Ini Dokter yang Bisa Beri Info Lengkap Prosedur Bayi Tabung

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 April 2024

“Prosedur bayi tabung merupakan suatu program kehamilan yang melibatkan penyatuan sel telur dan sperma di luar tubuh. Hubungi dokter di Halodoc untuk memberi informasi terkait prosedur bayi tabung.”

Ini Dokter yang Bisa Beri Info Lengkap Prosedur Bayi TabungIni Dokter yang Bisa Beri Info Lengkap Prosedur Bayi Tabung

DAFTAR ISI:

  1. Rekomendasi Dokter Obgyn untuk Beri Informasi terkait Prosedur Bayi Tabung
    1. dr. Marsell Phang Sp.OG
    2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG
    3. dr. Lucia Leonie Sp.OG
    4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG
    5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Halodoc, Jakarta – Bayi tabung merupakan suatu metode yang melibatkan penyatuan sel telur dan sperma di luar tubuh, dengan mengambil sel telur dari calon ibu untuk kemudian dibuahi dan dipindahkan ke rahim. 

Tujuannya adalah menciptakan kehamilan pada wanita. Proses ini dimulai dengan pembuahan sel telur oleh sperma di dalam tabung. 

Sebelum melakukan prosedur bayi tabung, wanita harus menjalani tes cadangan ovarium terlebih dahulu. Ini melibatkan pengambilan sampel darah untuk menguji tingkat hormon perangsang folikel (FSH), yang memberikan informasi kepada dokter tentang kualitas dan jumlah sel telur.

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan rahim menggunakan ultrasonografi (USG) dan mungkin memasukkan alat endoskopi ke dalam rahim melalui vagina. 

Tes ini membantu menilai kesehatan rahim dan memungkinkan dokter untuk menentukan teknik penanaman embrio yang tepat.

Pihak pria juga harus menjalani tes sperma, dengan memberikan sampel air mani untuk dianalisis. 

Jika sperma memiliki kualitas rendah atau mengalami kerusakan, pria mungkin memerlukan injeksi sperma intracytoplasmic, di mana dokter menyuntikkan sperma langsung ke dalam sel telur sebagai bagian dari proses bayi tabung.

Rekomendasi Dokter Obgyn untuk Beri Informasi terkait Prosedur Bayi Tabung

Jika kamu atau orang yang tersayang sedang mempertimbangkan prosedur bayi tabung, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter melalui Halodoc untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. 

Dokter-dokter yang direkomendasikan di Halodoc memiliki pengalaman yang luas dalam menangani berbagai masalah kehamilan, termasuk memberikan informasi mengenai prosedur bayi tabung. 

Mereka telah memberikan pelayanan yang baik berdasarkan ulasan positif dari pasien sebelumnya. 

Berikut ini adalah beberapa dokter di Halodoc yang tersedia untuk konsultasi terkait prosedur bayi tabung:

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Calon ibu dapat menghubungi dr. Marsell Phang Sp.OG, seorang dokter yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada tahun 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2018. 

Saat ini, dr. Marsell Phang Sp.OG berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan aktif sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 12 tahun, dr. Marsell Phang Sp.OG dapat memberikan konsultasi tentang prosedur bayi tabung melalui layanan Halodoc

Selain itu, ia juga dapat memberikan saran tentang program kehamilan, perencanaan keluarga, serta masalah kesehatan reproduksi lainnya.

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Calon ibu harus tahu Proses Penentuan Jenis Kelamin Bayi Lewat Program Bayi Tabung.

2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG

Berikutnya adalah dr. Effendy Gunawan Sp.OG., seorang alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha pada tahun 2008 dan Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2018. 

Saat ini, ia berpraktik di Tangerang, Banten, dan aktif sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Effendy Gunawan Sp.OG. menyediakan layanan konsultasi di Halodoc terkait prosedur bayi tabung. 

Selain itu, ia juga dapat memberikan saran terkait program kehamilan, gangguan menstruasi dan hormon, kesuburan, serta kesehatan reproduksi.

Chat dr. Effendy Gunawan Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

3. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Para calon ibu juga direkomendasikan untuk menghubungi dr. Lucia Leonie Sp.OG., seorang lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada tahun 2011 dan Universitas Hasanuddin pada tahun 2017. 

Saat ini, ia ——-berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan aktif sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Lucia Leonie Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait prosedur bayi tabung dan berbagai program kehamilan lainnya.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Pilihan dokter lainnya adalah dr. Fitria Angela Umar Sp.OG, seorang lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2015 dan 2022. 

Saat ini, Dokter Fitria Angela Umar Sp.OG aktif berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan merupakan anggota dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 8 tahun, dr. Fitria Angela Umar Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait prosedur bayi tabung dan masalah kehamilan lainnya. 

Ia juga dapat memberikan konsultasi terkait kesuburan, gangguan haid dan hormon, serta keluarga berencana dan program hamil lainnya.

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Calon orang tua perlu perhatikan 6 Hal yang Sebabkan Program Bayi Tabung Gagal.

5. dr. Gracia Merryane Sp.OG

Calon ibu juga dapat menghubungi dr. Gracia Merryane Sp.OG, seorang lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2009 dan 2016. 

Dokter Gracia Merryane Sp.OG saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan aktif sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). 

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Gracia Merryane Sp.OG memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait prosedur bayi tabung dan program kehamilan lainnya.

Chat dr. Gracia Merryane Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah berbagai rekomendasi dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang bisa kamu hubungi terkait prosedur bayi tabung.

Jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, tak perlu khawatir, kamu masih dapat memesan jadwal konsultasi untuk waktu yang lain melalui aplikasi Halodoc

Jadi, jangan menunggu lebih lama lagi! Segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. In vitro fertilization (IVF).
Medical News Today. Diakses pada 2024. All you need to know about IVF.
Healthline. Diakses pada 2024. In Vitro Fertilization (IVF).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan