Ini 5 Dampak Gula Darah yang Tidak Terkontrol pada Pengidap Diabetes

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 April 2024

“Gula darah tak terkontrol pada diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, ginjal, mata, dan jantung. Jika dibiarkan tanpa penanganan, hal ini berpotensi mengakibatkan komplikasi serius.”

Ini 5 Dampak Gula Darah yang Tidak Terkontrol pada Pengidap DiabetesIni 5 Dampak Gula Darah yang Tidak Terkontrol pada Pengidap Diabetes

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi


Halodoc, Jakarta – Gula darah adalah kadar glukosa yang penting untuk energi tubuh. Namun, kadarnya perlu terjaga dengan baik dalam rentang normal untuk kesehatan.

Jika kadarnya tinggi, ini berbahaya karena dapat merusak organ-organ penting seperti jantung, mata, ginjal, dan saraf. Selain itu, dapat meningkatkan risiko komplikasi serius pada penderita diabetes.

Lantas, apa yang akan terjadi jika tidak melakukannya?

Dampak Kadar Gula Tinggi pada Diabetes

Tidak rutin melakukan cek gula darah dapat berdampak buruk pada pengidap diabetes. Tanpa rutin melakukan pemeriksaan ini, maka dokter dan pengidap diabetes tidak dapat mengetahui kadar gula darahnya. 

Nah, kadar yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi serius pada mereka.Beberapa di antaranya: 

1. Komplikasi kesehatan jangka panjang

Tanpa pemantauan yang teratur, kadarnya bisa melonjak tinggi atau merosot rendah secara tidak terkontrol. Ini dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang seperti kerusakan organ. 

Kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama dapat merusak pembuluh darah, saraf, dan organ-organ penting seperti jantung, ginjal, dan mata.

2. Gangguan penglihatan

Kadarnya tinggi menyebabkan kebutaan karena dampaknya pada pembuluh darah kecil di mata (retinopati diabetik). Ini adalah lapisan sensitif cahaya di bagian belakang mata untuk penglihatan.

Seiring waktu, penyakit dapat berkembang menjadi lebih serius, menyebabkan pembentukan pembuluh darah yang tidak normal. Dampaknya bisa merusak jaringan retina lebih lanjut dan  menyebabkan kebutaan permanen.

Untuk memantau kadar gula darah normal dalam tubuh, ini angka yang tepat berdasarkan usia: Catat, Ini Kadar Gula Darah yang Normal dalam Tubuh Berdasarkan Usia

3. Luka sulit sembuh

Glukosa darah tinggi dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Kondisi tersebut merusak pembuluh darah, membuat aliran darah di sekitar luka menjadi terhambat. 

Akibatnya, pasokan oksigen dan nutrisi pada sel-sel yang bekerja untuk penyembuhan menjadi terbatas. Hal ini bisa menghambat proses penyembuhan yang optimal dan meningkatkan risiko infeksi.

Sudah tahu mengenai necrotizing fasciitis yang rentan menyerang pengidap diabetes? Baca selengkapnya di artikel ini: Mengenal Necrotizing Fasciitis: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya“.

4. Masalah jantung dan pembuluh darah

Diabetes dan kadar gula darah yang tidak terkontrol meningkatkan risiko masalah jantung dan pembuluh darah. Misalnya, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke. 

Alasannya, kadar gula darah tinggi dapat merusak dinding pembuluh darah, mempersempit aliran darah, dan memicu peradangan. Karena ini, muncul gejala berupa sesak, sakit pada dada, dan perubahan detak jantung.

Sebelum memutuskan untuk melakukan cek gula darah, ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dulu: Apa yang Perlu Diketahui tentang Tes Gula Darah?

5. Penurunan kualitas hidup

Ketidakstabilan gula darah dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, haus berlebihan, sering buang air kecil, dan penurunan energi. Semua ini dapat berdampak negatif pada kualitas hidup sehari-hari, membatasi aktivitas dan produktivitas.

Penting untuk melakukan cek gula darah secara teratur dan mengikuti rencana pengobatan yang direkomendasikan oleh profesional medis. Tujuannya untuk mengelola diabetes dan mencegah komplikasinya.

Konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi Halodoc jika mengalami gejala gula darah tinggi. Misalnya, sering buang air kecil, haus berlebihan, luka sulit sembuh, dan mengalami sensasi kesemutan atau kebas.

Kondisi tersebut merupakan gejala awal kadar gula darah yang tinggi. Imbangi juga dengan perubahan pola hidup jadi lebih sehat. Caranya dengan mengonsumsi makanan ini: 9 Rekomendasi Makanan Penurun Gula Darah, Cepat dan Efektif

Jika kamu ingin melakukan pemeriksaan gula darah, kamu bisa memesannya di aplikasi Halodoc melalui layanan Home Lab (tersedia di Jabodetabek dan Surabaya). Klik gambar berikut untuk memesannya sekarang:

Home Lab Halodoc

Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Untuk menghindari dampak-dampak gula darah tinggi tersebut, kamu dapat segera melakukan pengobatan. Berikut ini beberapa rekomendasi obat diabetes untuk mengontrol kadar gula tinggi.

