17 September 2018

8 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan

Manfaat pepaya,  Manfaat buah pepaya, pepaya untuk kecantikan

Halodoc, Jakarta - Buah pepaya adalah salah satu buah yang umum ditemukan di pasar dan juga supermarket. Umumnya, orang-orang mengetahui manfaat dari buah pepaya adalah untuk melancarkan pencernaan. Ternyata, buah ini mempunyai manfaat yang baik untuk kecantikan.

Buah pepaya memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin C, asam pantotenik, asam folat, dan likopen yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan yang paling banyak pada buah pepaya adalah vitamin C. Jumlah vitamin C pada 100 gram buah pepaya dapat memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh selama sehari.

Selain itu, buah pepaya juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat lainnya, seperti pro vitamin A, beta karoten, niacin, folat, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, polifenol, danielone, kalium, magnesium, kalsium, enxim papain, dan sebagainya.

Karena ini, banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak pepaya pada kandungannya. Jika kamu menggunakan produk kecantikan yang mengandung ekstrak pepaya, cobalah sesekali untuk mencoba manfaat langsung dari buah pepaya untuk kecantikan kamu. Manfaat pepaya untuk kecantikan di antaranya adalah:

  1. Mencegah Jerawat

Salah satu manfaat pepaya adalah mencegah jerawat. Jerawat dapat timbul karena berbagai hal, seperti tumbukan sel kulit mati, kadar minyak berlebih pada wajah, sumbatan kotoran di pori kulit wajah, dan lain-lain.

Salah satu faktor utama untuk menghindari timbulnya jerawat yaitu rutin membersihkan bagian kulit wajah menggunakan bahan-bahan yang sifatnya dapat menyerap kotoran dan menutrisi kulit wajah. Salah satu cara mencegah jerawat adalah campuran pepaya dan larutan teh hijau.

  1. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan kulit adalah salah satu manfaat pepaya. Vitamin pada pepaya dapat membantu mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati. Hal tersebut dapat memberikan efek relaks, sehat, cerah, dan segar. Caranya yaitu dengan menggunakan masker pepaya selama 20 menit lalu bilas hingga bersih dengan air dingin.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Jerawat

Manfaat pepaya lainnya yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Apabila wajah kamu telah dipenuhi dengan jerawat, penggunaan masker pepaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat tersebut. Kandungan air pada buah pepaya dapat membantu mengecilkan jerawat.

Selain itu, kandungan nutrisi pepaya juga mempunyai manfaat yaitu dapat membantu meredakan radang yang terjadi akibat timbulnya jerawat.

  1. Mencegah Tanda Penuaan

Mencegah tanda penuaan merupakan manfaat pepaya lainnya. Kandungan vitamin A pada pepaya dapat meluruhkan sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembut serta lentur. Kandungan pada pepaya yaitu AHA dapat membantu membersihkan sel kulit mati, serta menghilangkan kerutan di wajah dan garis halus di kulit. Vitamin C dan E pada pepaya dapat meremajakan kulit dan membantu kamu untuk memiliki kulit yang tampak lebih muda.

  1. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat pepaya yang kelima yaitu melembapkan kulit wajah. Kulit wajah yang lembap cenderung terlihat jauh lebih sehat dan lebih cantik. Beberapa wanita rela menghabiskan uang untuk membeli produk pelembap kulit yang sebenarnya bisa didapatkan dengan menggunakan masker pepaya.

Menggunakan masker pepaya secara rutin menyebabkan wajah tidak kekurangan nutrisi dan cairan. Pun, wajah juga menjadi tidak mudah kering dan terlihat lembab lebih lama.

  1. Menghilangkan Noda dan Flek Hitam pada Wajah

Manfaat pepaya lainnya yaitu dapat membantu untuk menghilangkan noda dan flek hitam pada wajah. Noda dan flek hitam pada wajah acap kali menyebabkan rasa tidak percaya diri. Untuk menghilangkannya, kamu dapat menggunakan masker wajah secara rutin setiap dua hari sekali.

  1. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Manfaat pepaya yang ketujuh yaitu dapat mengecilkan pori-pori. Pori-pori wajah yang besar dapat menjadi tempat kotoran, debu dan polusi menumpuk sehingga akan membuat kulit menjadi mudah berjerawat dan kusam. Caranya yaitu dengan menggunakan masker pepaya.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Menjaga kesehatan kulit kepala adalah salah satu manfaat pepaya. Pepaya memiliki banyak mineral dan vitamin yang dapat membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan bahan kimia yang menempel. Selain itu juga dapat menutrisi kulit kepala sehingga tidak kering dan berketombe.

Caranya yaitu dengan mengoleskan daging buah pepaya yang telah dihaluskan dan diusap ke kulit kepala. Setelah beberapa lama cucilah kepala, sehingga tidak ada sisa buah pepaya di kepala.

Berikut adalah 8 manfaat pepaya untuk kecantikan. Untuk kamu yang ingin berdiskusi masalah kecantikan wajah, Halodoc menyediakan layanan Chat atau Voice/Video Call dengan dokter-dokter tepercaya. Ayo, download aplikasi Halodoc di Apps Store dan Play Store!

Baca juga: