23 October 2018

7 Perawatan Skleroderma di Rumah

7 Perawatan Skleroderma di Rumah

Halodoc, Jakarta - Skleroderma adalah sebuah kondisi yang terjadi pada jaringan ikat kulit, pembuluh darah, dan organ dalam. Kondisi ini dapat menyebabkan pengerasan dan penebalan pada kulit dan masalah pada organ tubuh. Hal ini terjadi karena sistem imunitas tubuh menyerang jaringan ikat, sehingga kulit menjadi mengeras.

Ketika skleroderma terjadi pada organ dalam tubuh, contohnya timbulnya jaringan parut di paru-paru atau ginjal, pengerasan pembuluh darah yang membuat kerusakan jaringan, dan tekanan darah menjadi tinggi. Kelainan gen dan faktor lingkungan dipercaya sebagai penyebab penyakit ini menjangkiti seseorang.

Skleroderma pada umumnya terjadi karena produksi kolagen yang berlebih oleh tubuh. Kolagen adalah jaringan yang mempunyai serat dan berfungsi untuk membentuk sebagian besar jaringan tubuh yang saling terhubung, seperti kulit.

Kolagen yang berlebih membuat kulit menjadi kencang dan kental, sehingga melukai paru-paru dan ginjal. Hal ini juga dapat menyebabkan penebalan dan gangguan pada pembuluh darah, dan parahnya menyebabkan hipertensi dan kerusakan jaringan.

Sejauh ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan skleroderma, tetapi pengidapnya masih dapat tetap beraktivitas dengan produktif. Seseorang yang mengidap skleroderma dapat mengendalikan gejalanya dengan melakukan pengobatan dan terapi.

Meski begitu, ketika kamu mengidap skleroderma, terdapat beberapa perawatan yang dapat dilakukan di rumah untuk meringankan penyakit ini, yaitu:

  1. Bawang Putih

Salah satu cara untuk merawat skleroderma yaitu dengan bawang putih. Caranya bukan dengan mengonsumsi bawang putih, karena pengidap skleroderma dilarang untuk memakannya. Namun, oleskan bawang putih pada kulit yang terkena penyakit ini, hal ini dapat membuat kulit tersebut menjadi lembut. Gosok potongan-potongan pada kulit selama setengah jam.

Selain itu, kamu dapat menyiapkan teh bawang putih. Cara membuatnya yaitu dengan merebus beberapa siung bawang putih di dalam air, lalu seduh campurannya. Setelah itu, gunakan kain untuk mengaplikasikannya pada kulit.

  1. Bawang Bombay

Perlu selalu diingat, jika kamu mengidap skleroderma, jangan pernah mengonsumsi berbagai jenis bawang. Gunakanlah bawang bombay untuk mengoles bagian yang terkena dampak skleroderma seperti bawang putih.

Cara pengaplikasian untuk melunakkan bagian kulit yang mengeras adalah pertama-tama potong bawang bombay menjadi setengah. Lalu, oleskan pada kulit yang mengeras dan pijat bawang dengan penuh perasaan selama 30 menit setiap hari.

  1. Lemon

Perawatan skleroderma lainnya yang dapat dilakukan di rumah yaitu dengan menggunakan lemon. Kamu dapat mengaplikasikan lemon langsung pada kulit yang mengeras. Kamu harus melakukan hal ini tiga kali sehari dengan rentang waktu 10-15 menit.

Kamu juga dapat mencampurnya dengan madu, lalu oleskan campuran tersebut dengan bola kapas pada kulit yang mengalami skleroderma. Lemon dapat membantu menghilangkan radikal bebas, sedangkan madu bersifat emolien alami yang ketika dicampur dapat melunakkan kulit yang mengeras.

  1. Kunyit

Salah satu bahan yang dapat mengurangi efek dari skleroderma adalah kunyit. Caranya yaitu pertama-tama tambahkan dua sendok teh kunyit ke secangkir air, kemudian aduk hingga menyerupai pasta. Lalu, celupkan bola kapas ke adukan tersebut dan oleskan pada kulit selama 20 hingga 25 menit setiap hari. Setelahnya mungkin akan tertinggal noda. Coba pertimbangkan untuk menggunakan bubuk kunyit secara langsung. Selain itu, kamu juga dapat mengobati skleroderma dengan cara mengonsumsi kunyit dicampur dengan segelas susu dan lakukan dua kali sehari.

  1. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik dapat membuat kamu tetap sehat dan bugar. Hal ini juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kekakuan pada anggota tubuh. Selain itu, berolahraga dapat menjadi cara paling ampuh untuk menjaga skleroderma pada kulit.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika kamu telah mengidap skleroderma, ada baiknya menghentikan kebiasaan merokok. Namun, jika kamu tidak merokok dan ingin menghindari skleroderma, cobalah untuk menghindar dari orang-orang yang sedang merokok. Merokok dapat mengecilkan pembuluh darah secara permanen dan meningkatkan ancaman pada skleroderma.

  1. Melindungi Kulit

Skleroderma adalah penyakit yang memengaruhi kulit. Maka dari itu, kamu harus selalu melindungi kulit. Selain itu, ketika kolagen terlalu banyak dapat berakibat pada penghancuran keringat dan kelenjar minyak juga merusak keseimbangan kulit.

Itulah 7 perawatan skleroderma di rumah. Jika kamu mempunyai pertanyaan seputar skleroderma, dokter-dokter dari Halodoc siap membantu. Hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu.

Baca juga: