• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe?

Adakah Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Rambut menjadi bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Tidak hanya terlihat menarik, rambut yang sehat juga meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Banyak gangguan rambut yang bisa terjadi, sehingga dibutuhkan perawatan rambut yang tepat untuk mengatasinya. 

Baca juga: Jangan Salah, Ini 6 Fakta Ketombe yang Harus Diketahui

Ketombe menjadi salah satu gangguan pada rambut yang tentu akan membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Ketombe adalah serpihan kulit berwarna putih atau keabuan yang dapat muncul pada rambut. Meskipun bukan penyakit yang serius, kamu yang memiliki ketombe dapat mengalami penurunan rasa percaya diri. 

Cara Ampuh untuk Hilangkan Ketombe

Ketombe umumnya disebabkan karena pertumbuhan dan kerontokan sel kulit yang terlalu cepat. Kondisi ini dipengaruhi adanya gangguan kelenjar penghasil minyak pada kulit kepala. Gangguan ini menyebabkan kulit kepala menghasilkan minyak pada kulit kepala secara berlebihan. 

Ketombe menjadi gangguan kesehatan pada rambut yang tidak dapat menular. Namun, sebaiknya atasi masalah ketombe yang dialami agar rambut kembali menjadi sehat, dengan cara:

1. Tepat Menggunakan Sampo

Dilansir dari American Academy of Dermatology, penggunaan sampo anti ketombe dan perawatan kulit kepala menjadi cara terbaik untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut. Sebaiknya perhatikan sampo anti ketombe yang kamu gunakan. Sampo anti ketombe memiliki beragam jenis yang memiliki kandungan berbeda. Perhatikan juga cara memakai sampo anti ketombe dengan tepat agar masalah ketombe dapat teratasi dengan efektif. 

2. Masker Rambut dengan Bahan Alami

Selain penggunaan sampo anti ketombe, kamu bisa melakukan perawatan rambut. Kamu bisa lakukan perawatan sendiri di rumah secara rutin dengan menggunakan masker rambut yang alami. Coba gunakan lemongrass oil atau lidah buaya untuk masker rambut yang berketombe. Dilansir dari Medical News Today, menggunakan masker rambut dengan bahan dasar lemongrass oil membantu mengurangi gangguan ketombe pada rambut. Kamu bisa mencoba beberapa tetes lemongrass oil dengan air hangat atau campur beberapa tetes lemongrass oil dengan bahan lain, misalnya mentimun. Fungsi mentimun bisa digunakan untuk menyegarkan kulit kepala. 

Kamu juga bisa bertanya ke dokter tentang jenis perawatan rambut lainnya yang dapat mengatasi ketombe. Tanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc, membuat konsultasi kesehatan menjadi lebih mudah, kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Ketombe Bandel, Jangan-Jangan Dermatitis Seboroik

3. Batasi Menata Rambut dengan Bahan Kimia atau Pengering Rambut

Demi mendapatkan rambut yang sehat, mulailah untuk membatasi penataan rambut yang menggunakan bahan kimia. Selain itu, hindari terlalu sering menggunakan pengering rambut. Penataan rambut dengan bahan kimia dan pengering rambut dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala yang berpotensi untuk meningkatkan risiko ketombe.

4. Atur Tingkat Stres dalam Tubuh

Banyak dampak buruk yang dapat kamu alami ketika memiliki tingkat stres yang cukup tinggi dalam tubuh, seperti ketombe. Stres tidak berkaitan langsung dengan ketombe, namun tingkat stres yang tinggi sebabkan menyebabkan kulit kepala gatal dan imunitas tubuh menjadi rendah. Sistem imunitas tubuh yang rendah dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi jamur, salah satunya jamur yang menyebabkan ketombe.

Baca juga: Benarkah Ketombe Menjadi Pertanda Alami Stres?

Seseorang yang memiliki ketombe akan merasakan kulit kepala bersisik yang disertai dengan gatal. Tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter dan lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami gatal yang tidak tertahankan pada area kulit kepala, kulit kepala menjadi kemerahan dan bengkak pada area yang gatal. Jangan sepelekan kondisi ketombe yang disertai kerontokan rambut yang cukup parah, dan rasa gatal menyebar pada bagian tubuh lain, seperti telinga, alis, dan hidung.

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. How to Treat Dandruff
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Treat Dandruff
Medical News Today. Diakses pada 2020. 10 Natural Remedies for Dandruff
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Dandruff