6 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Cacar Air

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2024

“Ada beberapa fakta yang perlu diketahui seputar penyakit cacar air. Termasuk soal gejala, penularan, dan pencegahannya.”

6 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Cacar Air6 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Cacar Air

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Penyakit cacar air, atau juga disebut varicella, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella-zoster. Meskipun dikenal sebagai penyakit anak-anak, cacar air nyatanya bisa terjadi pada siapa saja, termasuk orang dewasa. 

Umumnya, ini adalah penyakit ringan yang bisa sembuh dengan perawatan rumahan saja. Namun, mungkin ada beberapa hal yang belum kamu ketahui mengenai penyakit ini. Yuk simak fakta-faktanya!

Fakta Seputar Penyakit Cacar Air

Untuk lebih memahami penyakit cacar air, berikut ini beberapa fakta yang perlu diketahui:

1. Ditandai dengan ruam merah yang fatal

Gejala khas cacar air adalah ruam merah yang sangat gatal dan melepuh. Biasanya mulai muncul pada wajah dan tubuh sebelum menyebar ke seluruh tubuh. 

Lepuh dapat muncul di mana saja, termasuk di mulut, kelopak mata, dan area genital. Ruam cacar air berkembang dari benjolan merah menjadi melepuh dan berisi cairan hingga keropeng. 

Selain ruam, gejala lain dari penyakit ini termasuk demam, sakit kepala, dan kelelahan. Gejala-gejala tersebut umumnya terjadi selama lima sampai sepuluh hari.

Temukan juga obat-obatan yang ampuh dan mudah dicari dengan cek artikel ini: “Ini Pilihan Obat Cacar Air yang Bisa Dibeli di Apotek”. 

2. Sangat menular

Penyakit cacar air dapat menular dengan mudah melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Penyakit ini bisa juga menyebar dengan menyentuh cairan dari lepuh cacar air. 

Orang dengan cacar air dapat menularkan penyakit dari satu sampai dua hari sebelum mengalami gejala ruam, hingga semua lepuh cacar airnya membentuk koreng. Jika terkena virus varicella zoster, dibutuhkan antara 10 hingga 21 hari untuk mengembangkan cacar air. 

3. Cacar air biasanya ringan tetapi bisa sangat serius

Bagi sebagian besar anak-anak yang sehat, gejala penyakit cacar air, seperti ruam gatal, demam, dan kelelahan, lebih merupakan gangguan daripada bahaya. 

Namun, dalam beberapa kasus, cacar air dapat menyebabkan komplikasi serius seperti dehidrasi, pneumonia, masalah pendarahan, ensefalitis (pembengkakan otak), infeksi kulit bakteri, sindrom syok toksik, dan infeksi tulang dan sendi. 

Kelompok tertentu, termasuk bayi, remaja, dewasa, ibu hamil, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah karena penyakit atau obat-obatan, berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi. 

4. Vaksin pencegahan terbaik

Cara terbaik untuk mencegah cacar air adalah dengan mendapatkan vaksinasi. Pemberian vaksin dapat mencegah infeksi atau komplikasi serius yang disebabkan oleh infeksi. 

5. Pengobatan rumahan

Pada kebanyakan kasus, penyakit cacar air cukup ditangani dengan perawatan rumahan saja. Untuk mengatasi demam, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri tanpa resep, seperti paracetamol atau ibuprofen. 

Mandi oatmeal dan menggunakan losion kalamin juga dapat membantu mengurangi rasa gatal. Selain itu, pastikan untuk tidak menggaruk ruam dan lepuh pada kulit. Sebab, ini bisa meningkatkan risiko infeksi atau bekas luka pada kulit. 

Obat antivirus asiklovir dapat mengurangi gejala cacar air tetapi biasanya hanya diberikan dalam keadaan tertentu. Seperti ketika seorang anak menderita eksim atau asma. Obat ini juga biasanya tidak direkomendasikan untuk anak-anak yang sehat yang mengalami cacar air tanpa komplikasi.

6. Virus dapat aktif kembali

Setelah seseorang terkena cacar air, virus Varicella zoster yang menyebabkannya tetap berada di dalam tubuh dalam keadaan tidak aktif. Namun, virus dapat aktif kembali bertahun-tahun kemudian, yang menyebabkan penyakit yang disebut herpes zoster. 

Pilihan Obat untuk Meredakan Gatal Cacar Air

Ada beberapa rekomendasi obat-obatan untuk meredakan gatal-gatal akibat cacar air, contohnya: 

1. Caladine Lotion 60 ml

Rekomendasi pertama adalah Caladine yang merupakan lotion antigatal dan berguna untuk mengobati gatal akibat keringat, udara panas, maupun gigitan serangga. Memiliki kandungan utama Calamine dan Diphenhydramine HCL,  lotion ini juga dapat memberikan sensasi sejuk ketika kulit mengalami cacar air. 

Untuk penggunaanya, kamu dapat mengoleskan lotion ini setelah mandi.

Rentang harga: Rp20.900 – Rp21.000 per botol.

Dapatkan Caladine Lotion 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Herocyn Bedak Kulit 85 g

Selanjutnya adalah Herocyn yang merupakan bedak kulit dan memiliki kegunaan untuk membantu meredakan biang keringat maupun gatal-gatal. Kandungan dalam bedak ini juga dapat menenangkan kulit kamu yang terasa panas ketika sedang cacar.

Kamu dapat memakai bedak ini dengan cara ditaburkan pada kulit setelah mandi.

Rentang harga: Rp16.500 per botol

Dapatkan Herocyn Bedak Kulit 85 g di Toko Kesehatan Halodoc

3. Salicyl Menthol Ika 80 g

Bedak antigatal lain yang dapat menenangkan kulit ketika sedang cacar adalah Salicyl Menthol Ika. Selain dapat menenangkan kulit, bedak ini juga dapat mengatasi biang keringat dan alergi.

Taburkan pada kulit setelah mandi dan hindari penggunaan untuk anak dibawah usia 3 tahun.

Rentang harga: Rp17.800 per botol.

Dapatkan Salicyl Menthol Ika 80 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Calamed Lotion 100 ml

Butuh produk berbentuk lotion yang memiliki antiseptik dan mengatasi cacar air? Nah, kamu dapat memilih Calamed Lotion! Kombinasi dari Difenhidramin, Kalamin, dan Kamfer dapat meredakan rasa gatal akibat biang keringat, gigitan serangga, maupun suhu ekstrem.

Untuk penggunaanya, kamu dapat mengoleskan lotion ini sesuai kebutuhan setelah mandi.

Rentang harga: Rp15.600 per botol

Dapatkan Calamed Lotion 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc

5. Salep Kulit 88 6 g 2 Pot

Terakhir adalah Salep Kulit 88. Salep ini merupakan salep multifungsi yang tidak hanya sebagai antiseptik kulit saja, namun juga dapat mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Pastikan untuk membersihkan kulit dan membiarkan kulit kering sebelum mengoleskan salep ini.

Rentang harga: Rp20.000 – Rp32.000 per 2 pot

Dapatkan Salep Kulit 88 6 g 2 Pot di Toko Kesehatan Halodoc

Itulah beberapa fakta mengenai penyakit cacar air dan obat yang dapat mengatasi penyakit ini. Jika kondisimu tak kunjung membaik, kamu bisa cari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Chickenpox.
Parents. Diakses pada 2022. 8 Facts About Chickenpox.
Very Well Health. Diakses pada 2022. Chickenpox Facts and Statistics: What You Need to Know.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan