15 February 2019

6 Hal yang Mesti Dilakukan Sebelum Jalani Proses CT Scan

6 Hal yang Mesti Dilakukan Sebelum Jalani Proses CT Scan

Halodoc, Jakarta - Pemindaian tomografi terkomputerisasi atau CT menggabungkan serangkaian gambar dengan teknologi sinar-X yang diambil dari berbagai sudut di sekitar tubuh dan menggunakan pemrosesan komputer untuk membuat irisan tulang, pembuluh darah, dan jaringan lunak pada tubuh. Gambar hasil dari pemeriksaan CT scan memberikan informasi yang lebih jelas dan akurat dibandingkan dengan sinar-X biasa.

Pemeriksaan kesehatan ini memiliki banyak kegunaan, tetapi cocok untuk pemeriksaan seseorang yang mengalami cedera internal akibat kecelakaan mobil atau jenis trauma lainnya. Tes ini digunakan untuk memvisualisasikan hampir semua bagian tubuh untuk mendiagnosis penyakit atau cedera serta merencanakan perawatan medis, bedah, atau radiasi.

Lalu, apa saja hal yang mesti kamu lakukan sebelum menjalani proses pemeriksaan CT scan?

  • Puasa

Kamu disarankan untuk tidak makan dan minum selama beberapa jam sebelum pengambilan gambar dilakukan. namun, biasanya hal ini bergantung pada dokter dan petugas di tempat kamu melakukan pemeriksaan. 

Baca juga: Kondisi Kesehatan Ini Bisa Diketahui Lewat CT Scan

  • Pakaian

Selain tidak makan selama beberapa jam sebelum proses pengambilan gambar, kamu akan diminta untuk melepaskan semua pakaian yang kamu kenakan dan menggantinya dengan pakaian khusus yang dipinjamkan dari rumah sakit. Biasanya, pakaian ini lebih longgar dibandingkan pakaian yang kamu kenakan, agar tidak mengganggu proses pemeriksaan.

  • Melepas Semua Perhiasan

Lalu, lepaskan pula semua perhiasan yang kamu kenakan, mulai dari cincin, anting, kalung, hingga jam tangan. Letakkan pula kaca mata dan ponsel. Kamu benar-benar tidak mengenakan benda logam apa pun ketika melakukan proses pemindaian dengan CT scan.

  • Alergi

Penting untuk memberitahukan pada dokter jika kamu memiliki riwayat alergi. Pasalnya, material yang digunakan dalam proses pemindaian ini menyebabkan alergi pada beberapa orang. Beritahukan jika kamu memiliki masalah pada ginjal, sedang konsumsi obat-obatan tertentu untuk diabetes. Dokter akan membuat pengaturan baru terkait riwayat kesehatan kamu.

Baca juga: MSCT Lebih Canggih dari CT Scan?

  • Ibu Hamil

Aturan berikutnya yang mesti diperhatikan adalah jika kamu sedang dalam kondisi hamil, terutama hamil muda. Beritahukan segera kondisi kesehatan kamu kepada dokter atau petugas rumah sakit. Pasalnya, CT scan tidak dianjurkan untuk wanita hamil, kecuali jika memang berada dalam keadaan darurat. Sinar-X mungkin akan memberikan dampak negatif pada janin yang ada di dalam kandungan.

  • Hal Lainnya

Pewarna khusus yang disebut bahan kontras dapat diperlukan dalam proses pemeriksaan untuk membantu menyoroti area tubuh yang sedang diperiksa. Bahan ini menghalangi sinar-X dan akan menampilkan gambar putih, yang dapat membantu menekan pembuluh darah, usus, atau beberapa organ lainnya.

Bahan kontras ini diberikan melalui mulut jika bagian esofagus atau perut yang mengalami pemindaian. Bisa juga melalui injeksi melalui vena di lengan untuk membantu bagian kantung empedu, saluran kemih, hati, atau pembuluh darah lebih menonjol pada gambar. Terakhir melalui enema atau rektum untuk membantu memvisualisasikan bagian usus.

Baca juga: 7 Jaringan Tubuh yang Bisa Dideteksi Kelainannya dengan MSCT

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu lakukan dan perhatikan sebelum menjalani prosedur CT scan. Jika belum jelas, kamu bisa menanyakan pada dokter terkait proses ini. Lebih mudahnya pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu cukup download aplikasi Halodoc di ponsel dan pilih layanan Tanya Dokter. Mudah bukan?