• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Komplikasi yang Diakibatkan Demam Berdarah?

Apa Komplikasi yang Diakibatkan Demam Berdarah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat memasuki peralihan musim dari panas menjadi hujan, genangan air pada beberapa tempat dapat menjadi lokasi berkembangbiaknya nyamuk. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terserang demam berdarah. Penting untuk menjaga kesehatan tubuh dari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan gangguan fatal hingga kematian saat demam berdarah menyerang.

Maka dari itu, pengetahuan terkait beberapa komplikasi dari demam berdarah yang dapat terjadi sebagai persiapan jika gejala dari gangguan tersebut semakin parah. Hal tersebut juga dapat dilakukan untuk pencegahan agar seseorang yang mengidapnya dapat menghindari komplikasi tersebut. Berikut adalah beberapa komplikasi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk pembawa demam berdarah!

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini 2 Komplikasi Demam Berdarah

Komplikasi yang Disebabkan Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti saat dalam tubuhnya telah mengandung virus yang digigit dari seseorang yang mengidapnya. Dipercaya jika seseorang yang pernah mengalami penyakit demam berdarah, dirinya sudah kebal terhadap virus tersebut untuk seumur hidup. Namun, itu hanya satu jenis virus, masih ada tiga jenis virus lainnya yang dapat menyerang.

Saat seseorang mengidap demam berdarah, gejala awal dapat muncul sekitar empat hingga tujuh hari setelah infeksi terjadi. Umumnya, gejala yang timbul dapat ringan dan mungkin salah sangka dengan gejala dari flu atau infeksi lainnya. Selain itu, beberapa gejala dapat terjadi dalam waktu 10 hari dan termasuk demam yang tinggi, sakit kepala yang parah, nyeri pada sendi dan otot, hingga ruam kulit.

Baca juga: Catat, Ini 6 Fakta Penting Tentang Demam Berdarah

Umumnya, seseorang yang telah memperlihatkan gejala-gejala dari demam berdarah akan langsung mendapatkan penanganan. Walau begitu, mungkin saja penyakit ini dapat menjadi parah secara tiba-tiba, sehingga menimbulkan komplikasi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui komplikasi yang dapat ditimbulkan oleh demam berdarah. Berikut komplikasi yang dapat terjadi:

Sindrom Syok Dengue

Komplikasi yang disebabkan oleh demam berdarah adalah sindrom syok dengue. Gangguan ini dapat menimbulkan gejala seperti penurunan tekanan darah yang tiba-tiba, pernapasan yang tidak teratur, hingga denyut jantung yang melemah. Hal ini umumnya terjadi pada anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun. Momen yang paling berbahaya adalah saat gejala-gejala tersebut timbul bersamaan dengan syok. Angka kematian dari sindrom ini cukup tinggi sehingga sangat penting untuk mendapatkan pengobatan dengan cepat dan tepat.

Selain itu, jika masih mempunyai pertanyaan terkait komplikasi yang dapat terjadi disebabkan oleh demam berdarah, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Caranya mudah sekali, cukup hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang ada! Dengan mendapatkan saran langsung dari profesional, ibu tidak perlu ragu lagi.

Baca juga: Lakukan Hal Ini untuk Mengobati Gejala Demam Berdarah

Itulah beberapa komplikasi dari demam berdarah yang dapat terjadi pada seseorang yang mengidapnya. Penting untuk selalu mendapatkan pengobatan secara dini jika gejala dari demam berdarah sudah terlihat. Apabila gejala tersebut tidak kunjung hilang, pastikan anak langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Jangan biarkan gejala yang timbul menjadi lebih parah, yang berarti nyawa anak ibu juga dapat terancam.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Dengue Fever.
Our Health Service. Diakses pada 2020. Dengue.