• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaum Adam Juga Perlu Lakukan Perawatan Kulit

Kaum Adam Juga Perlu Lakukan Perawatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Penting untuk selalu menjaga kesehatan kulit bagi semua orang, baik itu pria maupun wanita. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan melakukan perawatan. Selain menyehatkan, kamu juga tampak lebih awet muda dan terlihat lebih bersih. Dengan melakukan perawatan kulit, diharapkan semua masalah yang dapat terjadi mampu dihindari.

Memang perawatan kulit lebih identik dengan wanita, tapi tidak ada salahnya bukan dilakukan oleh pria. Kamu pasti ingin tampil lebih segar, terutama menjelang momen-momen penting. Untuk itu, cobalah untuk mengetahui beberapa poin penting yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan kulit pada pria. Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Alasan Pria Juga Butuh Perawatan Wajah

Hal yang Perlu Diperhatikan Pria untuk Perawatan Kulit

Sebagian besar pria pasti mempunyai lebih banyak bulu-bulu di seluruh tubuhnya jika dibandingkan wanita. Saat terjadi sumbatan disebabkan pada pori-pori dari bulu tersebut, beberapa gangguan dapat terjadi seperti jerawat jika terjadi di wajah. Selain itu, produksi minyak pada laki-laki juga lebih banyak karena aktivitas sehari-hari.

Banyak orang yang menganggap jika perawatan kulit yang dilakukan oleh wanita dapat berbeda dengan pria. Padahal, dasar-dasar yang dapat diterapkan adalah hal yang sama. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa hal dasar agar perawatan kulit dapat lebih efektif memberikan manfaat. Berikut poin-poin yang harus kamu perhatikan:

  1. Mencuci Wajah

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan kulit pada pria agar dapat terlihat lebih tampan adalah rutin mencuci wajah. Cobalah untuk membersihkan bagian wajah dengan sabun setiap malam sehabis beraktivitas. Hal tersebut dapat menghilangkan kotoran dan polusi yang mampu meresap ke pori-pori. 

Jika sudah cuci muka di malam hari, kamu tidak perlu melakukannya lagi karena dapat merusak minyak alami pada kulit. Selain itu, cobalah untuk menggunakan sabun cukur yang ringan untuk mengurangi minyak pada kulit. Namun, jika memiliki kulit berminyak, cobalah untuk membersihkan wajah dengan handuk panas di pagi hari.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Bagi Pria

  1. Mulai Gunakan Pelembap

Jika sebelumnya kamu belum pernah melakukannya, sekarang cobalah untuk menerapkan pelembap di bagian kulit yang kerap terkena matahari, terutama wajah. Pelembap mampu menahan air di dekat dermis sehingga kulit lebih terlihat bercahaya. Hal ini juga mampu mengatasi kulit kering dan pecah-pecah, hingga mengurangi keriput yang dapat timbul.

Saat kamu menggunakan pelembap yang tepat, masalah peradangan pada kulit dapat teratasi. Kamu dapat menerapkan alat kecantikan tersebut di seluruh tubuh setelah mandi air hangat. Manfaat yang dapat kamu rasakan setelah melakukannya adalah kulit kering, gatal, dan terkelupas dapat dihindari.

  1. Jangan Gosok Wajah dengan Handuk

Salah satu hal yang harus kamu pastikan setelah mandi atau membersihkan wajah adalah jangan menggosok wajah dengan handuk. Cobalah untuk menepuk-nepuk bagian tersebut agar terhindar dari iritasi kulit. Selain iritasi, kamu juga dapat membuat kulit menjadi kering. Cobalah untuk mengubah kebiasaan yang kurang baik tersebut.

Jika kamu masih kebingungan perihal cara melakukan perawatan kulit pada pria, dokter dari Halodoc siap membantu untuk meluruskannya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan.

Baca juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba

  1. Baca Label dan Bahan Produk

Produk perawatan kulit yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis kulit setiap orang. Jika kamu memiliki kulit wajah yang mudah berjerawat, gunakan produk yang bebas minyak karena tidak akan menyumbat pori-pori. Lalu, apabila kamu memiliki kulit sensitif, hindari produk dengan pewangi yang dapat membuat kulit teriritasi dan kering.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu perhatikan untuk menerapkan perawatan kulit pada pria. Dengan melakukan semua hal tersebut, diharapkan kulit kamu lebih sehat dan terawat sehingga terlihat lebih tampan dan bersih. Jika itu tercapai, kamu juga dapat membuat pasanganmu menjadi lebih bahagia bukan?

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The Effortless Man’s Guide to Basic Skin Care.
On Health. Diakses pada 2020. Easy Skin Care Tips for Guys.