7 Rekomendasi Salep yang Ampuh Hilangkan Gatal di Kulit

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 April 2024

“Ada berbagai obat atau salep yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit. Contohnya Desoxiron Cream, Daktarin Cream, Benoson N Cream, Canesten Pro Cream, hingga Caladine Cream yang bisa kamu beli di Halodoc.”

7 Rekomendasi Salep yang Ampuh Hilangkan Gatal di Kulit7 Rekomendasi Salep yang Ampuh Hilangkan Gatal di Kulit

DAFTAR ISI

Rekomendasi Salep Gatal Tanpa Resep Dokter


Halodoc, Jakarta – Gatal pada kulit adalah masalah yang sering dijumpai dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Meskipun jarang yang sampai mengancam keselamatan, tapi kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Memahami apa penyebab kulit gatal sangat penting untuk menemukan solusi yang tepat. Salah satu cara untuk mengobati gangguan kulit ini adalah dengan menggunakan salep gatal.

Simak rekomendasi salep yang ampuh menghilangkan gatal kulit di sini!

Rekomendasi Salep Gatal Tanpa Resep Dokter

Salep apa yg bisa menghilangkan gatal? Berikut adalah alternatif pilihannya:

1. Desoxiron Cream 0.25% 15 gr

Buat kamu yang mengalami masalah gangguan kulit seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis, bisa menggunakan salep gatal Desoxiron.

Salep ini mengandung zat aktif desoksimetason, yaitu jenis kortikosteroid, yang bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan menekan sistem kekebalan tubuh di area kulit yang terkena.

Desoxiron Cream bekerja dengan menghambat respons alergi tersebut, sehingga mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Rentang harga: Rp81.100 – Rp95.400

Dapatkan Desoxiron Cream 0.25% 15 g di Toko Kesehatan Halodoc

2. Daktarin Cream 5 g

Berikutnya kamu juga dapat menggunakan Daktarin Cream 5 g untuk mengatasi gatal pada kulit. Dengan zat aktif Miconazole Nitrate 2%, salep ini dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur.

Untuk pemakaiannya, kamu cukup mengoleskan krim pada kulit setelah bagian yang sakit telah dibersihkan dan dikeringkan. Dosis yang disarankan adalah sebanyak 2 kali sehari selama 2 sampai 6 minggu.

Setelah hilangnya tanda infeksi, kamu tetap harus menggunakan krim ini selama setidaknya 7 hari untuk mencegah kambuhnya infeksi. 

Rentang harga: Rp30.200 per tube.

Dapatkan Daktarin Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain dengan obat, Ini Pilihan Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Ruam Kulit.

3. Benoson N Cream 5 g

Benoson N Cream merupakan obat topikal dengan kombinasi Betamethasone valerate dan Neomycin sulfate. Kandungan tersebut dapat meredakan peradangan dan infeksi pada kulit.

Betamethasone merupakan senyawa yang berfungsi mencegah dan mengendalikan inflamasi. Sementara itu, Neomycin sebagai antibiotik mampu membunuh berbagai jenis bakteri pada kulit.

Untuk menggunakan krim ini, kamu cukup mengoleskannya secara tipis pada bagian yang sakit sebanyak 2-3 kali sehari. Produk ini termasuk golongan obat keras sehingga pembeliannya memerlukan resep dokter.

Rentang harga: Rp24.500 per tube.

Dapatkan Benoson N Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Canesten Pro Cream 15 gr

Apa nama obat gatal yang ampuh? Selain yang sudah disebutkan di atas, Canesten Pro juga bisa menjadi salah satu rekomendasi lainnya.

Salep gatal ini dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan mengatasi peradangan.

Clotrimazole dalam Canesten Pro Cream bekerja dengan cara menghambat produksi ergosterol, yaitu zat yang penting bagi struktur dinding sel jamur.

Dengan demikian, pertumbuhan jamur menjadi terhambat sehingga jumlahnya tidak terlalu banyak.

Rentang harga: Rp86.000 – Rp105.200

Dapatkan Canesten Pro Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc

5. Hydrocortisone Cream 1% 10 g

Opsi salep gatal lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Hydrocortisone Cream 1% 10 g.

Bersifat antiinflamasi dan antialergi, obat ini bermanfaat mengobati eksim, radang, kemerahan, serta gatal-gatal. Obat ini juga dapat membantu meredakan dermatitis alergi, dermatitis kontak, dermatitis atopik, pruritus anogenital, dan neurodermatitis.

Kamu cukup mengoleskan obat ini pada area kulit yang bermasalah sebanyak 2-3 kali per hari. Hindari penggunaan pada mata, membran mukosa, serta pada kulit yang sensitif atau luka terbuka.

Rentang harga: Rp5.800 – Rp17.600 per tube.

Dapatkan Hydrocortisone Cream 1% 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Kenacort-A 0.1% Cream 10 g

Salep gatal lainnya yang bisa kamu coba adalah Kenacort-A 0.1% Cream 10 g. Dengan kandungan Triamcinolon Acetonid, obat ini berguna untuk terapi supresi inflamasi (peradangan), dan untuk menangani gatal-gatal, kemerahan, serta kekeringan pada kulit. 

Kamu dapat mengoleskan krim ini langsung pada area kulit yang sakit atau radang. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari sambil digosok secara lembut.

Kamu dapat membeli obat ini tanpa resep dokter sebanyak 1 tube. Pembelian lebih dari 1 tube memerlukan resep dari dokter.

Rentang harga: Rp132.600 per tube.

Dapatkan Kenacort-A 0.1% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Caladine Cream 15 g

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan obat krim gatal Caladine Cream 15 g.

Komposisi Calamine dan Champora pada obat ini membantu mengatasi gatal akibat gigitan serangga. Selain itu, obat ini juga dilengkapi dengan Zinc Oxide sebagai antiseptik ringan dan Menthol untuk memberikan sensasi dingin dan sejuk pada saat digunakan.

Kamu dapat mengoleskan krim ini langsung pada area kulit yang gatal atau sakit sesuai kebutuhan. Perlu diperhatikan, obat ini tidak boleh digunakan pada anak berusia di bawah 3 tahun. Hindari pula penggunaan pada area luka yang terbuka.

Rentang harga: Rp8.800 per tube.

Dapatkan Caladine Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah rekomendasi salep gatal kulit. Selain obat oles, ada cara lain untuk mengatasi gatal-gatal. Baca informasi selengkapnya di  sini: “7 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Gatal pada Kulit”.

Untuk mendapatkan produk kesehatan secara mudah, yuk mampir ke  Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya dan praktis tanpa perlu repot keluar rumah!

Dapatkan produk kesehatan salep untuk gatal-gatal di toko kesehatan Halodoc
Referensi:
Real Simple. Diakses pada 2023. The 10 Best Anti-Itch Creams of 2023.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Itchy skin (pruritus).
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. How to Relieve Itchy Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan