8 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
8-cara-mengatasi-sakit-pinggang-saat-puasa-halodoc

Halodoc, Jakarta – Ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan seharusnya membuat orang yang menjalaninya menjadi sehat. Menurut beberapa penelitian, beristirahatnya usus dari mengelola makanan dan minuman, terutama dari makanan yang berat-berat saat puasa bisa memberikan banyak dampak baik untuk kesehatan.

Namun kenyataannya, ada banyak juga masalah kesehatan yang bisa terjadi selama berpuasa. Salah satunya adalah sakit pinggang. Ini tentu akan membuat kamu merasa tidak nyaman saat berpuasa. Karena itu, yuk ketahui cara mengatasi sakit pinggang saat puasa di sini.

Sakit pinggang saat puasa biasanya disebabkan, karena kurangnya asupan cairan. Air sangat penting untuk tubuh karena dibutuhkan untuk melumasi tulang, otot, dan sendi, sehingga dapat bergerak dengan lentur.

Kekurangan cairan bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, sehingga saat duduk terlalu lama, pinggang akan terasa tidak nyaman akibat otot dan sendi yang kurang “pelumas”. Selain kurang cairan, jarang bergerak juga bisa menyebabkan kamu mudah mengalami sakit pinggang.

Baca juga: 3 Penyebab Nyeri Punggung yang Jarang Diketahui

Nah, untuk mengatasi sakit pinggang saat puasa, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Beristirahat yang cukup dan makan makanan bergizi agar daya tahan tubuh tetap terjaga saat puasa.

2. Batasi aktivitas fisik yang bisa memperparah sakit pinggang, seperti membungkuk, mengangkat beban berat, atau berolahraga terlalu berlebihan.

3. Usahakan untuk mengonsumsi air putih minimal dua liter dalam sehari. Kamu bisa menggunakan rumus 2–4–2, yaitu satu gelas pada saat jam berbuka puasa dan satu gelas lagi setelah ibadah salat Maghrib, atau sebelum kamu salat Tarawih. Sedangkan empat gelas sisanya, bisa kamu sesuaikan waktunya dari setelah salat Tarawih sampai malam hari dan dua gelas saat jam sahur.

4. Jangan menahan keinginan untuk buang air kecil.

5. Hindari memijat atau mengurut bagian pinggang yang sakit.

6. Jangan malas bergerak. Setelah duduk cukup lama saat bekerja, usahakan untuk mengambil istirahat sebentar untuk meregangkan otot-otot tubuh. Kamu juga bisa jalan-jalan sebentar untuk melemaskan otot tubuh.

Baca juga: Duduk Terlalu Lama, Mungkin Ini Penyebab Utama Sakit Pinggang

7. Cara lainnya yang juga ampuh untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan kompres dingin dan kompres panas. Kompres bagian pinggang yang sakit dengan kompres dingin selama 1–2 hari untuk meredakan rasa nyeri. Setelah lewat dua hari, kamu bisa beralih ke kompres panas, kemudian oleskan balsam bila kamu suka.

8. Berendam air hangat juga ampuh meredakan sakit pinggang yang kamu alami saat puasa. Saat berendam dengan air hangat, saraf dan otot yang tegang akan mengendur sehingga membuat kamu menjadi lebih rileks. Enggak hanya itu, berendam air hangat juga bisa melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormone dopamine untuk melawan stres dalam tubuh. Itulah sebabnya, berendam air hangat menjadi obat sakit pinggang alami yang paling ampuh.

Bila cara-cara di atas tidak mampu mengatasi sakit pinggang yang kamu alami dan malah semakin parah, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar bisa diketahui penyebabnya. Selain pemeriksaan fisik, dokter mungkin juga akan menganjurkan tes penunjang, seperti tes urine, X-ray, dan lain-lain. Dengan mengetahui penyebabnya, maka dokter bisa memberikan penanganan yang tepat.

Baca juga: 8 Cara Simple Hindari Sakit Punggung

Untuk membeli obat pereda nyeri atau salep pelega otot, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Kamu enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.