• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kebiasaan Sederhana yang Mampu Menurunkan Kolesterol

Kebiasaan Sederhana yang Mampu Menurunkan Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kadar kolesterol darah yang tinggi bisa menjadi sumber masalah dari berbagai gangguan kesehatan yang serius. Terlebih jika berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler. Inilah mengapa kadar kolesterol dalam darah perlu dijaga agar tidak terlalu tinggi. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan kebiasaan hidup sehat. 

Tidak kalah pentingnya adalah mengecek kadar kolesterol dalam tubuh secara rutin, sehingga kamu bisa mengetahui berapa angka kolesterol tubuh dan apakah perlu diturunkan atau tidak. Pasalnya, kolesterol yang tinggi sering kali tidak disertai dengan gejala yang nyata. 

Lalu, bagaimana cara menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan? Berikut ini beberapa di antaranya: 

  • Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur

Banyak sekali manfaat buah dan sayur, salah satunya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat yang terkandung dalam dua makanan sehat inilah yang berperan dalam penurunan kolesterol. Supaya kolesterol bisa menurun, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur minimal sebanyak 500 gram per hari. 

Baca juga: Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Wanita

  • Kurangi Asupan Makanan Tinggi Lemak

Pola makan selanjutnya yang harus kamu perhatikan untuk mengurangi kolesterol adalah makanan tinggi lemak. Bagi pengidap kolesterol tinggi, makanan tinggi lemak adalah musuh paling utama, terlebih yang mengandung lemak jahat. seperti makanan cepat saji atau gorengan. Kamu bisa mengganti asupannya dengan ayam, daging sapi tanpa lemak, ikan, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan putih telur. 

  • Perbanyak Asupan Makanan Kaya Omega-3

Tidak hanya sayur dan buah, kamu juga disarankan untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung omega-3. Bukan tanpa alasan, omega-3 bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Beberapa makanan sumber omega-3 yang bisa kamu konsumsi adalah ikan salmon, tuna, makarel, sarden, chia, dan kacang kenari. 

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

  • Makanan Mengandung Serat Larut

Makanan yang memiliki kandungan serat larut juga menjadi pilihan yang direkomendasikan untuk membantu menurunkan kolesterol darah. Jenis makanan dengan kandungan ini,termasuk brokoli, ubi jalar, alpukat, kacang merah, apel, wortel, lobak, pir, dan gandum.

Jika memang diperlukan, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen yang memiliki kandungan serat larut inulin dan beta glutan. Keduanya berperan aktif untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah. Namun, konsumsinya tetap harus sesuai dengan anjuran dokter, ya. Oleh karena itu, tanyakan dulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc tentang suplemen atau vitamin ini.

Baca juga: Menurunkan Kolesterol atau Berat Badan, Mana yang Lebih Dahulukan?

  • Menjaga Berat Badan

Tidak kalah pentingnya adalah menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak berlebihan sehingga obesitas pun bisa dihindari. Pasalnya, orang-orang dengan berat badan berlebih akan mengalami peningkatan kolesterol di dalam tubuhnya. 

  • Olahraga Rutin

Selain pola makan, menjalani pola hidup sehat juga menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol. Olahraga secara teratur adalah hal paling mudah yang bisa kamu lakukan. Tidak hanya membantu menjaga kadar kolesterol, olahraga juga membuat tubuhmu lebih sehat dan bugar. 

  • Tidak Merokok

Merokok bisa membawa banyak efek negatif untuk tubuhmu, salah satunya adalah membuat keseimbangan kadar kolesterol di dalam darah akan terganggu. Jadi, sebaiknya kamu tidak melakukan kebiasaan buruk ini, baik secara aktif maupun pasif. 

Jangan lupa, selalu disiplin dan konsisten dalam menjalani segala kebiasaan baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah, ya!



Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Top 5 Lifestyle Changes to Improve Your Cholesterol.