04 September 2018

6 Fungsi Face Toner untuk Kulit Wajah

 face toner

Halodoc, Jakarta – Banyaknya produk skincare yang hadir di pasaran saat ini sering membuat para wanita jadi bingung apa kegunaan dari masing-masing produk. Salah satunya face toner. Lebih dikenal dengan sebutan penyegar, ini merupakan salah satu produk yang termasuk ke dalam rangkaian perawatan kulit wajah paling dasar. Selain bermanfaat sebagai penyegar, face toner juga memiliki banyak fungsi lainnya yang baik untuk kulit wajah. Itulah mengapa face toner menjadi produk yang wajib kamu miliki. Yuk, cari tahu di sini.

Apa Itu Face Toner?

Face toner adalah cairan berbahan dasar air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah-masalah tertentu di kulit wajah. Toner merupakan langkah kedua dalam proses pembersihan wajah. Bila digunakan dengan cara yang benar, toner bisa membantu menghilangkan kelebihan minyak pada wajah serta sel kulit mati yang mungkin saja masih menempel di wajah walaupun kamu sudah mencuci muka.

Fungsi Face Toner

Sayangnya, masih banyak wanita yang jarang menggunakan toner karena menganggapnya hanya sebagai penyegar saja. Padahal, face toner berperan penting dalam perawatan kulit wajah, karena punya fungsi berikut:

1. Mencegah Timbulnya Komedo

Komedo yang muncul di bagian hidung tentunya akan mengganggu dan mengurangi kecantikan wajahmu. Munculnya komedo biasanya disebabkan karena adanya kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori wajah. Nah, toner dapat membantu menghilangkan sisa-sisa pembersih dan kotoran ringan, sehingga wajahmu akan bersih maksimal dan mencegah timbulnya bintik-bintik hitam yang mengganggu tersebut.

2. Membuat Pelembab Mudah Diserap

Face toner disebut juga sebagai penyegar bukan tanpa sebab. Nyatanya, setelah menggunakan toner, kulit wajahmu akan terasa lebih segar sehingga membuat pelembab lebih mudah dan cepat diserap oleh kulit. Namun, hal ini hanya berlaku untuk jenis kulit yang lembab karena kulit lembab dapat menyerap produk lebih baik dari kulit kering.

3. Menyeimbangkan pH Kulit

Menggunakan toner setelah menggunakan pembersih wajah dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kamu. PH adalah ukuran untuk menunjukkan tingkat keasaman kulit yang dihitung mulai dari skala 0-14, dengan tingkat netral berada pada skala 7. Menjaga pH kulit tetap seimbang sangat penting agar kulit wajah tidak mudah mengalami infeksi, sehingga wajah pun dapat tampak lebih cerah dan mulus.

4. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori wajah yang membesar membuat kotoran, minyak dan racun dapat dengan mudah masuk ke dalam kulit dan menyebabkan iritasi, bahkan infeksi. Hal ini juga lah yang memicu timbulnya jerawat dan komedo pada wajahmu. Nah, membersihkan wajah dengan menggunakan toner secara rutin mampu mengecilkan dan mengencangkan pori-pori kulit wajahmu, sehingga minyak dan racun lebih susah dan jarang masuk ke dalam kulit.

5. Melembabkan dan Menutrisi Kulit

Selain sebagai penyegar, toner juga dapat melembabkan kulit dengan cara memberikan asupan air yang cukup pada kulit sehingga kulit dapat tetap halus, lembab, terasa kenyal, dan tampak lebih muda. Kulit wajah yang rehidrasi dengan baik akan terhindar dari penuaan dini dan dapat membuat makeup menempel dengan sempurna pada wajah. Beberapa produk toner juga mengandung vitamin dan nutrisi penting lainnya yang dapat menyehatkan kulit.

6. Membantu Mengatasi Masalah Kulit Tertentu

Sekarang ini sudah tersedia berbagai macam toner dengan formula khusus yang membantu mengatasi masalah yang lebih spesifik pada kulit wajah. Beberapa kandungan yang biasanya ditemukan dalam toner, antara lain eucalyptus yang mampu menenangkan kulit wajah, asam hyaluronic dan natrium PCA yang dapat mengontrol minyak dan melembabkan, witch hazel yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat, ekstrak ginseng yang merangsang sirkulasi darah, dan ekstrak buah elderberry yang memberikan manfaat anti-oksidan.

Nah, itulah 6 fungsi face toner untuk kulit wajah. Bila kamu mengalami masalah seputar kecantikan kulit wajah, coba tanyakan saja pada dokter kulit lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: