Ini Pilihan Obat Gusi Bengkak yang Paling Ampuh dan Aman

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 April 2024

“Ada berbagai pilihan obat gusi bengkak yang ampuh dan meredakan sensasi nyerinya. Mulai dari Cataflam Tablet, Opistan Kaplet, Anastan Forte, Cooling 5 Plus, Betadine Throat Spray, Mefinal Kaplet, dan Ponstan Tablet yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.”

Ini Pilihan Obat Gusi Bengkak yang Paling Ampuh dan AmanIni Pilihan Obat Gusi Bengkak yang Paling Ampuh dan Aman

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Gusi bengkak bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya radang gusi atau gingivitis. Kondisi ini ditandai dengan bengkak serta kemerahan pada gusi di sekitar pangkal gigi. Selain itu, infeksi yang disebabkan oleh jamur dan virus berpotensi menyebabkan gusi bengkak.

Nah, kamu bisa menggunakan obat-obatan untuk mengatasi gusi bengkak. Mau tahu apa saja rekomendasi obatnya? Berikut ulasannya!

Obat Gusi Bengkak Paling Ampuh

Gusi bengkak bisa terjadi karena banyak hal. Seperti gingivitis (radang gusi), infeksi, efek samping obat, atau pemasangan gigi palsu atau peralatan gigi yang tidak pas.

Untuk mengatasinya, ada beberapa pilihan obat gusi bengkak yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Cataflam 25 mg 10 Tablet

Kamu dapat mengonsumsi Cataflam 25 mg 10 Tablet untuk meredakan sakit pada gusi yang bengkak. Cataflam mengandung natrium diklofenak yang bekerja sebagai anti radang dan anti nyeri. 

Obat golongan antiinflamasi non steroid ini juga dapat mengatasi masalah kesehatan lainnya. Contohnya, osteoartritis, Spondilitis ankilosa, dismenore, dan Rheumatoid arthritis.  

Obat gusi bengkak ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak berusia lebih dari 14 tahun dengan dosis 25-50 mg 2-3 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp43.900 per strip.

Dapatkan Cataflam 25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Opistan 500 mg 10 Kaplet

Obat gusi bengkak selanjutnya adalah Opistan 500 mg 10 Kaplet yang mengandung asam mefenamat yang merupakan golongan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID). 

Asam mefenamat bekerja dengan cara menghambat siklooksigenase-1 dan -2 (COX-1 dan -2), sehingga mengakibatkan penurunan laju sintesis prostaglandin dan menunjukkan sifat analgesik, anti-inflamasi serta antipiretik. 

Opistan 500 mg diindikasikan untuk mengatasi nyeri ringan sampai sedang sakit gigi atau sakit kepala. Hal yang perlu dicatat, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Dosis untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 14 tahun, sebanyak tiga kali sehari 500 mg. Sementara itu, untuk lansia dimulai dengan dosis yang lebih rendah dan durasi sesingkat mungkin. 

Kisaran harga: Rp8.600 Per Strip.

Dapatkan Opistan 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain dengan obat, Ini Dokter Gigi yang Siap Bantu Pengobatan Gusi Bengkak.

3. Anastan Forte 10 Kaplet

Anastan Forte adalah obat gusi bengkak yang mengandung asam mefenamat. Gunanya sebagai pereda nyeri ringan sampai sedang, sehingga dapat mengobati gusi  yang bengkak.

Kamu juga dapat menggunakan Anastan Forte Kaplet sebagai pereda nyeri pada nyeri haid, rematik, nyeri otot, sakit kepala, dan nyeri setelah operasi. 

Kamu dapat mengonsumsi obat gusi bengkak ini sebanyak 1 tablet 3 kali sehari sesudah makan. 

Kisaran harga: Rp9.300 per strip.

Dapatkan Anastan Forte 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Cooling 5 Plus Orange 15 ml

Selain obat minum, ada obat semprot yang juga bisa digunakan dalam mengatasi gusi bengkak. Contohnya, Cooling 5 Plus Orange 15. Kandungan dari obat semprot ini adalah benzocaine dan phenol.

Adapun fungsi lain dari Cooling 5 Plus Orange yakni untuk menghilangkan rasa sakit pada gusi yang meradang, gigi yang sakit, sakit saat pertumbuhan gigi, hingga sariawan.

Cukup semprotkan obat ini pada bagian yang sakit. Bila perlu, kamu bisa ulangi tiap 3-4 jam. 

Rentang harga: Rp34.400 – Rp50.900 per botol.

Dapatkan Cooling 5 Plus Orange 15 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Betadine Throat Spray 50 ml

Kamu juga bisa semprotkan Betadine Throat Spray 50 ml pada bagian yang sakit sebanyak 3 kali sehari. Caranya, semprotkan ke dalam rongga mulut lalu keluarkan sisa cairan. Kamu tidak perlu membilas sisa cairan dengan berkumur. 

Spray mulut ini mengandung Povidone iodine sebagai antiseptik. Itu sebabnya, obat ini juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, sariawan, bau mulut, dan napas tidak segar. 

Kisaran harga: Rp140.700 per botol.

Dapatkan Betadine Throat Spray 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Mefinal 500 mg 10 Kaplet

Mefinal adalah obat yang dapat meredakan rasa sakit pada gusi bengkak. Kandungannya adalah asam mefenamat yang bekerja menghambat siklooksigenase 1 dan 2, sehingga terjadi penurunan sintesis prostaglandin yang dapat menekan rasa nyeri. 

Dokter kadang juga meresepkan Mefinal sebagai pereda rasa sakit pada kondisi dismenore, sakit kepala, sakit gigi, nyeri pasca operasi, dan rematik. 

Anak berusia lebih dari 14 tahun dan orang dewasa dapat mengonsumsi 1 tablet sebanyak tiga kali sehari sesudah makan.  

Rentang harga: Rp19.500 – Rp19.900 per strip.

Dapatkan Mefinal 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Ponstan 500 mg 10 Tablet

Pilihan obat gusi bengkak selanjutnya adalah Ponstan. Obat ini mengandung asam mefenamat yang bersifat analgesik, anti-inflamasi, serta antipiretik.

Ponstan bisa meredakan nyeri ringan sampai sedang, termasuk sakit gigi. Namun, obat ini tergolong obat keras atau merah, sehingga penggunaannya harus atas anjuran dokter.

Untuk dewasa dan anak-anak di atas usia 14 tahun, obat ini bisa diminum 3 kali sehari sebanyak 500 miligram sesudah makan.

Kisaran harga: Rp38.000 per strip.

Dapatkan Ponstan 500 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Namun, bila gusi bengkak tidak kunjung sembuh selama lebih dari 2 minggu, kamu harus melakukan konsultasi pada dokter gigi. Tujuannya untuk mendapatkan saran dan penanganan medis yang tepat.

Langkah-Langkah Mencegah Masalah Gusi

Meski ada banyak pilihan obat gusi bengkak yang bisa kamu coba, yang terbaik tetaplah mencegah kondisi ini terjadi.

Ada beberapa langkah yang dapat membantu mencegah gusi bengkak, antara lain:

  • Sikat gigi secara teratur, setidaknya dua kali setiap hari atau setelah setiap makan.
  • Flossing atau menggunakan benang gigi secara teratur.
  • Gunakan produk oral yang lembut, seperti pasta gigi dan obat kumur.
  • Kurangi mengonsumsi minuman manis, karena dapat menyebabkan penumpukan bakteri di mulut.
  • Hindari tembakau, termasuk merokok atau mengunyahnya.
  • Batasi konsumsi alkohol dan obat kumur beralkohol, karena alkohol dapat mengeringkan dan mengiritasi gusi.
  • Hindari mengonsumsi makanan tajam, seperti keripik, biji-bijian, dan popcorn, yang dapat tersangkut di gigi dan menyebabkan rasa sakit.

Saat sedang mengalami gusi bengkak, ada baiknya kamu ketahui 4 Makanan yang Perlu Dihindari saat Gusi Bengkak.

Itulah pilihan obat gusi bengkak yang ampuh dan langkah pencegahannya. Dapatkanlah obat-obatan di atas dengan mudah dan cepat di Toko Kesehatan Halodoc. 1 Jam sampai dan dikirim dari apotek tepercaya!

obat gusi bengkak di halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Home Remedies for Swollen Gums.
Medical News Today. Diakses pada 2024. What To Do About Swollen Gums.
Style Craze. Diakses pada 2024. 14 Home Remedies For Swollen Gums And Prevention Tips.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan