Mengenal Berbagai Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Oktober 2021
Mengenal Berbagai Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu HamilMengenal Berbagai Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu Hamil

“Ada banyak tanaman yang sebetulnya bermanfaat untuk ibu hamil, seperti daun kenikir. Manfaat daun kenikir untuk ibu hamil ini bisa mengatasi berbagai masalah, seperti mengurangi gejala morning sickness hingga menjadi sumber nutrisi penting lainnya.”

Halodoc, Jakarta – Jika ibu adalah penggemar lalapan, mungkin ibu tidak asing dengan daun kenikir. Sayuran satu ini tidak hanya nikmat dijadikan lalapan, tetapi menawarkan manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan. Bahkan ada juga manfaat daun kenikir untuk ibu hamil sehingga ibu bisa mengonsumsinya selama kehamilan. 

Tanaman dengan nama latin Cosmos caudatus Kunth ini awalnya berasal dari Amerika Latin, tetapi kini ia juga bisa ditemukan di Asia Tenggara. Ini adalah tanaman yang dikenal bermanfaat bagi kesehatan dan saat ini popularitasnya semakin meningkat di banyak negara, terutama Indonesia dan Malaysia. Secara tradisional manfaat daun kenikir adalah untuk obat penambah nafsu makan, lemah perut, gangguan tulang, pengusir serangga, bahkan mengatasi hipertensi dan diabetes.

Jika kamu ingin tahu apa saja manfaat daun kenikir untuk ibu hamil, berikut ulasannya!

Baca juga: Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kenikir

Berikut ini beberapa manfaat daun kenikir untuk ibu hamil yang perlu diketahui:

  1. Mengatasi Morning Sickness

Pada usia kehamilan awal, gejala morning sickness, seperti lemas, pusing, dan mual-mual akan sangat umum dirasakan ibu hamil. Meski hal tersebut wajar, tetapi ada baiknya ibu mengatasi gejala ini dengan mengonsumsi daun kenikir yang diolah menjadi minuman hangat. Dengan begitu, ibu bisa merasakan manfaat daun kenikir untuk ibu hamil.

Namun, jika gejala morning sickness tidak kunjung hilang setelah konsumsi air daun kenikir, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat. Kamu pun bisa buat janji dahulu dengan dokter di Halodoc supaya lebih praktis

  1. Meningkatkan Imunitas saat Menyusui

Manfaat daun kenikir untuk ibu menyusui adalah meningkatkan imunitas. Saat menyusui, biasanya ibu jadi rentan mengalami penurunan kesehatan. Untungnya, kandungan vitamin A, C, dan E yang terdapat dalam daun kenikir menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa menyusui tersebut. 

  1. Menguatkan Tulang Janin dan Ibu Hamil

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, daun kenikir juga mendatangkan manfaat dalam menguatkan tulang janin dalam kandungan. Hal ini bisa terjadi karena daun kenikir mengandung mineral dan kalsium. Supaya ibu bisa mendapatkan manfaat daun kenikir untuk ibu hamil, coba rebus daun kenikir secukupnya dan tambahkan madu. Setelah itu, minum air rebusan tersebut.

  1. Menambah Nafsu Makan

Jika selama hamil atau menyusui, ibu mengalami penurunan nafsu makan, maka ibu tidak boleh membiarkannya terjadi. Ibu harus segera mengatasinya karena kebutuhan nutrisi saat hamil dan menyusui perlu dipastikan selalu tercukupi untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Manfaat daun kenikir untuk meningkatkan nafsu makan ini karena di dalam daun kenikir terdapat kandungan zat koniferil dan quercetin.

Baca juga: Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tips Mengolahnya

Salah satu menu dari daun kenikir yang bisa dicoba adalah urap daun kenikir. Namun, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat ibu hendak mengolah daun kenikir:

  1. Jangan Memasak Terlalu Lama

Kebanyakan orang memilih memasak sayuran dalam waktu yang cukup lama agar teksturnya menjadi lebih lembut dan lebih mudah dimakan. Namun, cara tersebut justru membuat rasa pahit pada sayuran semakin terasa. Oleh karena itu, hindari memasak kenikir terlalu lama karena ini bisa mengubah teksturnya, dan nutrisi yang terkandung didalamnya juga bisa hilang.

  1. Blanching

Cara lain untuk menghilangkan rasa pahit dari daun kenikir adalah dengan merebus sebentar (blanching) daun kenikir. Teknik ini akan menjaga kandungan gizi dan vitamin yang ada pada daun kenikir. Kamu bisa coba rebus daun kenikir pada air yang telah mendidih, tetapi jangan terlalu lama dibiarkan di dalam air. Cukup beberapa menit saja dan segera angkat.

  1. Tambahkan Garam

Garam diyakini bisa menetralisir rasa pahit pada sayuran, termasuk pada daun kenikir. Potonglah daun kenikir menjadi bagian yang lebih kecil, lalu tambahkan garam di atasnya.

Baca juga: Ketahui 6 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

  1. Gunakan Bawang Putih

Selain garam, bawang putih juga bisa menyeimbangkan rasa pahit pada sayuran. Saat hendak memasak daun kenikir, siapkan bawang putih dalam jumlah yang cukup banyak kemudian iris kasar atau cincang kasar. Selama proses memasak, tumis bawang putih hingga layu dan masukkan daun kenikir dan aduk rata hingga matang. Cara ini akan membuat rasa pahit dari daun kenikir akan hilang.

  1. Buang Batang yang Tua

Saat ibu membeli daun kenikir, ibu tidak akan selalu dapat batang sayur yang muda. Jika mendapati daun dengan batang yang telah tua, sisihkan atau potong terlebih dahulu. Pasalnya, batang tua ini yang akan membuat rasa daun kenikir menjadi lebih pahit.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) – Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Diakses pada 2021. Kenikir (Cosmos caudatus Kunth.)
Journal of Research in Medical Science. Diakses pada 2021. Potential medicinal benefits of Cosmos caudatus (Ulam Raja): A scoping review.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan