• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Kebiasaan Ayah dan Ibu Ini Bisa Ganggu Tidur Bayi

Awas, Kebiasaan Ayah dan Ibu Ini Bisa Ganggu Tidur Bayi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Menurut ahli di National Sleep Foundation, bayi berusia 0–3 bulan memerlukan tidur selama 14–17 tiap harinya. Sedangkan Si Kecil yang berusia 4–11 bulan selama 12–15 jam per harinya. Masalahnya, tak semua bayi beruntung mendapatkannya.

Pasalnya, dalam beberapa kasus ada saja berbagai gangguan yang membuat mereka terus terjaga atau sulit terlelap. Apa sebabnya? Banyak, tetapi salah satunya kebiasaan keliru yang dilakukan oleh orang tua.

Nah, berikut beberapa kebiasaan orangtua yang bisa mengganggu tidur bayi. 

 

1. Tidak Membuat Rutinitas

 

Rutinitas sebenarnya bukan cuma monopoli orang dewasa saja. Bayi pun juga membutuhkan rutinitas yang konsisten sebelum dirinya tertidur. Oleh sebab itu, cobalah buat rutinitas yang membuat dirinya nyaman sebelum tidur. Banyak kok yang bisa ibu lakukan, contohnya mandi air hangat, berpelukan, memberikan pijatan lembut, atau membacakan dongeng.

Lakukanlah rutinitas ini secara konsisten, meski berada di akhir pekan. Menurut para ahli, bayi yang menjalani rutinitas yang sama sebelum tidur, lebih jarang menangis di malam hari, dan tidurnya lebih nyenyak.

Baca juga: Pelajari Cara Mengatur Pola Tidur Bayi yang Sehat

2. Suara Bising di Sekitar Bayi

Menemani bayi tertidur sambil menonton memang tak ada salahnya. Namun, jangan sampai suara yang ditimbulkan mengganggu tidur bayi. Selain itu, cobalah ciptakan suasana dengan suara yang stabil di sekitar bayi. 

Ibu bisa kok membunyikan suara halus tapi stabil demi kenyamanannya, seperti kipas angin atau suara musik instrumental. Suara yang stabil dan menenangkan bisa membuat bayi jadi lebih rileks dan menghambat suara-suara keras yang bisa mengagetkannya. 

3. Menggunakan Lampu Berlebihan

Menyalakan lampu terlalu banyak atau terang merupakan hal yang bisa mengganggu tidur bayi. Lampu tidur berwarna-warni memang menarik, dan mungkin ibu mengira lampu tersebut bisa membantu tidur bayi. Padahal, hal tersebut justru bisa mengganggu kualitas tidurnya. Sebaiknya jauhkan lampu yang membuat Si Kecil tertarik. Tak hanya itu, buatlah kondisi ruangan menjadi gelap dan sunyi. 

4. Terus Menggendongnya

Terus menggendong bayi hingga dirinya terlelap merupakan kebiasaan yang mengganggu tidur bayi. Menggendong bayi memang bisa membantu untuk membuatnya terlelap. Akan tetapi, ketika dirinya mulai mengantuk, segera letakan anak di tempat tidur. Biarkan dirinya tidur dengan sendirinya. 

Dengan kata lain, hindari membiarkan bayi tertidur di gendongan ibu. Sebab hal tersebut membuatnya terbiasa tidur saat digendong. Nah, kondisi inilah yang membuat bayi lebih sulit untuk tidur sendiri 

Baca juga: Perhatikan Waktu Tidur Bayi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

5. Tidak Mengajaknya Aktif Bermain

Entah karena alasan apa, mungkin ada beberapa orangtua yang tak mengajak anaknya bermain dan lebih aktif di siang hari. Padahal, aktif di siang hari bisa membuatnya tidur lebih cepat di malam hari. 

6. Bergantung pada Ayunan

Bergantung pada ayunan merupakan kebiasaan yang bisa mengganggu tidur bayi. Sebenarnya memang enggak ada salahnya menggendong dan mengayun anak untuk membuat tenang sebelum tidur. Akan tetapi, jangan mengayunkannya sampai Si Kecil terlelap. Sebab hal tersebut tersebut bisa membuat Si Kecil bergantung pada kebiasaan ini. Sebaiknya, segeralah pindahkan bayi ke atas kasur ketika dirinya mulai mengantuk. 

7. Bermain sampai Larut Malam

Mengajak bayi bermain hingga larut malam merupakan kebiasaan yang bisa mengganggu tidur bayi. Hal ini umumnya dilakukan oleh orangtua yang tak memiliki banyak waktu untuk bermain dengan anaknya di siang hari. Padahal, mengajak bayi bermain hingga larut bisa membuat mereka lelah dan rewel. Kondisi ini justru membuat dirinya sulit tertidur, bahkan menolak untuk tidur. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas atau Si Kecil memiliki masalah kesehatan? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol kapan dan di mana saja dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Help Your Baby Sleep Through the Night.  
Parents. Diakses pada 2020. 7 Tricks to Get Baby to Sleep Through the Night.
Baby Centre UK. Diakses pada 2020. How Can I Get My Baby to Sleep Through the Night? 
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020.  Recommends New Sleep Times.