3 Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 April 2024

“Ada beberapa upaya untuk mengatasi sakit gigi di rumah, seperti berkumur dengan air garam, kompres es, dan konsumsi obat pereda nyeri. Contoh obatnya mulai dari Burung Kakak Tua Obat Sakit Gigi 2 ml hingga Enkasari Mouthwash Freshmint 250 ml yang bisa kamu beli di Halodoc.”

3 Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah3 Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Sakit Gigi


Halodoc, Jakarta –  Walaupun terdengar sepele, sakit gigi bisa sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman pengidapnya. Sakit gigi bisa ditandai dengan beberapa gejala. Mulai dari rasa nyeri saat mengunyah, bau busuk di dalam mulut, gusi bengkak, sulit menelan, nyeri telinga, sakit saat membuka mulut, hingga sesak napas.

Untuk kondisi yang tidak cukup parah, kamu bisa melakukan pertolongan pertama, perawatan sakit gigi di rumah. Beberapa pilihan penanganan sakit gigi dapat disesuaikan berdasarkan penyebabnya. 

Seperti apa pertolongan pertama sakit gigi yang bisa dilakukan di rumah? Baca selengkapnya di sini!

Pertolongan Pertama Sakit Gigi

Sakit gigi yang ringan umumnya bisa ditangani dengan perawatan rumahan. Lantas, seperti apa pertolongan pertama sakit gigi bisa dilakukan?

1. Kumur air garam

Cukup larutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kumur dalam mulut selama beberapa saat, fokuskan pada area gigi yang sakit. Kemudian buang air bekas berkumur. Garam yang digunakan menyerap kelembaban dalam mulut, sehingga membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi bakteri. Sebelum berkumur, kamu bisa melakukan flossing alias menarik sisa makanan pada sela-sela gigi menggunakan benang. Selain air garam, kamu juga bisa mengatasi sakit gigi dengan berkumur air hangat atau obat kumut antiseptik yang banyak dijual di pasaran.

Cari tahu juga obat sakit gigi apa saja yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil pada artikel berikut: Ini 5 Pilihan Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

2. Kompres es

Masukkan es ke dalam plastik dan bungkus dengan kain tipis. Tempelkan kompres pada area pipi yang sakit, setidaknya selama 15 menit. Es membuat saraf gigi kebas sehingga rasa ngilu berkurang atau bahkan menghilang.

3. Konsumsi obat pereda nyeri

Coba konsumsi obat yang mengandung antiinflamasi seperti ibuprofen atau aspirin. Selain nyeri kedua obat ini juga bisa mengurangi pembengkakan. Paracetamol juga bisa dijadikan opsi lain karena meskipun kurang efektif dalam mengatasi pembengkakan, obat ini ampuh dalam mengurangi nyeri.

Sediakan stok obat-obat ini di rumah agar jika sewaktu-waktu sakit gigi menyerang bisa langsung diatasi. Selain itu, ada baiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Kapan Sakit Gigi Membutuhkan Perawatan Dokter?

Jika sakit gigi berlangsung lebih dari dua hari dan sakitnya semakin parah, mengalami demam, sakit telinga, atau nyeri saat membuka mulut lebar-lebar, pembengkakan di mulut atau wajah, kamu perlu segera menemui dokter. 

Diagnosis dan pengobatan infeksi gigi yang tepat penting untuk mencegahnya menyebar ke bagian lain dari wajah dan tengkorak, dan bahkan mungkin ke aliran darah.

Sakit gigi bisa sangat tidak nyaman tetapi rasa sakitnya tidak permanen selama dirawat. Dokter gigi dapat menghilangkan rasa sakit dan mencegah infeksi di mulut menyebar ke tubuh.

Penanganan sakit gigi oleh dokter biasanya disesuaikan dengan penyebabnya, contohnya: 

  • Tambal gigi dilakukan jika sakit gigi disebabkan karena gigi berlubang.
  • Perawatan saluran akar gigi (root canal) dilakukan jika akar gigi terinfeksi.
  • Cabut gigi dilakukan jika sakit gigi disebabkan karena pertumbuhan gigi bungsu abnormal. 
  • Obat antibiotik diberikan bila sakit gigi disebabkan oleh infeksi bakteri.

Dokter memulai diagnosis penyebab sakit gigi dengan menanyakan letak nyeri, tingkat keparahan gejala, dan waktu kemunculan rasa nyeri. Lalu, dokter menetapkan diagnosis melalui pemeriksaan gigi, gusi, lidah, sinus, hidung, tenggorokan, hingga leher. Bila dibutuhkan, dokter melakukan foto rontgen gigi dan CT scan sebagai pemeriksaan penunjang.

Sakit gigi juga rentan terjadi pada anak-anak. Oleh karena itu, yuk pelajari penyebab dan cara mengatasinya dengan cek artikel ini: Ibu, Ini 4 Penyebab Sakit Gigi Anak yang Sering Diabaikan

Rekomendasi Obat Sakit Gigi

Selain melakukan langkah-langkah pertolongan di atas, kamu juga dapat minum obat-obatan berikut untuk mengatasi sakit gigi: 

1. Burung Kakak Tua Obat Sakit Gigi 2 ml

Rekomendasi obat sakit gigi yang pertama adalah Burung Kakak Tua Obat Sakit Gigi 2 ml. 

