Hubungi Dokter Ini untuk Perawatan Cerebral Palsy

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Maret 2024

“Cerebral palsy nyatanya bisa menganggu pengidapnya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, pengidapnya bisa menghubungi dokter di Halodoc untuk mendapatkan perawatan tepat agar gejala terkontrol dan fungsi sehari-hari bisa terfasilitasi.”

Hubungi Dokter Ini untuk Perawatan Cerebral PalsyHubungi Dokter Ini untuk Perawatan Cerebral Palsy

DAFTAR ISI

  1. Rekomendasi Dokter di Halodoc untuk Perawatan Cerebral Palsy
    1. dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S
    2. dr. Fitri Damayanti Sp.N
    3. dr. Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N
    4. dr. Faldi Yaputra Sp.N

Halodoc, Jakarta – Cerebral palsy (CP) adalah kelompok gangguan pergerakan permanen yang terjadi pada masa perkembangan otak. Kondisi ini dapat memengaruhi gerakan, postur, dan koordinasi tubuh.

Cerebral palsy biasanya terjadi karena kerusakan pada bagian otak yang mengontrol gerakan dan koordinasi tubuh, yang bisa terjadi sebelum, selama, atau setelah kelahiran.

Gejala pun bisa bervariasi dari ringan hingga parah, dan bisa mencakup masalah seperti kesulitan berjalan, kekakuan otot, gerakan yang tidak terkendali, ketidakmampuan mengontrol otot wajah, serta masalah koordinasi dan keseimbangan. 

Rekomendasi Dokter di Halodoc untuk Perawatan Cerebral Palsy

Meskipun cerebral palsy merupakan gangguan permanen, terapi dan perawatan medis tertentu dapat membantu meningkatkan kualitas hidup individu yang terkena dampaknya. 

Terapi fisik, terapi bicara, terapi okupasi, serta obat-obatan dan prosedur medis tertentu mungkin dapat membantu mengelola gejala dan memfasilitasi fungsi sehari-hari pengidap cerebral palsy. Nah, Ini Gejala Cerebral Palsy yang Bisa Terjadi pada Anak.

Jika kamu atau orang terdekat mengidap cerebral palsy, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis yang sudah berpengalaman yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S

Pertama, kamu bisa menghubungi dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2000 dan 2016. 

Ia saat ini berpraktik di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Memiliki pengalaman selama 24 tahun, ia mampu memberikan informasi lengkap mengenai perawatan cerebral palsy. 

Chat dr. Ni Nyoman Ayu Susilawati Sp.S mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Fitri Damayanti Sp.N

Selanjutnya, kamu juga bisa hubungi dr. Fitri Damayanti Sp.N yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin pada 2007 dan 2019.

Ia berpraktik di Pangkep, Sulawesi Selatan, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI)

Dengan pengalaman selama 17 tahun, Dr. Fitri Damayanti Sp.N memberikan saran perawatan tepat mengenai penyakit saraf, salah satunya cerebral palsy.

Chat dr. Fitri Damayanti Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N

Selanjutnya ada dr. Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara pada 2009 dan 2020. 

Dokter Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N  saat ini berpraktik di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalaman selama 15 tahun yang ia miliki, dr. Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan cerebral palsy.

Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait penyakit saraf lain, seperti mati rasa dan kesemutan, vertigo dan gangguan keseimbangan, nyeri sakit kepala, serta nyeri sendi dan punggung. 

Chat dr. Etiya Ekayana M.Ked(Neu), Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Faldi Yaputra Sp.N

Dokter lain yang bisa kamu hubungi adalah dr. Faldi Yaputra Sp.N. Ia adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Udayana pada 2022.

Saat ini, dr. Faldi Yaputra Sp.N berpraktik di Kota Gunung Sitoli, Sumatera Utara dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Dengan pengalaman selama 9 tahun yang ia miliki, dr. Faldi Yaputra Sp.N bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan cerebral palsy.

Ia juga bisa memberikan konsultasi tentang penyakit saraf, seperti mati rasa dan kesemutan, nyeri otot, vertigo dan gangguan keseimbangan, nyeri sakit kepala, serta nyeri sendi dan punggung. 

Chat dr. Faldi Yaputra Sp.N mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi terkait perawatan cerebral palsy yang tepat.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
American Family Physician. Diakses pada 2024. Cerebral palsy: An Overview. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Cerebral Palsy.
National Health Service UK. Diakses pada 2024. Cerebral Palsy. 
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2024. U.S. National Center on Birth Defects and Developmental Disabilities . 
U.S. National Institute of Neurological Disorders and Stroke. Diakses pada 2024. Cerebral Palsy. 
Healthline. Diakses pada 2024. Cerebral Palsy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan