Agar Terhindar dari Sindrom CTS, Ikuti Tips Sederhana Ini

Agar Terhindar dari Sindrom CTS, Ikuti Tips Sederhana Ini

Halodoc, Jakarta – Jika kamu melakukan pekerjaan atau punya hobi yang banyak melibatkan pergerakan tangan, sebaiknya waspada. Gejala seperti kesemutan atau mati rasa pada jari-jari bisa menandakan carpal tunnel syndrome (CTS).

Sindrom CTS disebabkan karena adanya tekanan pada saraf median. Ketika saraf median melewati pergelangan tangan, saraf melewati jalan sempit, yaitu terowongan karpal yang terbuat dari tulang dan ligamen. Apabila pergelangan tangan mengalami pembengkakan, terowongan terjepit dan mencubit saraf median sehingga timbul gejala fisik mengganggu.

Baca Juga : Kenali 5 Hal yang Menyebabkan CTS Carpal Tunnel Syndrome

Tidak ada cara pasti untuk mencegah sindrom CTS. Berita baiknya adalah, ada banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dan mencegah gejala sindrom CTS agar tak memburuk. Di antaranya adalah:

  1. Perhatikan Kekuatan Tangan

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, seringkali kita terbiasa melakukan sesuatu dengan cara tertentu tanpa berpikir risiko bahaya. Kamu mungkin pernah menggunakan kekuatan lebih dari yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, memegang alat terlalu berat atau menekan keyboard komputer terlalu keras. Nah mulai saat ini, sebaiknya perhatikan kekuatan tangan dan hindari aktivitas fisik berat yang memicu ketegangan otot tangan.

  1. Istirahat Sejenak

Istirahat dari pekerjaan untuk menekuk atau meregangkan tangan sangat dianjurkan, setidaknya 10-15 menit setiap jam. Tujuannya untuk melemaskan otot dan saraf tangan, terutama bagi pekerja dengan alat berat yang membutuhkan banyak kekuatan dari tangan.

  1. Rutin Melakukan Peregangan

Saat kamu beristirahat dari aktivitas, cobalah untuk rutin melakukan peregangan tangan. Contoh peregangan sederhana yaitu dengan mengepalkan tangan, kemudian geser jari ke atas hingga lurus. Ulangi proses tersebut sebanyak 5-10 kali. Kamu juga bisa mengepalkan tangan, lalu buka dan regangkan sela-sela jari. Regangkan sejauh yang kamu bisa. Peregangan ini sebaiknya dilakukan sebanyak 5-10 kali.  

Baca Juga : Memegang Mouse Seharian Bisa Sebabkan Carpal Tunnel Syndrome?

  1. Netralkan Pergelangan Tangan

Sebaiknya hindari menekuk pergelangan tangan ke atas atau bawah. Pergelangan tangan dalam posisi lurus dan netral berguna untuk menghilangkan tekanan dari saraf median. Mengenakan penahan pergelangan tangan saat tidur membantu mengurangi tekanan juga. Selain saat tidur, pemakaian penahan pergelangan tangan selama aktivitas juga berguna untuk mencegah gejala sindrom CTS. .

  1. Ganti Posisi Tangan

Cobalah untuk menghindari gerakan tangan yang sama berulang kali. Misalnya, jika kamu memiliki tugas yang selalu dilakukan dengan tangan kanan, beri kesempatan tangan kiri untuk ganti melakukannya.

  1. Perhatikan Postur

Postur yang salah menyebabkan tubuh memutar bahu ke depan. Posisi ini memicu reaksi berantai yang memperpendek otot leher dan bahu, sehingga saraf di leher terasa sakit. Jika kamu bekerja di depan komputer, sebaiknya sesuaikan posisi keyboard agar pergelangan tangan tidak perlu menekuk saat mengetik. Dekatkan siku ke samping saat mengetik.

Baca Juga : Alasan Fisioterapi Bisa Atasi Masalah Saraf Kejepit

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya sindrom CTS. Bila kamu curiga mengidap gejala sindrom CTS, jangan ragu berbicara pada dokter Halodoc. Gunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!