Adakah Cara untuk Cegah Hiperparatiroidisme?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Adakah Cara untuk Cegah Hiperparatiroidisme?

Halodoc, Jakarta - Kalsium dan fosfat dapat diseimbangkan kadarnya dengan hormon paratiroid yang diproduksi oleh kelenjar paratiroid. Terdapat gangguan yang dapat menyerang kelenjar paratiroid yang disebut dengan hiperparatiroidisme. Hal tersebut dapat membahayakan pengidapnya.

Jika gangguan ini tidak segera diatasi, beberapa masalah kesehatan mungkin saja terjadi. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hiperparatiroidisme yang terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan pada kelenjar paratiroid tersebut!

Baca juga: Hiperparatiroidisme Juga Bisa Muncul Akibat Gagal Ginjal?

Cara Mencegah Penyakit Hiperparatiroidisme

Kandungan kalsium dan fosfat termasuk zat-zat yang penting pada tubuh. Keduanya dapat membantu tulang dan gigi menjadi keras, membekukan darah pasca cedera, serta menjaga fungsi otot dan saraf. Selain itu, kadar kalsium dan fosfat di dalam aliran darah harus selalu seimbang.

Pada leher setiap orang terdapat empat kelenjar dengan ukuran sebutir beras yang disebut kelenjar paratiroid. Bagian tersebut memproduksi hormon yang dapat membantu untuk menjaga jumlah kalsium dan fosfat agar tetap normal. Jika kelenjar tersebut mengalami gangguan, kamu berarti mengalami hiperparatiroidisme.

Hormon paratiroid yang dihasilkan oleh kelenjar pada leher memiliki beberapa cara untuk meningkatkan kadar kalsium pada tubuh. Caranya yaitu dengan membuat tulang melepaskan beberapa kalsium, lalu menyuruh usus untuk menyerap lebih banyak kalsium, dan ginjal untuk menggunakan lebih banyak kalsium.

Hiperparatiroidisme yang terjadi dapat disebabkan oleh tumor, pembesaran kelenjar, hingga masalah struktural pada kelenjar penghasil hormon paratiroid. Gangguan ini juga mengurangi kalsium pada tulang yang dapat melemahkan. Selain itu, kamu juga dapat mengalami batu ginjal karena penyakit ini.

Baca juga: Hiperparatiroidisme Juga Bisa Mengakibatkan Hiperkalemia

Ternyata, hiperparatiroidisme yang menyerang tubuh kamu tidak dapat dicegah. Hal yang dapat kamu lakukan adalah mencegah agar gangguan tersebut tidak menjadi komplikasi yang berbahaya. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah hiperparatiroidisme menyebabkan komplikasi pada tubuh:

  1. Memantau Konsumsi Kalsium dan Vitamin D

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya hiperparatiroidisme adalah dengan selalu memantau kandungan kalsium dan vitamin D yang terkandung dalam makanan yang kamu konsumsi. Disebutkan bahwa kebutuhan kalsium seseorang dengan usia 19 hingga 50 tahun sekitar 1.000 miligram per hari. Lalu, kebutuhan vitamin D seseorang dengan usia 1 hingga 70 tahun sekitar 600 IU.

Jika kamu mempunyai pertanyaan tentang hipertiroidisme yang dapat melemahkan tulang, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemesanan terhadap pemeriksaan fisik pada rumah sakit yang berafiliasi dengan Halodoc melalui aplikasi tersebut.

  1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Kamu juga dapat mencegah terjadinya hiperparatiroidisme dengan cara menjaga konsumsi cairan pada tubuh agar tubuh tetap terhidrasi. Sebagian besar air yang masuk ke tubuh akan menghasilkan urine yang dapat menurunkan risiko batu ginjal.

Baca juga: Ini Efeknya Tubuh Kekurangan Paratiroid

  1. Berolahraga Secara Teratur

Dengan berolahraga secara teratur kamu dapat membuat tulang yang lebih kuat. Hal tersebut dapat menurunkan kemungkinan terjadinya hiperparatiroidisme. Cobalah untuk berdiskusi dengan dokter tentang olahraga yang tepat untuk dilakukan.

  1. Menghindari Obat Penambah Kalsium

Kamu juga dapat mengalami hiperparatiroidisme yang disebabkan oleh obat penambah kalsium. Kadar kalsium yang berlebih dapat membuat seseorang mengidap gangguan yang dapat disebabkan oleh tumor tersebut. Sebelum mengonsumsi obat tersebut, ada baiknya berdiskusi dengan dokter pribadi kamu.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Hyperparathyroidism
Web MD. Diakses pada 2019. What Is Hyperparathyroidism?