Obat herbal ini dibuat dari minyak cengkeh dan bekerja sebagai antiseptik untuk membasmi kuman penyebab sakit gigi. 

Burung Kakak Tua Obat Sakit Gigi 2 ml juga berguna untuk meringankan rasa nyeri pada gigi saat gigi berlubang. Berikut cara pakainya: 

  • Cara pakainya adalah dengan menggunakan kapas yang dijepit pinset, lalu tuangkan obatnya pada kapas.
  • Setelah itu, letakkan kapas pada gigi yang sakit. 

Tetap hati-hati saat menggunakan obat ini karena efek samping seperti sariawan, sensasi panas di mulut, dan reaksi hipersensitivitas bisa muncul. 

Rentang harga: Rp15.400 – Rp19.700 per botol.

Dapatkan Burung Kakak Tua Obat Sakit Gigi 2 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Betadine Mouthwash and Gargle 100 ml

Betadine Mouthwash and Gargle 100 ml adalah obat sakit gigi yang mengandung povidone iodine, antiseptik untuk membunuh bakteri, jamur, dan virus. 

Tapi, tak hanya sakit gigi, masalah mulut dari sakit tenggorokan, gusi bengkak, sariawan, bau mulut, dan napas tidak segar. 

Kamu dianjurkan untuk berkumur sebanyak 15 ml (1 cup) selama 30 detik. Lakukan 3 sampai 5 kali sehari atau sesuai kebutuhan dan  jangan menelan obat ini. 

Kisaran harga: Rp28.500 per botol.

Dapatkan Betadine Mouthwash and Gargle 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Aloclair Plus Mouthwash 60 ml

Aloclair Plus memiliki kandungan aloe vera dan asam hialuronat di dalamnya dan bekerja menyembuhkan secara alami jaringan yang rusak. Obat ini dapat menghasilkan selaput pelindung di luka dengan memberikan analgesik, antiseptik, dan antiinflamasi. 

Cara menggunakan obat pereda nyeri gigi ini cukup mudah, yaitu dengan berkumur selama 1 menit dan diulang 3-4 kali sehari. 

Kamu tidak perlu takut tersedak saat berkumur karena Aloclair Plus aman jika tertelan.

Tapi, jangan lupa hindari makan dan minum minimal 1 jam setelah pemakaiannya.

Rentang harga: Rp102.800 – Rp140.600 per botol. 

Dapatkan Aloclair Plus Mouthwash 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Listerine Cool Mint Mouthwash 100 ml

Obat kumur yang satu ini memiliki sifat antiseptik dengan rasa yang lebih  kuat. Dengan berkumur menggunakan Listerine Cool Mint Mouthwash 100 ml, kuman penyebab bau mulut, plak, dan masalah gusi dapat dibasmi. 

Listerine Cool Mint Mouthwash 100 ml dapat memberikan sensasi mint dan membuat mulut ekstra bersih. Bahkan, bisa membuat napas lebih segar hingga 12 jam dibandingkan dengan hanya sikat gigi dan flossing saja. 

Untuk pemakaiannya sendiri, kamu dianjurkan untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari sebanyak 20 ml selama 30 detik. 

Rentang harga: Rp8.300 – Rp15.600 per botol.

Dapatkan Listerine Cool Mint Mouthwash 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Enkasari Mouthwash Freshmint 250 ml

Rekomendasi obat sakit gigi yang terakhir adalah Enkasari Mouthwash Freshmint 250 ml. Obat ini merupakan obat kumur herbal yang memiliki sifat antiseptik sehingga bisa membantu membunuh bakteri. 

Kandungan sari akar kayu manisnya berfungsi untuk menyamarkan bau mulut, sementara kandungan mentholnya memberikan efek dingin serta menyegarkan pada mulut. 

Sari daun saga di dalamnya juga bisa mengobati sariawan dan memberikan efek anti radang dan anti bakteri. 

Kamu dianjurkan berkumur menggunakan Enkasari Mouthwash Freshmint 250 ml sebanyak 3 kali sehari. Berkumurlah selama 30 detik kurang lebihnya 2 kali sehari di pagi dan sore hari setelah menyikat gigi. 

Rentang harga: Rp18.700 – Rp25.900 per botol.

Dapatkan Enkasari Mouthwash Freshmint 250 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

Temukan obat atau suplemen yang direkomendasikan dokter untuk mengatasi sakit gigi hanya di Toko Kesehatan Halodoc, produk terpercaya dengan pengiriman cepat dan aman.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Toothache.
SmileDental.com. Diakses pada 2023. Knowing When You Need a Dental Exam.
92 Dental. Diakses 2024. How to get rid of a toothache — a comprehensive guide to managing and eliminating toothache pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan