• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gangguan Kecemasan Bisa Memicu Neurodermatitis

Gangguan Kecemasan Bisa Memicu Neurodermatitis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Neurodermatitis adalah salah satu penyakit kulit yang cukup mengganggu. Bagaimana tidak, penyakit kulit tersebut dapat menimbulkan bercak pada permukaan kulit yang terasa sangat gatal. Bila digaruk, malah akan semakin gatal. Nah, salah satu faktor yang dapat memicu rasa gatal tersebut muncul adalah gangguan kecemasan seperti stres dan rasa tertekan. Yuk, ketahui penjelasannya lebih lanjut di sini.

Apa Itu Neurodermatitis?

Neurodermatitis adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan bercak kulit yang sangat gatal. Penyakit kulit yang juga dikenal dengan nama lichen simplex chronicus ini akan semakin gatal bila digaruk. Bercak kulit neurodermatitis yang sangat gatal biasanya muncul pada leher, pergelangan tangan, lengan, kaki, atau daerah anus.

Neurodermatitis sebenarnya bukan penyakit kulit yang berbahaya dan juga tidak menular. Namun, rasa gatal yang ditimbulkannya bisa sangat intens atau berulang, sehingga dapat mengganggu waktu tidur, aktivitas seksual, dan kualitas hidup pengidapnya. 

Sayangnya, neurodermatitis biasanya merupakan kondisi seumur hidup. Oleh karena itu, mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memicu rasa gatal sangat penting, agar kamu dapat mencegah kambuhnya neurodermatitis.

Baca juga: Penyakit Kulit Kronis, Kenali 4 Gejala Neurodermatitis

Penyebab dan Faktor Risiko Neurodermatitis

Penyebab neurodermatitis masih belum diketahui secara pasti. Namun, penyakit kulit ini bisa dimulai dari sesuatu yang hanya mengiritasi kulit, seperti pakaian yang terlalu ketat atau gigitan serangga. Saat kamu menggosok dan menggaruk terus-menerus daerah kulit yang teriritasi tersebut, rasa gatal akan semakin hebat. Semakin digaruk akan semakin gatal.

Dalam beberapa kasus, neurodermatitis juga dikaitkan dengan kondisi kulit kronis, seperti kulit kering, eksim atau psoriasis. Stres dan rasa cemas juga dapat memicu rasa gatal.

Berikut faktor-faktor risiko neurodermatitis yang perlu kamu ketahui:

  • Jenis Kelamin dan Usia

Neurodermatitis lebih sering dialami oleh wanita daripada pria. Kondisi kulit ini juga lebih sering terjadi di antara usia 30–50 tahun.

  • Kondisi Kulit Lainnya

Orang-orang yang memiliki riwayat pribadi atau keluarga dari penyakit kulit, seperti dermatitis, eksim, psoriasis atau kondisi kulit serupa lebih berisiko mengalami neurodermatitis.

  • Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan seperti stres dan perasaan tertekan juga dapat menyebabkan munculnya rasa gatal neurodermatitis. 

Jadi, bila tidak ingin mengalami rasa gatal, kelolalah stres dengan baik dengan cara melakukan kegiatan yang disukai dan positif, berolahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup.

Tips Mengatasi Neurodermatitis

Selain mengelola stres dengan baik, berikut ini tips-tips perawatan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi neurodermatitis:

  • Berhenti Menggosok dan Menggaruk

Gatal yang ditimbulkan penyakit neurodermatitis mungkin terasa intens, tetapi sebisa mungkin hindarilah menggosok dan menggaruk agar kondisi kulit tidak semakin parah.

  • Gunakan Kompres Dingin dan Basah

Cara ini bermanfaat untuk menenangkan kulit dan menghilangkan rasa gatal. Menggunakan kompres dingin dan basah pada kulit yang gatal selama beberapa menit sebelum kamu mengoleskan krim obat, juga dapat membantu krim meresap ke dalam kulit.

  • Gunakan Obat

Oleskan krim atau lotion anti gatal yang dijual bebas ke daerah yang terkena. Krim hidrokortison dapat menghilangkan rasa gatal untuk sementara. Sedangkan antihistamin oral seperti diphenhydramine, dapat meredakan rasa gatal yang parah dan membantu kamu tidur. Beberapa orang juga merasa lebih baik setelah menggunakan krim capsaicin, tetapi obat ini terasa menyengat saat awal digunakan.

  • Jaga Kuku Tetap Pendek

Kuku pendek dapat mencegah kerusakan kulit, apalagi bila kamu tidak sengaja menggaruk saat tidur.

  • Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat juga dapat meredakan rasa gatal dan membuat kamu lebih nyaman. Ingat untuk mandi dengan air hangat, bukan air panas. Gunakan sabun ringan tanpa pewarna atau parfum dan batasi waktu mandi kamu. Setelah mandi, lembapkan kulit kamu dengan menggunakan pelembap tanpa pewangi.

Baca juga: Mandi Air Dingin atau Air Panas, Lebih Baik Mana?

  • Hindari Pemicu Gatal

Perhatikan hal-hal apa saja yang dapat memicu rasa gatal dan sebisa mungkin hindari hal tersebut. Misalnya, mengelola stres dengan baik dan hindari menggunakan pakaian yang ketat.

Baca juga: Ini 5 Pilihan Pengobatan untuk Atasi Neurodermatitis

Itulah penjelasan mengenai neurodermatitis yang dapat dipicu oleh gangguan kecemasan. Bila kamu masih ingin mengetahui tentang penyakit kulit ini lebih lanjut, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya-tanya seputar kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Neurodermatitis.