6 Tips Mengatasi Kulit Kering Bagi Pria saat Puasa

6 Tips Mengatasi Kulit Kering Bagi Pria saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Bukan cuma kaum hawa saja yang akan merasa resah ketika masalah kulit menyerang. Sebab, para pria juga akan merasa risih ketika mesti berhadap dengan masalah kulit. Dari banyaknya masalah kulit ini, kulit kering merupakan salah satu keluhan yang sering dialami banyak orang.

Nah, di bulan puasa ini enggak usah heran bila kondisi vitalitas kulit akan sedikit menurun ketika menjalan ibadah puasa. Misalnya, kulit terlihat menjadi kering. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi kulit kering pada pria di bulan puasa?

Baca juga: 6 Hal yang Bikin Kulit Kusam dan Enggak Glowing

1. Atur Suhu Ruangan

Melansir Men’s Health, kulit kita akan terganggu ketika suhu udara dingin. Udara yang dingin ini akan menyedot kelembapan kulit, sehingga menyebabkan retakan di lapisan terluarnya. Kata ahli dari Departemen Dermatologi di Mount Sinai Hospital, ujung-ujungnya hal ini bisa membuat kulit mulai rusak dan mengelupas. 

2. Cukupi Kebutuhan Tidur

Saat menjalani ibadah puasa, tak sedikit orang yang mengalami kurang tidur. Padahal, tidur banyak menyimpan manfaat bagi kesehatan kulit. Kata ahli sekaligus pendiri pendiri The Sleep School, seperti dikutip dari Telegraph, tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan dan menghilangkan racun dari kulit. 

Enggak cuma itu, kurang tidur juga bisa meningkatkan hormon kortisol yang memperburuk kondisi inflamasi kulit. Pendek kata, kurang tidur yang berlangsung lama,  ujung-ujungnya bisa memengaruhi kesehatan kulit.

3. Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi di siang atau sore hari di bulan puasa memang akan membuat tubuh terasa lebih segar. Namun, cobalah jangan mandi terlalu lama juga bisa membuat kulit menjadi kering, apalagi bila menggunakan air panas. Selain itu, sebaiknya mandi enggak lebih dari lima menit.

Pasalnya, semakin lama kulit berkontak dengan air, larutan lemak dalam kulit bisa semakin larut, sehingga membuat kulit menjadi kering. Padahal, lemak inilah yang bisa menjaga kelembapan kulit.

Ketika kulit mengering, fungsi kulit sebagai lapisan pelindung bisa terganggu. Alhasil, bisa membuat sel-sel kulit menjadi rapuh, sehingga bakteri dengan mudah bisa masuk dan menimbulkan keluhan.

Baca juga: Alasan Pria Juga Butuh Perawatan Wajah

4. Pilih Sabun yang Tepat

Meski sabun bisa membersihkan kulit dari bakteri, debu, hingga kotoran lainnya, tapi ada juga beberapa jenis sabun tertentu yang sebenarnya enggak baik untuk kesehatan kulit. Misalnya, sabun yang memiliki pH tinggi yang bisa mengganggu lapisan luar kulit, sehingga menyebabkan peradangan dan kekeringan. Alternatifnya, gunakanlah sabun dengan pH yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Bila masih bingung memilihnya, cobalah untuk meminta saran dari dokter kulitmu.

5. Gunakan Pelembab/ Moisturizer

Moisturizer amat membantu kulit untuk menjaga kelembapan dan melindunginya dalam waktu yang lama. Namun, bila wajahmu berjerawat pilihlah pelembap kulit dengan cermat. Kata ahli, kondisi kulit yang berjerawat sebaiknya menggunakan moisturizer dengan kandungan glycolic acid atau salicylic acid. Selain membantu melembapkan kulit, kedua bahan itu juga baik untuk mengatasi jerawat.

Agar hasilnya maksimal, gunakanlah pelembap kulit selagi kulit masih basah. Misalnya, setiap setelah mandi atau membersihkan muka. Kondisi kulit yang masih agak basah, bisa membantu moisturizer menembus kulit sehingga lebih efektif untuk memperbaiki dan membantu mencegah pengelupasan lebih lanjut.

Baca juga: Ini Akibat Terlalu Sering Mencuci Muka

6. Cukupi Kebutuhan Cairan

Ketika berpuasa banyak orang yang sepertinya menyampingkan kebutuhan cairan tubuh. Nah, kondisi inilah yang akan membuat kulit kering dan kusam. Sebab, masalah kulit kering pada dasarnya disebabkan akibat kurangnya cairan pada lapisan luar kulit.

Biasanya, lengan tangan dan kaki merupakan bagian kulit yang paling rentan mengalami masalah ini. Maka dari itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi selama berpuasa.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!