Ikan Bawal Kaya Nutrisi untuk Kesehatan, Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Oktober 2023

“Protein, vitamin, asam lemak omega-3, dan berbagai mineral penting bisa kamu dapatkan dalam ikan bawal. Ikan satu ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan otak hingga penglihatan.”

Ikan Bawal Kaya Nutrisi untuk Kesehatan, Ini FaktanyaIkan Bawal Kaya Nutrisi untuk Kesehatan, Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Memiliki rasa yang sangat lezat dan harga yang cukup terjangkau membuat ikan bawal menjadi sumber protein hewani yang populer. Tak hanya itu, ikan yang hidup pada air tawar ini juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, sehingga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. 

Ikan bawal menjadi sumber makanan sehat dengan kandungan asam lemak omega-3, yang memberikan manfaat untuk sebagian besar organ tubuh. Selain itu, jenis seafood ini juga mengandung berbagai mineral, protein, dan vitamin, yang membuat makanan laut ini memang baik untuk menu sehat.

Kandungan Nutrisi pada Ikan Bawal

Saat kamu mengonsumsi ikan bawal sebanyak 100 gram, berikut nutrisi yang bisa kamu dapatkan:

  • Protein: 19 gram.
  • Fosfor: 150 miligram.
  • Besi: 2 miligram.
  • Kalori: 96 kalori.
  • Lemak: 1,7 gram.

Selain itu, ikan air tawar ini juga memiliki kandungan asam lemak omega-3, vitamin A, B12, D, dan mineral yodium, serta kalsium. Ikan ini juga tidak mengandung karbohidrat. 

Manfaatnya untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang kompleks pada ikan bawal membuat ikan ini baik untuk semua usia, termasuk ibu hamil dan anak-anak. Adapun manfaat dari mengonsumsi ikan satu ini antara lain:

1. Baik untuk penglihatan

Vitamin A pada ikan bawal memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan tersebut dapat membantu menajamkan penglihatan. Selain itu, asam lemak omega-3 pada ikan ini juga membantu mengurangi risiko mata mengalami degenerasi makula karena usia. 

Tak hanya ikan bawal, kamu juga bisa Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Mata Lebih Sehat.

2. Mengurangi risiko terkait kanker

Ikan turut menjadi salah satu rekomendasi makanan sehat yang membantu menurunkan risiko seseorang mengalami kanker, seperti kanker prostat pada pria atau kanker payudara pada wanita.

Ini berkat kandungan antioksidan dan asam lemak omega-3 pada ikan tersebut. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut. 

3. Mencegah masalah kesehatan pada tulang

Manfaat lain dari memasukkan ikan bawal dalam menu makan sehat adalah mencegah potensi terjadinya masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang, termasuk rakitis dan osteomalasia. 

Kedua gangguan kesehatan ini akan mengurangi kepadatan tulang, sehingga menjadi mudah retak karena rapuh. Rakitis sendiri lebih rentan terjadi pada anak, sedangkan osteomalasia lebih kerap menyerang orang dewasa. 

Kandungan vitamin D pada ikan bawal yang tinggi bisa membantu menguatkan tulang tubuh, sehingga dapat secara efektif mencegah risiko rakitis dan osteomalasia.

4. Baik untuk otak

Ikan dengan kandungan lemak baik seperti bawal juga menjadi menu yang tepat untuk menunjang otak anak. Selain itu, ikan satu ini kaya akan kandungan EPA dan DHA yang memberikan manfaat untuk perkembangan neurokognitif anak-anak. 

Apalagi, bawal juga menjadi salah satu jenis ikan yang tidak memiliki banyak duri. Selain itu, kamu pun dapat mengonsumsi 5 Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Fungsi Otak.

5. Menurunkan risiko masalah kesehatan jantung

Penelitian menyebutkan, seseorang yang rutin mengonsumsi ikan lebih rendah risikonya untuk mengalami masalah kesehatan jantung, daripada mereka yang tidak mengonsumsi makanan tersebut. Manfaat ini juga termasuk mengonsumsi ikan bawal.

Asam lemak omega-3 pada bawal dapat secara efektif mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Selain itu, asam lemak ini juga mengurangi bintik yang muncul pada pembuluh darah yang merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah jantung. 

Tak ketinggalan, nutrisi pada bawal juga dapat menurunkan kadar lemak jahat atau trigliserida sekaligus membantu memperbaiki detak jantung yang tidak normal. Kandungan protein tanpa lemak pada ikan ini juga baik untuk mendukung jantung lebih sehat.

Jadi, ternyata benar jika bawal memang ikan yang kaya nutrisi, ya? Mulai sekarang, yuk, lebih sering mengonsumsi ikan dan makanan sehat lainnya!

Jika kamu atau anggota keluargamu memiliki keluhan kesehatan, jangan tunda untuk melakukan pengobatan. Tanya dokter umum dari Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan praktis.

Referensi:
Agricultural Guide. Diakses pada 2022. Pomfret Fish Benefits And Nutritional Values.
Dr Health Benefits. Diakses pada 2022. 30 Health Benefits of Pomfret Fish (Research-Based).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan