Ini 5 Cara Tepat untuk Berhenti Menjadi People Pleaser

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 November 2023

“Agar tidak membahayakan kesehatan mental, ada beberapa cara tepat untuk berhenti menjadi seorang people pleaser. Salah satunya adalah dengan memprioritaskan kebahagiaan diri sendiri.”

Ini 5 Cara Tepat untuk Berhenti Menjadi People PleaserIni 5 Cara Tepat untuk Berhenti Menjadi People Pleaser

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Saat ini, istilah people pleaser kerap terlintas di sejumlah platform media sosial. Nah, istilah people pleaser sebenarnya mengacu pada seseorang yang ingin selalu bermanfaat dan memenuhi ekspektasi orang lain.  Baik memberi bantuan secara materi, maupun ketersediaan waktu. 

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan menjadi orang tersebut. Namun pada titik tertentu, terus-menerus membantu dan tersedia bagi orang lain dapat berdampak buruk. 

Khususnya secara emosional yang akhirnya memengaruhi kesehatan mental. Sebab, berusaha menyenangkan setiap orang dapat membuatmu mengabaikan kebutuhan sendiri. 

Jika kamu adalah salah satu orang yang merasa menjadi people pleaser, sebenarnya ada beberapa cara tepat untuk menjadi salah satunya. 

Cara Tepat untuk Berhenti Menjadi People Pleaser

Agar tidak membahayakan kesehatan mental, berikut adalah beberapa cara tepat untuk berhenti menjadi orang yang selalu ingin menyenangkan orang lain: 

1. Kebahagiaan Diri Sendiri adalah Prioritas Utama

Cara berhenti menjadi people pleaser yang pertama adalah mengingat jika kebahagiaan diri sendiri adalah prioritas utama. Kebahagiaan bukan dicari, tetapi harus bisa diciptakan oleh diri sendiri. 

Jika selalu menggantungkan kebahagiaan dengan cara membahagiakan orang lain, kamu tidak akan mengerti bagaimana rasanya jika diri sendiri bahagia. 

2. Lebih Tegas Dalam Berkata dan Bertindak

Langkah selanjutnya untuk berhenti menjadi people pleaser adalah dengan tegas dalam berkata dan bertindak. Hal tersebut bertujuan agar orag lain tidak menyepelekanmu. 

Jika kamu bersifat lembek, hal ini malah menmbulkan risiko orang lain akan memanfaatkanmu. Jadi, mulai sekarang usahakan untuk selalu bertindak dan berkata tegas pada siapapun, ya.

Selain itu, kamu mungkin merasa sedih karena telah membiarkan orang lain memanfaatkanmu. Agar tidak berlarut, ada sejumlah cara untuk berdamai dengan diri sendiri. Simak informasinya dalam artikel: Bikin Hidup Lebih Bahagia, Ini 4 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri

3. Hidupmu Bukan untuk Orang Lain

Seorang yang ingin membuat orang lain senang perlu mengatur ulang mindset yang tertanam di otak. Ingatlah bahwa kamu bukan alat untuk membahagiakan orang lain. Kamu perlu menyadari jika kamu bukan hidup untuk orang lain. 

Carilah kebahagiaan diri sendiri tanpa mengedepankan kepentingan siapa pun. Manfaatkan hidup dengan sebaik-baiknya dan kelola stres dengan baik. Sebab, waktu yang telah terbuang sia-sia tidak akan bisa kembali lagi.

4.Mulai Sekarang Harus Berani Menolak Permintaan

Salah satu penyebab seseorang menjadi people pleaser adalah ketidakberanian untuk mengatakan ‘tidak’ pada orang lain. Mulai sekarang, kamu harus berani mengatakan tidak.

Terutama jika orang lain memiliki permintaan yang merugikanmu. Menolak dapat kamu lakukan secara baik-baik atau tegas.

5.Jangan Ingin Terlihat Baik di Mata Orang

Jangan berupaya keras terlihat baik di mata orang lain dengan merugikan diri sendiri. Penting untuk memiliki kemampuan membedakan prioritas, siapa saja orang yang ingin kamu bantu. 

Tujuannya, agar kamu benar-benar bisa membantu mereka yang menghargaimu, ketimbang mereka yang hanya memanfaatkan kebaikanmu. Selain itu, kamu harus pintar dalam mengenai batasan atas sikap yang kamu miliki.

Nah, ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat boundaries atau batasan. Simak informasinya dalam artikel: 7 Cara Bangun Personal Boundaries untuk Kesehatan Mental.

Itulah beberapa cara tepat untuk berhenti menjadi people pleaser. Seorang people pleaser akan selalu berusaha menyenangkan orang lain dengan berbagai cara, bahkan jika itu merugikan diri sendiri. 

Membantu dan dimanfaatkan memiliki arti yang berbeda, lho. Nah, apabila kamu adalah people pleaser tetapi beberapa cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, segeralah hubungi psikolog. 

Psikolog yang tepat tentunya dapat membantumu menghadapi situasi ini. Cek rekomendasi psikolog terbaik melalui aplikasi Halodoc

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Stop People-Pleasing (and Still Be Nice).
Psychology Today. Diakses pada 2023. 10 Signs You’re a People-Pleaser.
Science of People. Diakses pada 2023. 11 Expert Tips to Stop Being a People Pleaser and Start Doing You. WebMD. Diakses pada 2023, What Is a People Pleaser? 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan