29 May 2019

6 Tips Jitu Terhindar dari Hipnotis saat Mudik

6-tips-jitu-terhindar-dari-hipnotis-saat-mudik-halodoc

Halodoc, Jakarta – Libur lebaran sebentar lagi tiba! Bagi kamu yang akan mudik pada lebaran kali ini, rasanya pasti sudah tidak sabar deh untuk berlibur dan bertemu dengan orang-orang terkasih. Selain menjaga kesehatan tubuh, kamu sebaiknya juga berhati-hati ya saat mudik. Apalagi bagi kamu yang mudik dengan menggunakan transportasi umum.

Pasalnya, padatnya arus mudik ini sering dimanfaatkan oleh orang-orang jahat untuk melangsungkan niat jahatnya. Contohnya, hipnotis. Nyatanya, setiap tahun, pasti ada saja kabar tentang pemudik yang kehilangan hartanya akibat dihipnotis. Lalu, bagaimana caranya agar bisa terhindar dari hipnotis saat mudik? Perhatikan tips-tips jitu berikut.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Kalau Mudik dengan Transportasi Umum

Biasanya, pelaku hipnotis melancarkan serangannya dengan berbagai cara, ada yang dengan menepuk punggung, ada yang dengan mengajak berbicara, ataupun memberi makanan dan minuman yang berisi obat bius.

Hipnotis dengan Berbagai Modus

Namun, kebanyakan kasus hipnotis yang terjadi adalah berupa penipuan yang dikombinasikan dengan modus lain, seperti copet. Ini karena hipnotis tidak bisa memaksa orang-orang untuk melakukan sesuatu di luar kehendaknya.

Sebelum mengetahui tips-tips menghindari hipnotis, ada baiknya kamu ketahui dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan hipnotis. Hipnotis atau hipnosis adalah sebuah seni untuk menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata atau kalimat verbal ke dalam diri seseorang, sehingga orang tersebut bisa tergerak atau termotivasi untuk melakukan pesan yang dimaksud. Namun, pesan tersebut tidak akan diproses bila bertentangan dengan nilai dan sistem kepercayaan orang tersebut.

Nah, supaya kamu bisa terhindar dari hipnotis, berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan:

1. Selalu Waspada di Tempat Umum

Saat mudik, selalu waspadalah bila sedang berada di tempat umum, seperti terminal atau stasiun. Karena di tempat-tempat seperti itulah, pelaku kejahatan biasanya mengincar. Para pelaku hipnosis tahu persis bahwa saat mudik, kamu membawa banyak perhiasan atau barang yang tidak sedikit untuk keluarga di kampung halaman.

Karena itu, jangan mudah tergiur dengan tawaran apapun dari orang asing. Sebaliknya, fokuskan perhatian kamu hanya pada tujuan mudik saja, yaitu untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

2. Jangan Tertipu oleh Penampilan Luar

Jangan kira pelaku hipnotis adalah orang-orang yang berpenampilan lusuh dan terlihat mencurigakan. Nyatanya, pelaku kejahatan juga bisa memiliki penampilan yang meyakinkan dan “menyamar” menjadi, seperti eksekutif atau orang kaya, lho. Jadi, jangan tertipu oleh penampilan luar seseorang, melainkan tetaplah waspada terhadap orang asing yang mendekati kamu.

3. Hindari Terlarut dalam Pembicaraan Panjang Lebar

Bila ada orang asing mendekati kamu saat mudik, lalu bertanya-tanya dan memulai pembicaraan, sebaiknya sebisa mungkin jawab tanpa panjang lebar atau tidak terlibat sama sekali. Ingat pertanyaan yang diajukan pelaku hipnotis seringkali memancing empati, sehingga kamu akan terlarut di dalamnya. Segera putuskan komunikasi apabila terlanjur terlibat dan menjauh pergi dari orang tersebut, tapi tentunya lakukan hal tersebut dengan sopan.

4. Jangan Bengong!

Hindari sering-sering melamun saat mudik! Pasalnya, kondisi pikiran yang kosong juga bisa membuat kamu mudah dihipnotis. Jadi, usahakan agar pikiran dan tubuh kamu tetap dalam keadaan siaga. Dengan demikian, bila ada orang yang ingin menghipnotis dengan cara menepuk, kamu bisa dengan mudah mengelak atau bahkan menepuk balik. Nah, daripada melamun, lebih baik kamu mengisi waktu luang saat mudik dengan membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton video.

Baca juga: 6 Persiapan untuk Berkendara Jauh Saat Mudik

5. Berdoa

Bila kamu terlanjur larut dalam pembicaraan panjang dengan seorang asing dan sulit keluar dari pembicaraan tersebut, sebisa mungkin tingkatkan kewaspadaan diri dengan cara berdoa dalam hati. Ini bisa menjaga konsentrasi dan kesadaran agar tetap normal.

6. Tolak Makanan dan Minuman dari Orang Asing

Bila dalam perjalanan mudik, ada seorang asing yang menawarkan makanan atau minuman pada kamu, sebaiknya tolak dengan sopan. Ini karena banyak kejadian hipnotis adalah berupa pembiusan melalui makanan atau minuman dari orang asing.

Baca juga: Hipnoterapi untuk Atasi Depresi, Perlukah?

Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk menghindarkan kamu dari tindak kejahatan hipnotis saat mudik, ya. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu sekeluarga selama mudik. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.