Ini 5 Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Herbal yang Ampuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 April 2024

“Kamu dapat menggunakan sejumlah obat herbal alami seperti Lo Han Kuo Infusion, Sanjin Watermelon Frost Lozenges, Cheng Sie Lung Hau Feng, Golden Throat Lozenges, hingga Enkasari Herbal untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat radang tenggorokan. Obat-obatan tersebut bisa didapatkan di Toko Kesehatan Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Herbal yang AmpuhIni 5 Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Herbal yang Ampuh

DAFTAR ISI:

Pilihan Obat Radang Tenggorokan Herbal

Halodoc, Jakarta – Radang tenggorokan dapat terjadi akibat infeksi virus, bakteri, atau dari kebiasaan merokok. Rasa sakit dari radang tenggorokan bisa menyebabkan ketidaknyamanan seperti kesulitan menelan makanan, suara serak, bau mulut, batuk ringan, hingga hilangnya nafsu makan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena radang tenggorokan ringan umumnya dapat sembuh dalam waktu seminggu. Kamu dapat menggunakan sejumlah obat herbal alami untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat radang tenggorokan. 

Mau tahu apa saja pilihan obat radang tenggorokan herbal yang ampuh? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

Pilihan Obat Radang Tenggorokan Herbal

Berikut ini adalah obat herbal untuk sakit tenggorokan yang bisa kamu dapatkan di apotek:

1. Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet

Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet adalah  obat radang tenggorokan herbal yang terbuat dari campuran buah Fructus Momordicae dengan gula tebu. Buah Lo Han Kuo sendiri sejak lama telah digunakan pada pengobatan tradisional Cina, dan dikenal dengan manfaatnya dalam meredakan radang tenggorokan, batuk, serta panas dalam.

Kamu dapat minum Lo Han Kuo Infusion Tablet dengan cara melarutkan satu potong Lo Han Kuo dalam 100 ml air hangat (bisa juga air dingin). Lo Han Kuo dapat dikonsumsi 1-2 kali dalam 1 kotak kecil (14 gram) per hari dalam 100 cc air.

Rentang harga: Rp17.300 – Rp36.500 per box.

Dapatkan Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12 Tablet

Rekomendasi selanjutnya untuk  obat radang tenggorokan herbal adalah Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12 Tablet. Obat ini merupakan obat hisap dari bahan herbal dengan rasa manis dan dingin. Sanjin Watermelon Frost Lozenges ini bermanfaat untuk meredakan panas dalam yang disertai tenggorokan kering.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini dengan cara menghisap satu tablet perlahan-lahan hingga larut dalam mulut. Dosis yang disarankan adalah sebanyak 1-2 tablet dan dihisap 3 kali per hari. 

Kisaran harga: Rp20.500 per box.

Dapatkan Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Cheng Sie Lung Hau Feng Yao San 1.2 G

Cheng Sie Lung Hau adalah pilihan herbal yang juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan

Kandungan dari herbal ini adalah ekstrak alami dari tumbuhan pilihan seperti Glycyrrhiza glabra radix, Sophorae tonkinensis radix, Indigo naturalis herba, calcitum, dan Dryobalanops aromatica resin. 

Gunakan obat ini 2-3 kali setiap jam dengan cara ditaburkan ke dalam mulut.  

Rentang harga: Rp5.500 – Rp6.300 per botol.

Dapatkan Cheng Sie Lung Hau Feng Yao San 1.2 G di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Golden Throat Lozenges 12 Tablet

Golden Throat Lozenges 12 Tablet adalah obat herbal tradisional Cina yang berkhasiat untuk menyegarkan tenggorokan, meredakan peradangan, melindungi tenggorokan, menghilangkan bau mulut.

Obat ini dapat dikonsumsi dengan cara menghisap satu tablet perlahan-lahan hingga larut dalam mulut. Dosis yang disarankan untuk pemakaian Golden Throat Lozenges adalah sehari 6 kali 1 tablet.

Rentang harga: Rp21.200 per box.

Dapatkan Golden Throat Lozenges 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Enkasari Herbal 120 ml

Obat radang tenggorokan herbal lainnya yang dapat kamu gunakan adalah Enkasari Herbal 120 ml. Produk ini merupakan obat herbal dengan ekstrak daun saga, daun sirih, dan akar kayu manis yang bersifat menyegarkan mulut.

Kamu dapat menggunakan obat ini dengan cara menuangkannya pada tutup botol dan berkumur selama 30 – 60 detik. Enkasari Herbal dapat kamu gunakan mengikuti aturan:

  • Dewasa: 3 kali sehari 2 gelas takar
  • Anak – anak > 5tahun : 2 kali sehari 1 gelas takar (1 gelas takar = 15ml).

Perlu diingat bahwa Enkasari Herbal adalah obat kumur yang tidak boleh ditelan.

Kisaran harga: Rp26.500 per botol.

Dapatkan Enkasari Herbal 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu juga bisa meredakan sakit tenggorokan tanpa obat-obatan. Begini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Tanpa Obat.

Itulah sejumlah obat radang tenggorokan herbal yang dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat radang tenggorokan. Kamu bisa mendapatkan obat-obat herbal di atas dan produk kesehatan lainnya dengan cepat dan mudah melalui Toko Kesehatan Halodoc.

Referensi:
Health Direct. Diakses pada 2024. Sore Throat.
NHS. Diakses pada 2024. Sore throat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan