Ini 9 Rekomendasi Susu untuk Orang Tua dan Tips Memilihnya

9 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 September 2023

“Ada beberapa alasan pentingnya susu untuk orang tua atau lansia. Di antaranya sebagai sumber antioksidan, sebagai sumber kalsium dan vitamin D, dan untuk mencukupi kebutuhan kalori yang kurang dari makanan sehari-hari.”

Ini 9 Rekomendasi Susu untuk Orang Tua dan Tips MemilihnyaIni 9 Rekomendasi Susu untuk Orang Tua dan Tips Memilihnya

Halodoc, Jakarta – Susu merupakan minuman sehat yang tidak hanya baik untuk anak-anak, tapi juga orang tua. Konsumsi susu untuk orang tua memberikan banyak manfaat, termasuk orang berusia 60 tahun ke atas. 

Bagi beberapa orang tua, susu lebih dari sekadar nutrisi. Minuman ini memberikan kenyamanan dan kesehatan di tahun-tahun emas mereka.

Hal ini mengingat susu merupakan sumber vitamin D dan kalsium yang baik. Kandungan tersebut memang lansia butuhkan untuk menjaga kekuatan tulang, kekuatan otot, dan mencegah osteoporosis. 

Rekomendasi Susu untuk Orang Tua

Menurut National Osteoporosis Foundation, setidaknya sebanyak 50 persen wanita dan 25 persen pria yang sudah memasuki usia 50 tahun atau lebih, lebih rentan mengalami patah tulang karena osteoporosis.

Nah untuk mencegahnya, ada baiknya untuk memilih susu untuk orang tua untuk memenuhi gizi yang mereka butuhkan. Hal tersebut mengingat nafsu makan lansia cenderung semakin menurun. 

Berikut ini beberapa rekomendasi susu untuk orang tua yang bisa kamu pilih:

1. Appeton 60 Plus

Appeton 60 Plus, susu untuk orang tua

Susu ini khusus untuk orang dengan usia 60 tahun ke atas. Produk ini mengklaim dapat membantu penyerapan protein dan mengurangi risiko kekurangan nutrisi.

Susu ini mengandung nutrisi utama yang lansia perlukan, termasuk protein 30 gram, vitamin D 300 IU, dan karbohidrat 52 gram. 

Kamu dapat memberikan susu ini pada orang tua tercinta sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. 

Rentang harga: Rp248.000 – Rp466.000

Dapatkan Appeton 60 Plus  di Toko Kesehatan Halodoc

2. Entrasol Gold Cokelat

Entrasol Gold Cokelatsusu untuk orang tua

Menurunnya nafsu makan pada lansia dapat membuat penyerapan nutrisi pada tubuh menjadi tidak maksimal.

Hal tersebut dapat kamu cegah dengan mengonsumsi susu yang sesuai seperti Entrasol Gold Cokelat. Susu ini mengandung banyak kalsium yang baik untuk orang usia 50 tahun ke atas. 

Produk ini juga mengklaim dapat melindungi organ tubuh dari penyakit degeneratif, seperti osteoporosis, jantung koroner, dan rematik.

Manfaat tersebut karena kandungan antioksidan, seperti vitamin C dan E, yang dapat melindungi orang tubuh secara keseluruhan. Selain itu, susu ini juga mengandung banyak serat yang lansia perlukan. 

Rentang harga: Rp30.700 – Rp50.700

Dapatkan Entrasol Gold Cokelat di Toko Kesehatan Halodoc

3. Entrasol Gold Plain

Rekomendasi berikutnya yaitu Entrasol Gold Plain. Susu ini mengandung banyak kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang lansia perlukan untuk memperlambat terjadinya osteoporosis.

Rentang harga: Rp37.000 – Rp49.000

Dapatkan Entrasol Gold Plain di Toko Kesehatan Halodoc

4. Entrasol Active Chocolate

Kamu juga bisa memberikan susu Entrasol Active Chocolate pada orang tua yang kamu cintai.

Susu ini dapat melindungi orang tubuh dari penyakit degeneratif, seperti osteoporosis, penyakit jantung koroner, hingga rematik.

Oleh karena itu, lansia dapat tetap hidup sehat dan aktif. Manfaat tersebut hadir karena adanya kandungan kalsium, omega 3 dan 6, antioksidan, dan mineral lainnya. 

Rentang harga: Rp28.700 – Rp43.500

Dapatkan Entrasol Active Chocolate di Toko Kesehatan Halodoc

5. Entrasol Platinum Vanilla 400 g

Entrasol Platinum mengandung protein dengan kualitas tinggi. Protein adalah komponen penting dalam tubuh, terutama bagi lansia yang memerlukan asupan protein yang cukup untuk mempertahankan massa otot, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Rentang harga: Rp108.600 – Rp150.000

Dapatkan Entrasol Platinum Vanilla 400 g di Toko Kesehatan Halodoc

6. Anlene Gold Plus Rasa Cokelat 250 g

Anlene Gold Plus Rasa Cokelat mengandung omega-3, yang berkontribusi pada kesehatan jantung dan otak lansia.

Omega-3 membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, menurunkan risiko penyakit jantung, serta mendukung fungsi otak dan kognitif yang baik.

Rentang harga: Rp32.900 – Rp60.500

Dapatkan Anlene Gold Plus Rasa Cokelat 250 g di Toko Kesehatan Halodoc

7. Ensure Cokelat 400 gr

Susu Ensure Cokelat mengandung kalsium dan vitamin D, yang bekerja bersama-sama untuk menjaga kesehatan tulang.

Kalsium membantu menjaga kepadatan tulang, sementara vitamin D membantu penyerapan kalsium yang lebih baik oleh tubuh.

Hal ini sangat penting bagi lansia untuk mencegah risiko osteoporosis dan patah tulang.

Rentang harga: Rp119.600 – Rp181.700

Dapatkan Ensure Cokelat 400 gr di Toko Kesehatan Halodoc

8. Goldsure By Ensure 400 gr

Goldsure By Ensure adalah suplemen nutrisi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi lansia.

Produk ini mengandung berbagai nutrisi penting yang memberikan manfaat kesehatan bagi lansia. 

Salah satunya adalah meningkatkan energi dan stamina lansia. Dengan asupan nutrisi yang cukup, lansia dapat merasa lebih bertenaga dan aktif sehingga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.

Rentang harga: Rp165.500 – Rp208.900

Dapatkan Goldsure By Ensure 400 g di Toko Kesehatan Halodoc

9. Diabetasol Vita Digest Pro Susu Rasa Vanilla 180 gr

Selain baik untuk pengidap diabetes, susu ini juga direkomendasikan untuk lansia yang mengidap penyakit jantung ataupun kolesterol tinggi.

Susu Diabetasol Vita Digest Pro, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak diperoleh dari asupan makan sehari-hari.

Rentang harga: Rp25.000 – Rp69.400

Dapatkan Diabetasol Vita Digest Pro Susu Rasa Vanilla 180 g di Toko Kesehatan Halodoc

Untuk pilihan produk susu lainnya, cek Toko Kesehatan Halodoc yang menyediakan produk kesehatan lengkap untuk kebutuhan kamu dan keluarga.✔️

Alasan Pentingnya Minum Susu bagi Lansia

Penting bagi keluarga untuk memerhatikan asupan susu pada lansia di rumah. Berikut ini alasan pentingnya susu untuk orang tua yang sebaiknya tidak kamu lewatkan:

1. Susu menyediakan kalium

Kalium merupakan nutrisi yang seringkali lansia lewatkan. Padahal kecukupan kalium harus selalu terpenuhi.

Terlalu sedikit kalium atau potasium dan terlalu banyak sodium dalam darah merupakan faktor risiko tekanan darah tinggi. Hal yang perlu kamu waspadai adalah tekanan darah tinggi (hipertensi) berpotensi menjadi “silent killer”, yang umum terjadi pada lansia. 

Selain itu, tekanan darah tinggi pada lansia dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis, serangan jantung, dan stroke. Sebagian besar lansia mengonsumsi terlalu banyak garam dalam makanannya.

Dengan meningkatkan asupan kalium, maka risiko tekanan darah tinggi yang lebih serius dapat dikurangi. 

2. Sebagai antioksidan

Sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan adanya hubungan antara asupan susu dan tingkat antioksidan yang disebut glutathione di otak lansia. 

Partisipasi studi yang minum susu saat sebelum diuji memiliki kadar glutathione yang lebih tinggi, yang diyakini dapat mengurangi stres oksidatif yang berkaitan dengan penyakit alzheimer dan kondisi lainnya. 

3. Sebagai sumber kalsium 

Salah satu manfaat utama susu adalah tingginya kadar kalsium. Seperti yang kamu ketahui, kalsium merupakan nutrisi penting untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang pada manusia.

Kalsium juga sangat penting untuk mencegah osteoporosis, terutama pada wanita lansia. Satu cangkir susu tanpa lemak mengandung hampir 300 miligram (mg) kalsium, yang merupakan hampir setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk lansia.

4. Sebagai sumber vitamin D

Manusia memproduksi vitamin D di kulit melalui paparan sinar matahari. Meskipun matahari merupakan sumber sebagian besar vitamin D dalam tubuh, seiring bertambahnya usia kulit menjadi kurang efektif dalam memproduksi vitamin esensial ini. Maka itu, lansia bisa mendapatkan manfaat dari minum susu secara rutin. 

Susu merupakan sumber vitamin D yang baik untuk meningkatkan asupan kalsium dan mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang. Satu gelas susu rendah lemak, mengandung 2 IU vitamin D, atau seperlima dari asupan harian yang direkomendasikan.

Kekurangan vitamin esensial bisa menyebabkan lansia mengalami gangguan kesehatan. Ketahui beberapa Jenis Gangguan Tulang dan Sendi yang Kerap Menyerang Lansia

5. Sebagai sumber tambahan kalori

Manfaat utama mengonsumsi susu untuk orang tua adalah memberikan jumlah kalori yang besar dalam satu cangkir. Bagi lansia, minum susu dapat membantu mencegah penurunan berat badan yang tidak mereka inginkan dan membantu mereka mempertahankan berat badan yang sehat. 

Perlu kamu waspadai, penurunan berat badan yang tidak disengaja merupakan tantangan yang banyak dialami lansia. Seiring bertambah usia, nafsu makan mereka menurun, kemampuan memasak pun tidak lagi sama, dan secara keseluruhan, mereka bisa kesulitan mencukupi jumlah kalori yang sama seperti sebelumnya. 

6. Tambahan protein

Selain kalori, susu juga sumber protein yang bagus. Protein adalah nutrisi yang penting untuk orang dewasa yang menua, karena membantu melindungi tubuh dari kehilangan kekuatan otot. Banyak juga masalah kesehatan lainnya yang berkaitan dengan kekurangan protein. 

Tips Memilih Susu untuk Orang Tua

Jika kamu sedang merawat orang tua tercinta, perhatikan beberapa tips berikut saat memilih susu untuk orang tua:

  • Cermati dan pelajari kandungan gizi dengan membaca label pada kemasan produk.
  • Perhatikan adakah kandungan gula tambahan.
  • Pilihan produk yang mengandung vitamin dan mineral tambahan, terutama untuk pengganti susu. Memilih susu fortifikasi akan memastikan orang tua mendapatkan nutrisi yang penting bagi tubuhnya.
  • Pilih juga susu tanpa lemak atau rendah lemak (1%). Mengonsumsi susu berlemak dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas dan penyakit jantung. 

Produk susu mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah banyak yang dibutuhkan orang dewasa yang lebih tua. Kandungan tersebut penting untuk membantu mempertahankan kekuatan tulang, kekuatan otot, dan menghindari osteoporosis. 

Namun, yang lebih penting adalah merawat dan mendorong orang tua yang kamu cintai untuk minum susu secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan mengikuti pola makan yang benar. Penting juga untuk Ketahui 7 Asupan Nutrisi yang Penting untuk Lansia

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat konsumsi susu untuk orang tua dan tips memilih susu. Jika kamu memiliki kekhawatiran terhadap orang tua yang kamu cintai, jangan ragu untuk bertanya pada dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran yang tepat. 

Referensi:
The Daily Beacon. Diakses pada 2023. Milk for Older People: What Are the Benefits?
American Dairy Association. Diakses pada 2023. Is Milk Good for Seniors?
Home Care Assistance. Diakses pada 2023. 4 Benefits Seniors Get from Drinking Milk

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan