Ini 7 Cara Perkuat Sistem Imun Tubuh untuk Cegah Infeksi COVID-19

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Desember 2023

“Sistem kekebalan tubuh yang prima memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya infeksi COVID-19. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari mencukupi waktu istirahat hingga mengelola stres dengan baik”.

Ini 7 Cara Perkuat Sistem Imun Tubuh untuk Cegah Infeksi COVID-19Ini 7 Cara Perkuat Sistem Imun Tubuh untuk Cegah Infeksi COVID-19

Halodoc, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia mencatat adanya peningkatan kasus positif COVID-19. Selain varian XBB, Indonesia juga sudah mendeteksi adanya subvarian baru, yaitu EG2 dan EG5. Berdasarkan data Kemenkes per 6 Desember 2023, rata-rata kasus harian COVID-19 bertambah sebanyak 35-40 kasus.

Nah, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penularan COVID-19. Salah satunya dengan meningkatkan sistem imun. Lantas, bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi COVID-19? 

1. Istirahat yang cukup

Tidur malam yang berkualitas merupakan cara tersimpel untuk memperkuat sistem imun. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa setidaknya membutuhkan tidur selama 7–9 jam tiap harinya. 

Tanpa tanpa tidur yang cukup tubuh tidak bisa memproduksi sitokin dengan jumlah yang banyak. Padahal, sitokin merupakan sejenis protein untuk melawan infeksi dan peradangan yang secara efektif menciptakan respons imun. Nah, sitokin ini diproduksi dan dilepaskan selama kita tertidur.

Istirahat yang cukup juga bisa memupuk produksi Sel T di dalam tubuh. Sel T merupakan kelompok sel kekebalan tubuh yang berperan penting dalam sistem imun terhadap virus. Sel T akan menyerang dan menghancurkan sel pembawa virus. Di samping itu, tidur yang berkualitas juga bisa meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap ancaman penyakit. 

Mau tahu apa yang sebaiknya jangan dan harus dilakukan terkait COVID-19? Baca di sini: “Hadapi Virus Corona, Ini Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan”.

2. Rutin berolahraga

Cara memperkuat sistem imun untuk melawan virus corona juga bisa melalui olahraga. Keistimewaan olahraga amat beragam, salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga bisa merangsang kinerja antibodi dan sel-sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel kekebalan tubuh yang melawan berbagai penyakit.

Melalui olahraga juga sel darah putih bisa bersirkulasi lebih cepat. Alhasil, sel-sel tersebut bisa lebih awal untuk mendeteksi penyakit. Menariknya lagi, olahraga juga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan. Kondisi inilah yang bisa mengurangi risiko terjangkit flu atau penyakit lainnya. 

Bagaimana dengan intensitasnya? Menurut anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam Physical Activity and Adults, orang dewasa (18–64) harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang dalam satu minggu. Bisa juga 75 menit aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi dalam satu minggu. 

3.  Konsumsi makanan bergizi seimbang

Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Caranya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur, dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Baca juga informasi lainnya terkait COVID-19 di artikel ini: Ini yang Harus Diperhatikan saat Isolasi di Rumah Terkait Virus Corona

4. Makanan penunjang sistem imun

Cara memperkuat sistem imun juga bisa melalui makanan-makanan yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Contohnya, brokoli dan bayam. Brokoli kaya serat, antioksidan, vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi inilah yang bisa memperkuat sistem imun tubuh. 

Sedangkan bayam hampir serupa. Sayuran hijau ini kaya antioksidan, beta karoten, vitamin C, dan vitamin A. Nutrisi ini juga dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain bayam dan brokoli, masih ada makanan lainnya yang bisa kita konsumsi. Contohnya, bawang putih, kunyit, buah-buahan (jeruk, lemon, kiwi, beri, jambu, hingga pepaya), makanan laut (ikan, kerang, dan tiram), hingga yoghurt. 

5. Hindari atau jangan merokok

Baik rokok nikotin atau elektronik, baik perokok pasif maupun aktif, terpapar nikotin amat merugikan bagi sistem kekebalan tubuh. Nikotin bisa meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) yang mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respons antigen sel T (kelompok sel dalam sistem imun tubuh). 

6. Batasi konsumsi alkohol

Alkohol memang bisa membunuh virus corona, tetapi pada permukaan benda mati, bukannya di dalam tubuh. Kadar alkohol yang berlebihan di dalam tubuh bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Karena itu, batasilah atau hindarilah konsumsi alkohol yang berlebihan. 

7. Kelola stres dengan baik

Stres bisa memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Tingginya hormon kortisol dalam tubuh bisa membuat sistem imun melemah. Karena itu, ketika stres menyerang, cobalah kelolanya dengan baik.

Kamu bisa kok untuk meluangkan waktu melakukan hobi, aktif bersosialisasi, melakukan teknik relaksasi, atau olahraga. Jangan salah, olahraga juga bisa memperlambat pelepasan hormon stres lho. 

Mau tahu perbedaan antara infeksi COVID-19 dengan flu? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini Perbedaan dan Persamaan Antara Flu dan COVID-19

Nah, sudah tahu kan cara memperkuat sistem imun untuk menangkal virus corona penyebab COVID-19. Kamu juga bisa konsultasi dengan dokter di Halodoc untuk mengetahui pengobatan dan pencegahan yang tepat.

Klik gambar di bawah untuk mulai konsultasi dengan biaya mulai dari Rp20 ribu saja.

chat dokter halodoc
Referensi:
Kemenkes – Sehatnegeriku. Diakses pada 2023. Kasus COVID-19 Naik Lagi, Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Prokes
CDC. Diakses pada 2020. People at Risk for Serious Illness from COVID-19.
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Foods That Boost the Immune System.
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. National Sleep Foundation Recommends New Sleep Times.
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. How Sleep Affects Your Immunity.
National Institutes of Health – Medlineplus. Diakses pada 2020. Exercise and immunity.
Psychology Today. Diakses pada 2020. How You Can Use Sleep to Fight Back Against Coronavirus.
WHO. Diakses pada 2020. Physical Activity and Adults.
Web MD. Diakses pada 2020. 13 Tips to Strengthen Your Immune System.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan