• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Buah yang Mengandung Air Tinggi

Ini 4 Buah yang Mengandung Air Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Konsumsi buah secara rutin sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, buah-buahan dikenal sebagai makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi penting, seperti serat, vitamin, serta air. Mengonsumsi buah yang banyak mengandung air bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga terhindar dari kondisi kekurangan cairan dalam tubuh alias dehidrasi

Hampir semua jenis buah mengandung banyak nutrisi, sehingga baik untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa jenis buah tertentu yang memiliki kandungan air lebih banyak dibanding buah lainnya. Kalau kamu memiliki aktivitas yang padat, mengonsumsi buah yang banyak mengandung air sangat disarankan. Hal ini bertujuan untuk membantu menjaga kadar air di dalam tubuh yang mungkin hilang akibat aktivitas. Lantas, apa saja jenis buah yang mengandung air tinggi dan sebaiknya dikonsumsi? 

Baca juga: Perbanyak Serat, Ini Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Saat Puasa

Buah yang Mengandung Air Tinggi 

Banyak orang yang menganggap bahwa minum air putih yang cukup saja sudah bisa memenuhi kebutuhan cairan. Tapi perlu diketahui, asupan air untuk tubuh nyatanya tidak hanya didapat dari air putih tapi juga dari asupan makanan. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan bisa menjadi salah satu pilihan untuk memastikan asupan air sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. 

Kandungan air pada buah bisa membantu menghidrasi tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala berupa sakit kepala, lemas, dan kesulitan berkonsentrasi. Kamu bisa membantu memenuhi kebutuhan air pada tubuh dengan mengonsumsi beberapa jenis buah yang tinggi kandungan air, seperti: 

1. Semangka 

Buah yang satu ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Dalam satu buah semangka, terdapat sekitar 91 hingga 92 persen air. Selain itu, buah semangka juga mengandung vitamin C, vitamin A, magnesium, serta antioksidan yang baik untuk tubuh. Rutin mengonsumsi buah ini bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semangka juga baik dikonsumsi saat diet, sebab bisa memberi rasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan berlebih.

Baca juga: 7 Buah untuk Melancarkan Pencernaan

2. Belimbing 

Belimbing memiliki kandungan air hingga 91 persen. Buah ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan. Mengonsumsi buah belimbing tidak hanya bisa membantu menghidrasi tubuh, tetapi juga membuat jantung menjadi lebih sehat. Meski begitu, orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal sebaiknya menghindari buah ini karena kandungan asam oksalat belimbing cukup tinggi.

3. Stroberi

Buah yang memiliki rasa sedikit asam ini ternyata juga banyak mengandung air. Buah stroberi mengandung 91 persen air. Ada juga kandungan vitamin C, mangan, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi buah stroberi bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, hingga Alzheimer. 

4. Jeruk

Penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan mengonsumsi buah jeruk, terutama jeruk bali. Jenis makanan ini disebut memiliki kandungan air hingga 90 persen. Jeruk bali juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, dan folat. Konsumsi buah ini juga bisa membantu mengontrol berat badan, sebab jeruk bali mampu menstabilkan gula darah dan membakar lemak.  

Baca juga: Selain Pepaya, 5 Buah Ini Bisa Melancarkan BAB

Cari tahu lebih lanjut seputar jenis buah dan makanan lain yang memiliki kandungan air tinggi dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah kapan dan di mana saja menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated.
Health. Diakses pada 2019. 15 Foods That Help You Stay Hydrated.