• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Sulit Menelan, Awas Sakit Tenggorokan

Anak Sulit Menelan, Awas Sakit Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Anak yang mendadak menjadi rewel dan menolak untuk makan sebaiknya tidak disepelekan begitu saja. Bukan hanya tidak cocok dengan makanan yang diberikan, anak menolak makan mungkin saja karena dia merasa sakit dan kesulitan menelan. Sulit menelan pada anak bisa menjadi tanda sakit tenggorokan. Meski umum terjadi dan bisa menyerang siapa saja, penyakit ini bisa membuat Si Kecil menjadi tidak nyaman. 

Jika dibiarkan terus-terusan, anak mungkin akan semakin menolak makan dan akhirnya kekurangan asupan nutrisi dari makanan. Selain sulit menelan, penyakit ini biasanya juga disertai dengan gejala gatal dan nyeri di tenggorokan. Umumnya, sakit tenggorokan terjadi karena peradangan yang menyerang area laring, faring, dan kelenjar amandel. Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan pada anak? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Redakan Sakit Tenggorokan yang Sering Kambuh

Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Anak 

Sakit tenggorokan bisa membuat anak menjadi rewel dan merasa tidak nyaman. Ini karena, penyakit ini menyebabkan anak kesulitan menelan, merasa nyeri, hingga muncul sensasi panas pada tenggorokan. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan, misalnya infeksi bakteri dan virus. Umumnya sakit tenggorokan terjadi karena infeksi virus, seperti virus pilek, flu, campak, cacar, dan sesak napas. 

Penyakit ini juga bisa terjadi sebagai reaksi alergi, udara kering, dan polusi udara. Sakit tenggorokan juga bisa terjadi karena trauma atau cedera pada area tenggorokan. Pada kondisi yang ringan, sakit tenggorokan biasanya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun, jika gejalanya semakin buruk dan Si Kecil menjadi semakin rewel, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. 

Atau ibu bisa menyampaikan gejala sakit tenggorokan yang dirasakan anak ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Biar semakin mudah, pastikan segera download Halodoc di App Store dan Google Play. 

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama dan pengobatan alami untuk mengatasi sakit tenggorokan pada anak, di antaranya: 

  • Banyak Minum Air Putih 

Saat sakit tenggorokan menyerang, disarankan untuk banyak minum air putih. Meski sangat sederhana, cara ini ampuh untuk meredakan nyeri yang muncul sebagai gejala penyakit. Banyak minum air putih bisa membantu menjaga kelembapan dan kebersihan tenggorokan. Selain itu, mencukupi asupan air putih juga bisa membantu menghindari anak mengalami kekurangan asupan cairan alias dehidrasi.

Baca juga:  6 Penyakit Ini Sebabkan Tenggorokan Sakit saat Menelan

  • Buah dan Sayuran 

Mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan. Jenis makanan yang bisa dikonsumsi adalah buah dan sayuran. Salah satu buah yang disebut ampuh mengatasi sakit tenggorokan ialah pisang. 

Selain itu, disarankan juga untuk banyak mengonsumsi sayuran. Sayuran dikenal sebagai makanan sehat yang kaya akan serat dan baik untuk tubuh. Jenis sayuran yang baik dikonsumsi saat sakit tenggorokan, antara lain, wortel, kol, dan kentang. Cobalah untuk merebus atau memasaknya dengan kuah.

  • Madu 

Madu juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi sakit pada tenggorokan. Jenis makanan ini kaya akan kandungan antioksidan, memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan meredakan peradangan. Madu juga dipercaya efektif untuk melawan infeksi dan menyembuhkan luka, sehingga bisa mempercepat kesembuhan pada sakit tenggorokan.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

  • Istirahat 

Saat Si Kecil mengalami sakit tenggorokan, pastikan tubuhnya mendapat istirahat yang cukup. Selain itu, sebaiknya hindari terlalu banyak berbicara apalagi berteriak saat sakit tenggorokan. Istirahat dibutuhkan tubuh untuk pemulihan dan mencegah penyakit menjadi lebih buruk. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. What to Eat and Drink When You Have a Sore Throat.
Healthline. Diakses pada 2019. 12 Natural Remedies for Sore Throat.