• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Menghilangkan Lelah Setelah Bekerja

5 Cara Menghilangkan Lelah Setelah Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Kelelahan saat bekerja adalah hal yang wajar. Rasa lelah sebenarnya merupakan salah satu sinyal atau tanda tubuh kurang istirahat. Kelelahan dapat disebabkan oleh aktivitas yang berlebih, asupan makanan yang kurang, dan jarang berolahraga. Namun, kelelahan bisa juga disebabkan oleh tubuh yang kurang sehat, seperti anemia, gangguan hormon, dan tekanan darah rendah.

Baca juga: 5 Tanda Saat Tubuh Berolahraga Berlebihan

Ketika merasa lelah, perlu dilakukan langkah-langkah untuk mengembalikan energi yang terkuras. Menurut Industrial Psychiatry Journal, rasa lelah memberikan dampak negatif pada performa kerja, seperti menurunkan kualitas kerja, memengaruhi kemampuan fisik seseorang, motivasi yang turun, kurangnya kewaspadaan dalam bekerja, bahkan terganggunya kesehatan mental.

Lebih baik, lakukan cara lain untuk menghilangkan lelah setelah bekerja, yaitu:

  1. Tidur Cukup

Cara menghilangkan lelah setelah bekerja yang pertama dengan mencukupi waktu tidur agar keesokan paginya kamu bisa merasa segar. Cukupi kebutuhan tidur kamu dengan beristirahat, setidaknya selama 7-8 jam setiap hari. Hindari penggunaan gawai ketika kamu akan beristirahat. Penggunaan gawai  dapat sebabkan candu yang membuat gangguan pola tidur dan mengurangi manfaat tidur yang dimiliki.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa melakukan power nap (tidur siang 20-30 menit) saat istirahat kantor. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi rasa kantuk dan lelah saat bekerja, sehingga kamu bisa kembali produktif di siang hari hingga waktu pulang tiba.

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Cukupi porsi makan setiap hari dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Makanlah dalam jumlah lebih sedikit namun dengan frekuensi lebih sering untuk menstabilkan kadar gula darah. Batasi konsumsi makanan berlemak yang mengandung lemak jahat. Sebab, makanan tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Nah, agar kamu tidak kelaparan dan memengaruhi produktivitas kerja, kamu bisa menyediakan camilan sehat saat di kantor, seperti buah-buahan.

Menurut Harvard Medical School, pola makan yang sehat mampu meningkatkan energi sehingga menurunkan rasa lelah yang dirasakan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi camilan sehat setiap jamnya saat bekerja, karena dapat memberikan nutrisi yang cukup sepanjang hari.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan

  1. Kurangi Stres

Pekerjaan yang menumpuk terkadang tak bisa dihindari dan membuat seorang pekerja mengalami kondisi stres yang cukup tinggi. Tidak hanya dapat menyebabkan kondisi lelah terus-menerus, tingkat stres yang tidak segera diatasi dapat menurunkan kualitas pekerjaan. Menurut Harvard Medical School, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat stress ketika bekerja, salah satunya dengan melakukan relaksasi, menjauhkan pikiran negatif, dan tanggap pada masalah yang ada.

Selain itu, kamu harus mampu mengatur waktu untuk sekadar refreshing agar tidak mengalami stres. Kamu bisa melakukan aktivitas yang disukai untuk mengurangi stres, seperti mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, atau berjalan-jalan.

  1. Rutin Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa memperbaiki efisiensi jantung, paru-paru, dan otot-otot tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat jika kamu belum terbiasa. Cukup lakukan olahraga ringan selama 15-30 menit secara rutin, seperti berjalan kaki.

Saat mengalami kelelahan di kantor, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan peregangan tubuh selama beberapa menit. Tidak hanya itu, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter untuk penanganan kelelahan yang dirasakan akibat bekerja.

Baca juga: 5 Tips Agar Tak Mudah Kelelahan Saat Bekerja

  1. Cukupi Kebutuhan Air

Cara menghilangkan lelah setelah bekerja lainnya dengan mengonsumsi air putih yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Air putih mampu menjaga kadar cairan di dalam tubuh, sehingga terhindar dari dehidrasi dan kelelahan akibat bekerja.

Umumnya, setiap orang dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Kebutuhan ini bisa saja berbeda, tergantung pada kondisi tubuh dan aktivitas fisik yang dilakukan.

Dilansir dari Women Health, tubuh yang terhidrasi dengan baik membantu untuk meningkatkan konsentrasi dan kualitas kerja. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh kamu tetap terhidrasi, seperti mengonsumsi jus buah atau buah yang mengandung banyak air, mengonsumsi sup untuk makan siang, dan siapkan sebotol besar air putih pada meja kerja.

Nah, dengan berbagai cara di atas, maka tubuh kamu tidak lagi merasa kelelahan setelah bekerja dan produktivitas dapat meningkat kembali.

Referensi:
Industrial Psychiatry Journal. Diakses pada 2019. Fatigue Management in The Work Place
Huff Post. Diakses pada 2019. 7 Tips to Avoid Office Fatigue
Harvard Medical School. Diakses pada 2019. Foods That Fight Fatigue
Harvard Medical School. Diakses pada 2019. How to Handle Stress at Work
Women Health. Diakses pada 2019. 7 Ways to Fight Fatigue with Food