1. Lipesco 10 Kaplet

Obat diabetes pertama yang dapat kamu gunakan adalah Lipesco 10 Kaplet. Lipesco 10 Kaplet mengandung A-Lipoicacid disertai dengan vitamin B12, vitamin E, Vitamin B-i mononitrat, dan vitamin B6 HCI. Maka dari itu, obat kaplet ini dapat berfungsi membantu memelihara kesehatan pada penderita diabetes.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini sesudah makan dengan dosis 1 kali sehari 1 kaplet. Perlu diperhatikan, obat ini hanya untuk penderita diabetes yang telah ditetapkan oleh dokter. Selama penggunaan, pastikan kamu juga tetap berkonsultasi pada dokter secara berkala.

Rentang harga: Rp84.600 – Rp105.200 per strip.

Dapatkan Lipesco 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Diabetone 6 Kapsul

Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan obat diabetes Diabetone 6 Kapsul. Diabetone merupakan obat yang bermanfaat sebagai terapi nutrisi penunjang pada pengidap diabetes bersama dengan diet, olahraga, dan terapi obat.

Obat ini mengandung sejumlah mineral, seperti chromium, magnesium, zinc, hingga zat besi. Selain itu, obat ini juga dilengkapi dengan berbagai vitamin dan kandungan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini sebelum atau sesudah makan sebanyak 1 kali sehari 1 kapsul. Apabila timbul ketidaknyamanan pada saluran pencernaan, obat ini juga dapat dikonsumsi bersama makanan.

Rentang harga: Rp37.600 – Rp91.700 per strip.

Dapatkan Diabetone 6 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Nutrimax Diagard 30 Kapsul

Obat lainnya bagi pengidap diabetes adalah Nutrimax Diagard 30 Kapsul. Nutrimax Diagard mengombinasikan herbal dan mineral penting yang bekerja secara lengkap untuk menormalkan gula darah.

Selain membantu mengontrol gula darah, obat ini juga bermanfaat membantu mengoptimalkan fungsi kelenjar pankreas, penghasil hormon insulin untuk menormalkan kadar gula darah, serta membantu mencegah komplikasi & mempercepat penyembuhan luka akibat diabetes (gatal, koreng, gangrene).

Kamu dapat meminum obat ini 30 menit sebelum makan sesuai dosis 1-2 kapsul perhari. Obat ini hanya untuk penderita kencing manis yang telah ditetapkan oleh dokter.

Rentang harga: Rp224.000 – Rp402.700 per botol.

Dapatkan Nutrimax Diagard 30 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Neofer 6 Kaplet

Opsi obat diabetes lainnya untuk menurunkan gula darah adalah Neofer 6 Kaplet.  Obat ini bermanfaat mengobati neuropati diabetikum, kondisi dimana terjadi kerusakan saraf akibat gula darah tinggi pada pengidap diabetes. Neofer juga dapat membantu mencegah & memperbaiki kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini saat perut kosong sebelum makan. Dosis yang dianjurkan untuk pengobatan adalah 2-3 kali sehari 1 kaplet. Sementara itu, dosis untuk pencegahan & pemeliharaan adalah sebanyak 1 kali sehari 1 kaplet

Rentang harga: Rp35.100 – Rp65.800 per strip.

Dapatkan Neofer 6 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Ala 600 6 Kaplet

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan obat diabetes Ala 600 6 Kaplet. Sama seperti Neofer, obat ini secara khusus ditujukan untuk pengobatan neuropati diabetikum. Selain itu, obat ini juga dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas.

Obat ini dapat dikonsumsi sebelum makan dengan dosis yang berbeda sesuai tujuan pemakaian. Untuk profilaksis dan pemeliharaan serta antioksidan, kamu disarankan mengkonsumsi obat ini 1 kaplet/hari. Sementara itu, dosis 2-3 kali sehari 1 kaplet bermanfaat untuk pengobatan.

Rentang harga: Rp40.300 – Rp76.800 per strip.

Dapatkan Ala 600 6 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Demikian sejumlah obat yang dapat membantu mengurangi gula darah tinggi bagi pengidap diabetes.

Untuk mendapatkan berbagai obat tersebut, kamu dapat mengunjungi Toko Kesehatan Halodoc. Obat akan dikirim langsung dengan cepat langsung ke lokasimu!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Is a Blood Glucose Test?
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Blood sugar testing: Why, when and how.
Healthline. Diakses pada 2023. Blood Sugar Test.
Medline Plus. Diakses pada 2023. Blood Glucose Test.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan