• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Meminum Minyak Zaitun Bisa Mengobati Vertigo?

Benarkah Meminum Minyak Zaitun Bisa Mengobati Vertigo?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu merasa pusing hingga menyebabkan kamu sulit beraktivitas? Jangan remehkan pusing yang dialami, apalagi jika kamu hingga merasa kondisi lingkungan ikut berputar seiring dengan pusing yang kamu alami. Hal ini bisa menjadi gejala umum dari penyakit vertigo yang harus segera diatasi agar vertigo tidak semakin memburuk.

Baca juga: Mengidap Vertigo, Ini yang Akan Dialami Tubuh

Pengobatan vertigo dapat dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan vertigo yang dialami oleh seseorang. Namun, tidak ada salahnya melakukan beberapa cara untuk meredakan gejala yang kamu alami, salah satunya dengan mengonsumsi air putih atau minuman herbal, seperti jahe. Benarkah minyak zaitun dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi vertigo?

Bisakah Minyak Zaitun Obati Vertigo?

Pengobatan vertigo disesuaikan dengan tingkat keparahan yang dialami oleh pengidap. Jangan sepelekan vertigo yang terjadi secara berulang apalagi jika kondisi ini disertai dengan penurunan kesadaran, kesulitan berbicara, kesulitan berjalan, gangguan penglihatan, ada beberapa anggota tubuh yang sulit digerakkan, dan demam. Segera cari tahu lokasi rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc agar pengidap vertigo mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi gejala yang dialami.

Jika vertigo yang dialami tergolong ringan dan tidak kambuhan, kondisi ini dapat diatasi dengan memenuhi kebutuhan istirahat, perbanyak konsumsi air putih, dan berbaring pada tempat yang gelap dan nyaman. Kamu juga sebaiknya menghindari gerakan secara tiba-tiba, hindari paparan cahaya yang cukup terang dari lampu, cahaya komputer, televisi atau telepon genggam. 

Baca juga: Kenali Tanda dan Penyebab Vertigo Berikut Ini

Lalu, benarkah minyak zaitun dapat mengatasi vertigo? Minyak zaitun adalah minyak alami yang dihasilkan dari buah zaitun. Dibandingkan dengan minyak kelapa, minyak zaitun memiliki lebih banyak lemak baik yang diperlukan oleh tubuh. Itulah sebabnya minyak zaitun dipercaya memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Namun, hingga saat ini belum diketahui manfaat minyak zaitun untuk meredakan gejala atau mengatasi masalah vertigo. Melansir dari Healthline, minyak zaitun hanya dapat digunakan sebagai minyak tambahan untuk minyak esensial yang digunakan mengatasi migrain atau sakit kepala.

Jadi, minyak zaitun mampu meredakan sakit kepala dan pusing jika ditambahkan dengan minyak esensial tersebut. Tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc apabila masih ada yang perlu ditanyakan tentang manfaat minyak zaitun untuk redakan sakit kepala.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Meskipun tidak dapat mengatasi vertigo, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir dari Medical News Today, berikut ini manfaat minyak zaitun bagi kesehatan, yaitu:

1. Hindari Gangguan Kardiovaskular

Menambahkan minyak zaitun pada makanan dapat menghindari kamu dari berbagai gangguan kardiovaskular dan peradangan pada bagian tubuh. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi juga dapat menghindari kamu dari penyakit stroke maupun perubahan fungsi otak.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Asupan minyak zaitun dapat penuhi kebutuhan antioksidan dalam tubuh. Kondisi ini membuat kamu terhindar dari penyakit kanker, namun sebaiknya disertai kebiasaan mengonsumsi minyak zaitun dengan gaya hidup dan pola makan sehat lainnya. Masih membutuhkan penelitian yang memastikan minyak zaitun dapat atasi penyakit kanker.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Vertigo

Itulah manfaat yang bisa didapatkan jika menambahkan asupan minyak zaitun pada makanan yang dikonsumsi. Namun, perhatikan takaran minyak zaitun dan bantu dengan gaya hidup sehat agar kamu dapat merasakan manfaat minyak zaitun lebih optimal.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are The Health Benefits of Olive Oil?
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Use Essentials Oils to Treat Symptoms of Vertigo?