09 December 2018

9 Cara Mengatasi Rabun Jauh Secara Alami

9 Cara Mengatasi Rabun Jauh Secara Alami

Halodoc, Jakarta –  Rabun jauh adalah penyebab gangguan penglihatan yang paling umum pada orang di bawah usia 40 tahun. Jika kamu mengidap rabun jauh, maka biasanya akan mengalami kesulitan membaca dari kejauhan, seperti rambu-rambu jalan, tetapi dapat melihat dengan baik untuk pandangan dekat. Tanda dan gejala rabun jauh lainnya adalah menyipitkan mata, ketegangan mata, dan sakit kepala. Merasa lelah ketika mengemudi atau olahraga juga bisa menjadi gejala rabun jauh yang tidak dikenali.

Rabun jauh terjadi ketika bola mata terlalu panjang dan punya masalah pada kekuatan fokus kornea dan lensa mata. Hal ini menyebabkan sinar cahaya untuk fokus pada titik di depan retina, bukan langsung di permukaannya. Rabun jauh juga dapat disebabkan oleh kornea dan / atau lensa yang terlalu melengkung karena panjang bola mata. Malahan dalam beberapa kasus, rabun jauh disebabkan oleh faktor-faktor keturunan di mana memiliki orangtua yang memiliki rabun jauh atau riwayat kesehatan masalah lainnya.

Kamu tidak dapat mencegah rabun jauh. Beberapa studi menunjukkan bahwa kamu mungkin dapat memperlambat perkembangannya dan mengatasi rabun jauh dengan melakukan tips berikut ini:

1. Rutin Memeriksakan Mata

Segera pergi ke dokter jika mengalami keluhan pada mata.

2. Mengontrol Kondisi Kesehatan Kronis

Kondisi tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi dapat memengaruhi penglihatan jika kamu tidak menerima perawatan yang tepat.

3. Lindungi Mata dari Sinar UV Matahari

Pakai kacamata hitam yang menghalangi radiasi ultraviolet (UV).

4. Mencegah Cedera Mata

Kenakan kacamata pelindung ketika melakukan hal-hal tertentu, seperti bermain olahraga, memotong rumput, melukis, ataupun menggunakan produk lain dengan asap beracun.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Cobalah untuk makan banyak sayuran hijau, sayuran, dan buah-buahan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesehatan mata akan terjaga jika kamu juga memasukkan menu makanan sehat dalam diet termasuk ikan dengan asam lemak omega-3, contohnya tuna dan salmon.

6. Berhenti Merokok

Merokok telah terbukti berdampak negatif pada kesehatan, salah satunya menurunkan kesehatan mata.

7. Gunakan Lensa Korektif yang Tepat

Lensa yang tepat mengoptimalkan penglihatan. Mengikuti pemeriksaan mata yang tepat sesuai dengan ketentuan medis dapat memastikan kamu mendapatkan resep kacamata yang benar. Ada bukti bahwa memakai resep yang tidak tepat dapat meningkatkan pengembangan rabun jauh.

8. Gunakan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik dapat membantu memperbaiki kualitas penglihatan yang baik. Salah satunya adalah dengan membaca di tempat yang terang.

9. Istirahatkan Mata untuk Cegah Mata Lelah

Atur jarak dan durasi pandang dengan komputer atau saat mengerjakan tugas termasuk membaca setiap 20 menit.  

Jika kamu mengalami gejala-gejala, seperti tiba-tiba kehilangan penglihatan pada satu mata dengan atau tanpa rasa sakit, pandangan mengabur tiba-tiba, penglihatan ganda atau kamu melihat kilatan cahaya, dan bintik-bintik hitam atau lingkaran cahaya disekitar lampu, maka besar kemungkinan ini adalah kondisi medis atau mata yang serius.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak cara mengatasi rabun jauh secara alami serta penanganan dan pencegahan yang lebih spesifik, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: