• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mata Kiri Sering Kedutan, Pertanda Apa?

Mata Kiri Sering Kedutan, Pertanda Apa?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami mata kedutan pada bagian sebelah kiri? Sebaiknya jika kamu pernah mengalaminya, jangan lantas percaya pada mitos yang mengatakan bahwa mata kedutan di sebelah kiri menjadi pertanda buruk atau baik dari kondisi seseorang. Nyatanya, mata kiri yang alami kedutan dapat menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan, loh.

Baca juga: 5 Makna Kedutan di Bagian Tubuh

Meskipun kondisi ini tidak menyebabkan nyeri ataupun gangguan pada penglihatan, terkadang mata kedutan yang tidak segera diatasi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengatasi mata kiri yang kedutan berbeda-beda dan disesuaikan dengan penyebab mata kedutan.

Ketahui Penyebab Mata Kiri Kedutan

Mata kedutan juga dikenal sebagai mytokymia. Umumnya, seseorang yang mengalami mata kedutan merasakan denyutan pada area mata dari kelopak mata hingga alis mata. Denyutan ini terjadi berulang kali dan tidak dapat dikendalikan. Jangan khawatir, denyutan yang muncul tidak sebabkan rasa nyeri atau gangguan penglihatan pada pengidapnya.

Sebaiknya jangan langsung mengaitkan kondisi mata yang alami kedutan dengan hal mistis. Mata kedutan terjadi akibat adanya saraf pada kelopak mata yang menegang dan mengalami kejang. Ketahui penyebab yang membuat kamu mengalami mata kiri kedutan, seperti:

1. Mata Lelah

Biasanya, mata kiri kedutan dapat terjadi akibat aktivitas yang dijalani setelah seharian penuh. Menggunakan mata untuk bekerja di depan layar komputer atau gawai setiap harinya dapat membuat mata kelelahan. Mata yang kelelahan mengalami kedutan akibat saraf mata yang menegang. Kurang tidur juga meningkatkan risiko mengalami mata kedutan. Memenuhi kebutuhan istirahat dapat menghindari kamu dari berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: Mungkin Ini 4 Penyebab Mata Sering Berkedip

2. Kurang Asupan Nutrisi

Perhatikan asupan nutrisi yang kamu konsumsi ketika kamu alami kedutan pada bagian mata kiri. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman mengandung kafein membuat risiko saraf mata menegang yang berdampak pada kedutan mata. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol juga sebabkan otot pada tubuh menjadi tegang, salah satunya otot bagian mata. Tidak hanya kedutan, rokok dan alkohol memberikan dampak buruk pada kesehatan kamu. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini agar kesehatan tetap terjaga.

3. Gangguan Penyakit

Mata yang kedutan menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Ada beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala mata kedutan sebelah kiri, seperti bell’s palsy, blepharospasm, dystonia, dan multiple sclerosis. Namun, beberapa kondisi penyakit tersebut disertai gejala lain yang disesuaikan dengan penyakit yang dialami.

Tidak ada salahnya lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat, jika kamu mengalami mata kedutan yang berlangsung cukup lama dan disertai dengan gangguan fungsi kognitif. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lebih praktis, kan?

Baca juga: 7 Penyakit Tak Biasa pada Mata

Atasi kedutan pada mata kiri juga bisa dengan cara sederhana, seperti mengompres mata yang alami kedutan dengan air hangat selama 10 menit. Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah menghindari konsumsi kafein dan alkohol. 

Sebaiknya penuhi kebutuhan nutrisi yang dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan fungsi otot dan mata. Jangan lupa untuk istirahat dan atur tingkat stres yang dirasakan agar kondisi ini dapat segera kamu atasi.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Eye Twitching
Medical News Today. Diakses pada 2020. Eyelid Twitch
Healthline. Diakses pada 2020. Eyelid Twitch