisa membuat liver bekerja lebih keras untuk menghancurkan serta mengeluarkan racun dari tubuh. Nah, salah satu cara agar hati tidak mengalami kerusakan dan menghindari racun menumpuk dalam darah adalah dengan konsumsi makanan sehat. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan liver:

1. Sayur-sayuran 

Salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah sayur-sayuran hijau, seperti kale dan kol. Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan liver, konsumsi jenis makanan ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jenis sayuran ini memiliki kandungan zat yang bisa membantu mendetoksifikasi hati. 

2. Buah-buahan 

Selain sayuran, menjaga kesehatan organ liver juga bisa dilakukan dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Cobalah untuk mengonsumsi buah stroberi, raspberi, dan cranberi yang mengandung anthocyanin dan polyphenols. Kedua kandungan tersebut terbukti bisa membantu menghambat perkembangan sel kanker di organ hati. 

Baca juga: Inilah Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Liver

3. Lemak Sehat 

Menjauhi konsumsi lemak tidak sehat adalah hal yang disarankan untuk menghindari risiko penyakit. Sebaliknya, untuk menjaga kesehatan kamu disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat, misalnya alpukat, chia seeds, minyak kelapa, dan olive oil. Selain itu, disarankan juga untuk banyak mengonsumsi lemak tak jenuh, misalnya asam lemak omega-3 yang bisa didapat dari makanan laut alias seafood

4. Biji-bijian 

Untuk menjaga kesehatan liver, cobalah untuk banyak mengonsumsi biji-bijian berkecambah, kacang-kacangan, dan padi-padian. Protein dan enzim yang terdapat dalam jenis makanan ini bisa membantu meningkatkan pertahanan organ hati terhadap racun. Jenis makanan ini juga memiliki zat kimia yang bisa mencegah kanker. 

5. Makanan Kaya Sulfur 

Menjaga kesehatan liver juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan sulfur. Hati membutuhkan sulfur untuk melakukan detoksifikasi dengan mengeluarkan zat tambahan dari makanan tertentu. Selain itu, sulfur juga memiliki efek anti peradangan yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan ini bisa didapat dari beberapa jenis makanan, seperti bawang putih, telur, bawang Bombay, dan bawang merah. 

Baca juga: 4 Fakta tentang Penyakit Liver

Cari tahu lebih lanjut seputar tips menjaga kesehatan liver dan jenis makanan yang disarankan dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa kapan dan di mana saja menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Patient. Diakses pada 2019. Abnormal Liver Function Tests. 
Stylecraze. Diakses pada 2019. Fatty Liver Diet Its Benefits Foods to Include and Avoid.